√ Kode ICD 10 Anemia 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Anemia – Mungkin sebagian dari Anda penyakit kurang darah atau biasa disebut dengan anemia sudah tidak asing lagi tentunya. Karena penyakit kurang darah satu ini bisa dikatakan menjadi salah satu penyakit yang kerap menyerang seorang.

Walaupun sudah tidak asing lagi, namun terkadang banyak dari Anda yang belum tahu mengenai apa kode ICD 10 atau kode BPJS nya. Sebenarnya kode diagnosis penyakit ini nantinya akan berguna dalam proses entri baik Pcare BPJS di puskesmas maupun FKTP.

Dengan begitu, bagi Anda yang penasaran dan belum tahu akan kode ICD anemia, maka tidak perlu khawatir. Karena pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai kode ICD 10 atau KODE DIAGNOSA BPJS KESEHATAN dari penyakit anemia.

Tidak hanya kode ICD anemia saja, pada penyakit lain nantinya juga akan memiliki kode ICD yang berbeda. Dengan begitu, dari banyaknya penyakit yang ada akan memiliki kode ICD atau BPJS berbeda-beda.

Kode ICD 10 Anemia Penyebab Gejala Pengobatan

Jika Anda penasaran akan kode ICD penyakit anemia, berikut akan secara lengkap di bawah ini. Agar lebih paham maka simak dan ikuti pembahasan mengenai kode ICD anemia ini sampai akhir.

Apa Itu Anemia?

Apa Itu Anemia

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai mengenai kode ICD nya, Anda harus tahu dahulu sebenarnya anemia itu sendiri penyakit apa. Di mana anemia sendiri adalah salah satu kondisi ketika jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal (kurang darah).

Selain itu, anemia akan terjadi saat hemoglobin di dalam sel-sel darah merah tidak cukup. Seperti misalnya protein kaya zat besi yang memberikan warna merah darah, karena dengan adanya protein ini nantinya bisa membantu sel-sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Dengan begitu, tubuh di mana tidak mendapatkan cukup darah yang kaya oksigen maka akan mengalami anemia. Akibatnya, seseorang (penderita) besar mungkin akan merasa lelah dan beberapa gejala lain yang akan muncul seperti sesak napas, pusing bahkan sakit kepala.

Kode ICD 10 Anemia

Kode ICD 10 Anemia

Berbicara mengenai kode ICD maupun kode BPJS dari penyakit kurang darah ini sendiri nantinya akan memiliki ada beberapa kode. Karena seperti Anda ketahui sendiri jika anemia memiliki jenis-jenisnya lagi. Untuk lebih jelasnya, simak tabel berikut:

JENIS ANEMIAKODE ICD 10
Anemia Nutrisional
Anemia defisiensi zat besiD50
Anemia kekurangan vitamin B12D51
Anemia defisiensi asam folatD52
Anemia nutrisi lainnyaD53
Anemia Hemolitik
Anemia karena gangguan enzimD55
TalasemiaD56
Anemia sickle cellD57
Anemia hemolitik herediter lainnyaD58
Anemia hemolitik didapatD59
Anemia Aplastik & Sindrome Kegagalan Sumsum Tulang
Aplasia sel darah merah murni didapat (eritoblastopenia)D60
Anemia aplastik & sindrom kegagalan sumsum tulang lainD61
Anemia akut akibat perdarahanD62
Anemia pada penyakit kronisD63
Jenis anemia lainnyaD64

Faktor Risiko & Penyebab Anemia

Faktor Risiko Penyebab Anemia

Jika sudah tahu akan pengertian dan kode ICD dari anemia itu sendiri. Anda juga perlu mengetahui faktor risiko dan penyebab dari anemia itu sendiri. Dan berbicara mengenai faktor risiko sendiri ada beberapa seseorang mengalami anemia, seperti:

  • Adanya riwayat yang sama di keluarga (genetik).
  • Gangguan usus yang membuat kemampuan menyerap nutrisi dan vitamin berkurang.
  • Kekurangan vitamin serta nutrisi seperti rendah zat besi, vitamin B-12 maupun folat.
  • Memiliki penyakit kronis lain.
  • Faktor lain semisal adanya paparan zat beracun, kondisi imun tubuh atau lainnya.

Sedangkan untuk penyebab anemia sendiri juga bisa dikatakan ada beberapa faktor juga. Berikut beberapa faktor penyebab dari penyakit kurang darah atau anemia tersebut:

  • Adanya eliminasi yang terjadi lebih awal dari biasanya pada sel darah merah. Hal ini bisa disebabkan akibat ada masalah pada kekebalan tubuh.
  • Adanya masalah kesehatan dengan sumsum tulang. Seperti limfoma, leukemia, anemia aplastik, myelodysplasia maupun multiple myeloma.
  • Memiliki riwayat penyakit kronis. Seperti misalnya kanker, ginjal, rheumatoid arthritis maupun ulcerative colitis.
  • Mengidap beberapa bentuk anemia, contohnya talasemia maupun anemia sel sabit yang bisa diturunkan.
  • Penderita mengkonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Sedang mengandung/hamil.

Gejala Anemia

Gejala Anemia

Secara umum, gejala dari seorang penderita anemia mudah untuk dikenali. Berikut gejala-gejala yang kerap dijadikan dirasakan oleh seorang penderita anemia, seperti misalnya:

  • Badan mudah dan sering merasa lelah, apalagi saat dibawa beraktivitas maupun berolahraga.
  • Mudah marah.
  • Sakit kepala atau pusing parah.
  • Sulit untuk berkonsentrasi atau berpikir.

Bahkan jika sudah termasuk anemia parah, maka penderita akan memunculkan gejala-gejala seperti:

  • Adanya keinginan makan es batu, tanah maupun hal lain yang bukan makanan (pica).
  • Kuku tangan dan kaku menjadi sangat rapuh.
  • Lidah akan terasa sakit.
  • Mata akan menampakkan warna biru hingga putih.
  • Saat tubuh atau badan akan terasa pusing saat dibawa berdiri.
  • Sering sesak napas.
  • Warna kulit akan terlihat pucat.

Pengobatan & Pencegahan Anemia

Pengobatan Pencegahan Anemia

Jika sudah tahu akan pengertian, kode ICD atau kode BPJS, penyebab dan gejala dari penyakit anemia. Anda juga perlu mengetahui pengobatan dan pencegahan dari anemia itu sendiri. Untuk pengobatan sendiri, anemia bisa diobati dengan:

  • Transfusi atau donor darah.
  • Pemberian obat dari dokter yang bisa menekan sistem kekebalan tubuh dan juga bisa memperbanyak sel darah.
  • Konsumsi suplemen zat besi, vitamin B12, vitamin, asam folat dan mineral lainnya.

Sedangkan untuk pencegahan anemia bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, vitamin B12 serta asam folat. Selain itu, hindari mengkonsumsi minuman dengan kafein dan minum vitamin C agar tubuh bisa menyerap banyak zat besi dari makanan.

Mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan mengenai informasi kode ICD 10 maupun kode Diagnosa BPJS dari salah satu penyakit anemia. Mungkin sudah banyak orang yang mengalami masalah kesehatan satu ini, namun belum tahu akan kode ICD 10 nya.

Semoga dengan adanya pembahasan mengenai kode ICD dan beberapa info penting lainnya di atas bisa bermanfaat bagi semua. Terutama bagi Anda yang sangat membutuhkan atau ingin tahu sekali mengenai anemia, baik dari kode ICD sampai hal-hal lainnya.