√ Kode ICD 10 Clavus (Mata Ikan) 2022: Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Clavus – Seperti diketahui sendiri, jika berbagai macam penyakit atau gangguan kesehatan pada tubuh manusia akan memiliki kode ICD 10 berbeda satu sama lain. Bahkan penyakit yang sama, letak berbeda akan memiliki kode ICD berbeda pula.

Hal itulah yang menjadikan banyak sekali kode ICD 10 yang ada. Ini menjadikan orang awam tidak mungkin untuk mengetahui satu persatu kode ICD 10 atau kode diagnosa penyakit yang merupakan perpaduan kode abjad dan angka satu.

Citayam

Dengan begitu, pada pembahasan kali ini kami akan bahas salah satu kode ICD 10 dari gangguan kesehatan atau penyakit yang terjadi pada tubuh manusia, bahkan kerap dialami namun tidak mengetahui kode ICD 10-nya.

Kode ICD 10 yang akan dibahas itu sendiri adalah kode ICD 10 Clavus. Di mana gangguan kesehatan atau kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, baik itu perempuan pria atau anak-anak hingga orang dewasa. Lebih jelasnya, simak sampai akhir.

Kode ICD 10 Clavus

Apa Itu Clavus

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai kode ICD-nya, maka Anda perlu mengetahui dahulu apa itu sebenarnya gangguan kesehatan dengan clavus. Sehingga nantinya akan mudah dan lebih paham lagi.

Di mana clavus atau yang disebut dengan mata ikan adalah sebuah kondisi penebalan kulit akibat tekanan dan gesekan yang terjadi berulang kali. Mata ikan dapat terjadi dibagian tubuh mana pun, tetapi paling sering terjadi pada tangan, kaki serta jari.

Biasanya mata ikan berbentuk bulat dengan ukuran lebih kecil daripada kapalan, yang mana pada bagian tengah keras, dan dikelilingi kulit meradang. Selain mengganggu keindahan kulit, mata ikan juga dapat disertai nyeri, luka, dan infeksi.

Kode ICD 10 Clavus

Jika sudah tahu apa itu clavus atau mata ikan di atas, maka mari kembali ke pembahasan utama mengenai kode diagnosa atau kode ICD 10-nya. Sama halnya dengan kode diagnosa BPJS Kesehatan lain, kode ICD clavus juga berupa perpaduan huruf dan angka.

Lantas berapa kode ICD clavus tersebut? Mengenai kode ICD 10 clavus sendiri yaitu L84 dan kode ini jelas berbeda dengan kode ICD 10 masalah kulit atau gangguan kesehatan lainnya. Jadi jika menjumpai kode ICD L84 dapat dipastikan merupakan kode clavus.

Penyebab Clavus

Penyebab Clavus

Lalu apa penyebab dari clavus atau mata ikan? Secara umum, mata ikan terjadi akibat kulit mengalami tekanan atau gesekan berulang kali. Nantinya mata ikan muncul sebagai reaksi alami tubuh untuk melindungi kulit agar tidak mengalami luka atau kerusakan lain.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang dapat menjadikan seseorang alami gangguan tekanan dan gesekan penyebab clavus maupun mata ikan:

  • Menggunakan sepatu hak tinggi.
  • Menggunakan sepatu yang salah ukuran dan tidak nyaman.
  • Tidak menggunakan kaus kaki saat memakai sepatu.
  • Sering berjalan/berlari di luar ruangan tanpa alas kaki.
  • Sering memainkan alat musik bersenar (gitar atau biola).
  • Sering menggunakan alat yang membutuhkan gerakan/tekanan berulang pada tangan.
  • Berjalan dengan postur tidak tepat (jinjit).

Bahkan tidak hanya itu, beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang menderita clavus/mata ikan antara lainnya seperti:

  • Ada kelainan bentuk jari (hammer toe dan bunion).
  • Ada kelainan bentuk tangan dan kaki (taji tulang).
  • Ada kelainan kelenjar keringat.
  • Ada bekas luka/kutil.
  • Menderita obesitas/kelebihan berat badan.

Walaupun bisa terjadi pada semua golongan usia, clavus / mata ikan akan lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun.

Gejala Clavus

Lalu jika sudah tahu apa penyebab dari clavus / mata ikan di atas, maka berikutnya tinggal mengetahui gejala yang ditimbulkan dari gangguan kesehatan kulit satu ini. Ada beberapa gejala yang bisa muncul, diantara lainnya seperti:

  • Penebalan, pengerasan, dan benjolan berbentuk bulat pada kulit.
  • Kulit bisa menjadi bersisik atau kering.
  • Clavus / mata ikan juga bisa disertai peradangan.
  • Munculnya rasa nyeri, terutama saat ditekan.

Pengobatan Clavus

Pengobatan Clavus

Jika kondisi cukup menyakitkan dan tidak nyaman untuk dibawa aktivitas, maka segera konsultasikan pada dokter. Setelah melewati serangkaian pengecekan kemudian dokter akan memberikan tindakan yang perlu dan harus dilakukan.

Terkait tindakan tergantung dengan seberapa parah clavus / mata ikan tersebut terjadi. Namun secara umum pengobatan dari clavus / mata ikan dilakukan dengan beberapa hal berikut ini:

  • Memotong kulit berlebih, di mana dokter akan mengupas kulit yang menebal atau memotong mata ikan yang besar dengan pisau bedah.
  • Patch obat, dokter memberikan resep patch yang mengandung asam salisilat.
  • Sisipan sepatu, jika Anda memiliki kelainan bentuk kaki yang mendasarinya, dokter akan meresepkan sisipan sepatu empuk yang dibuat khusus.
  • Terakhir operasi. Jika memang benar parah, dokter akan menyarankan untuk operasi mata ikan guna memperbaiki keselarasan tulang yang menyebabkan gesekan.

Terkait untuk operasi mata ikan, maka Anda perlu siapkan uang untuk biaya nantinya. Terkait biaya operasi mata ikan sendiri sudah pernah kami sampaikan di pembahasan sebelumnya, untuk mengetahui simak saja berapa nominalnya.

Pencegahan Clavus

Jika sudah mengetahui apa itu kode ICD 10, penyebab, gejala dan pengobatan yang harus dilakukan pada gangguan kesehatan clavus / mata ikan di atas. Maka Anda tinggal mengetahui bagaimana tips pencegahan mata ikan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Usahakan menggunakan sepatu yang pas dan terasa nyaman.
  • Pakai perban atau pelindung pada area kulit yang bergesakan.
  • Gunakan sarung tangan empuk saat menjalani aktivitas yang kerap bergesekan lama.

Mungkin demikian kiranya pembahasan terkait apa itu kode ICD 10 clavus / mata ikan beserta informasi terkait lainnya yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait kode ICD atau kode diagnosa BPJS Kesehatan mata ikan di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.