√ Kode ICD 10 Ganglion 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Ganglion – Gangguan kesehatan berupa benjolan pada tubuh manusia, mungkin sudah kerap Anda ditemui. Namun benjolan tersebut banyak orang belum mengetahui kode diagnosa dari penyakitnya.

Seperti sudah Anda ketahui sendiri, jika kondisi serta gangguan pada tubuh manusia nantinya akan memiliki kode yang berbeda satu sama lain. Nah, kode ini disebut kode ICD atau banyak yang menyebut KODE DIAGNOSA BPJS KESEHATAN.

Di mana kode ICD merupakan sistem klasifikasi penyakit serta berbagai tanda dan gejala, kelainan, komplain bahkan penyebab eksternal lain dari suatu gangguan yang menyerang dan bisa terjadi di tubuh manusia.

Nah, kodebpjs.com pada pembahasan kali ini akan menyampaikan informasi mengenai kode ICD 10 dari penyakit bernama ganglion. Mungkin belum banyak yang tahu akan kode ICD ganglion itu sendiri.

Kode ICD 10 Ganglion Penyebab Gejala Pengobatan

Untuk lebih jelas mengenai kode ICD 10 dari penyakit itu sendiri, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Jadi terus untuk simak dan ikuti pembahasan kode ICD ganglion ini sampai akhir.

Apa Itu Ganglion

Apa Itu Ganglion

Ganglion (kista) adalah sebuah benjolan yang sering muncul di sekitar sendi dan urat pada tangan serta kaki. Namun paling sering muncul di pergelangan tangan atau lebih tepatnya di sendi jari.

Secara umum ganglion akan muncul atau diderita oleh para seorang dengan kisaran umur 20-60 tahun. Dan lebih uniknya, kista ganglion akan lebih banyak dialami oleh wanita atau perempuan.

Kode ICD 10 Ganglion

Kode ICD 10 Ganglion

Mengenai kode ICD 10 atau kode diagnosis sendiri, ganglion akan memiliki kode M67.4. Namun di setiap posisi, nantinya akan memiliki kode ICD 10 yang berbeda satu sama lain. Lebih jelasnya simak tabel di bawah ini:

KODEAREA GANGLION
M67.4Ganglion
M67.40Area tidak spesifik
M67.41Bahu
M67.411Bahu kanan
M67.412Bahu kiri
M67.419Bahu tidak spesifik
M67.42Siku
M67.421Siku kanan
M67.422Siku kiri
M67.429Siku tidak spesifik
M67.43Pergelangan tangan
M67.431Pergelangan tangan kanan
M67.432Pergelangan tangan kiri
M67.439Pergelangan tangan tidak spesifik
M67.44Tangan
M67.441Tangan kanan
M67.442Tangan kiri
M67.449Tangan tidak spesifik
M67.45Panggul
M67.451Panggul kanan
M67.452Panggul kiri
M67.459Panggul tidak spesifik
M67.46Lutut
M67.461Lutut kanan
M67.462Lutut kiri
M67.469Lutut tidak spesifik
M67.47Engkel & kaki
M67.471Engkel & kaki kanan
M67.472Engkel & kaki kiri
M67.479Engkel & kaki tidak spesifik
M67.48Ganglion di area lainnya
M67.49Ganglion pada area yang multiple

Penyebab Ganglion

Penyebab Ganglion

Gangguan kista ini akan muncul saat cairan sendi menumpuk dan membentuk sebuah kantong pada sendi atau tendon. Namun secara garis besar penyebab terbentuknya ganglion masih belum diketahui pasti.

Meski demikian, ada beberapa faktor kondisi yang diduga bisa lebih meningkatkan risiko munculnya kista ganglion. Di mana itu adalah osteoarthritis serta beberapa cedera yang terjadi pada persendian.

Tidak hanya itu saja, biasanya kondisi ini lebih lazim dialami oleh olahragawan. Lebih tepatnya saat melakukan gerakan menekan menggunakan pergelangan tangan yang berulang kali.

Gejala Ganglion

Gejala Ganglion

Lalu apa saja gejala yang muncul pada gangguan kista ganglion? Mengenai gejala sendiri, paling umum memunculkan tanda berupa benjolan. Mengenai benjolan itu sendiri dapat dikenali dari beberapa ciri, seperti:

  • Berbentuk bulat/oval serta secara umum memiliki ukuran sebesar buah duku.
  • Sering muncul di sendi tangan serta pergelangan tangan.
  • Tidak menutup kemungkinan muncul di pergelangan kaki.
  • Ukuran berubah-ubah seperti misalnya ketika sendi digerakkan secara berulang maka ganglion membesar.
  • Benjolan tidak menimbulkan nyeri, hanya saja bisa menekan saraf yang nantinya akan muncul rasa nyeri, kaku, kesemutan, atau otot menjadi lemah.

Pengobatan Ganglion

Pengobatan Ganglion

Memang kebanyakan ganglion tidak akan menimbulkan gejala berarti selain benjolan. Dengan begitu, ganglion tidak memerlukan penanganan khusus karena nanti akan hilang dengan sendirinya.

Namun jika ganglion sudah sampai memunculkan serta menimbulkan rasa nyeri serta mengganggu aktivitas. Maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter, dan bisanya dokter akan memberikan penanganan lebih lanjut seperti:

1. Menahan Gerakan Sendi (Immobilization)

Prosedur ini, dokter akan menahan gerakan sendi dengan menahan atau membatasi pergerakan sendi bermasalah. Tujuannya yaitu mengharapkan kista ganglion mengecil serta saraf tidak lagi tertekan.

2. Penyedotan Cairan Kista (Aspirasi)

Dokter akan menusukkan jarum pada benjolan untuk mengeluarkan cairan dari dalam kista ganglion. Dalam memaksimalkan pengobatan, dokter juga akan menyuntikkan obat kortikosteroid setelah tindakan aspirasi, guna mencegah kista ganglion muncul kembali.

3. Operasi

Jika pengobatan di atas masih saja tidak teratasi maka dokter bisa menyarankan untuk dilakukan operasi. Ada dua jenis operasi untuk mengangkat kista ganglion yaitu operasi artoskopi dan operasi terbuka.

Pencegahan Ganglion

Pencegahan Ganglion

Mengenai pencegahan sendiri, kista ganglion bisa dibilang sulit untuk dilakukannya. Namun secara umum dokter akan memberikan pencegahan terhadap para penderita ganglion dengan cara menghentikan risiko yang bisa meningkatkannya.

Dari banyaknya kasus terjadi, kondisi di mana diduga meningkatkan risiko kista ganglion yaitu seperti arthritis (radang sendi) dan cedera persendian. Jika kista ganglion di picu oleh arthritis, berikut beberapa cara mencegahnya:

  • Selalu jaga berat badan tetap ideal.
  • Rajin olahraga atau bergerak.
  • Duduk atau berdiri dengan posisi yang tepat.
  • Lakukan kontrol rutin bila mengidap penyakit autoimun atau kondisi pemicu radang sendi.
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang (sayur, buah, dan lemak omega-3).
  • Hindari aktivitas angkat beban terlalu berat.

Kiranya seperti itulah informasi dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai kode ICD 10 atau kode diagnosis penyakit ganglion (kista). Semoga dengan adanya informasi kode ICD 10 di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.