√ Kode ICD 10 Katarak 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Katarak – Mata? Menjadi salah satu indera pada tubuh manusia yang perannya sangat penting. Dengan berfungsinya mata secara normal, Anda nantinya akan bisa melihat benda dan sesuatu disekitar.

Namun apa jadinya jika mata sudah terkena penyakit katarak? Tentu saja seperti yang sudah Anda ketahui, pastinya kondisi mata nantinya akan mengalami ketidaknormalan yang akan mengganggu penglihatan.

Untuk penyakit mata bernama katarak ini sendiri di dalam dunia kesehatan akan memiliki kode ICD 10. Di mana kode ICD 10 tersebut nantinya sudah tercantum dengan KODE DIAGNOSA KESEHATAN dengan penyakit lain.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin tahu kode ICD 10 dari penyakit katarak. Pada pembahasan ini kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai kode ICD dan seputar penyakit katarak tersebut secara lengkap.

Kode ICD 10 Katarak Penyebab Gejala Pengobatan

Untuk lebih jelas mengenai kode ICD katarak tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Jadi terus simak pembahasan ini sampai akhir agar rasa penasaran Anda akan kode ICD 10 terjawabkan.

Apa Itu Katarak

Apa Itu Katarak

Sebelum berlanjut ke pembahasan tentang kode ICD dari penyakit katarak, maka Anda perlu ketahui terlebih dahulu pengertian dari katarak. Di mana katarak adalah suatu penyakit saat lensa mata menjadi keruh dan berawan.

Secara umum, katarak perlahan akan berkemban dan di awal-awal memang tidak terasa mengganggu. Namun seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan katarak akan mengganggu penglihatan serta memunculkan rasa tidak nyaman.

Rasa tersebut seperti misalnya saat dibawa melihat akan berkabut, sulit menyetir, membaca serta melakukan aktivitas sehari-hari. Penyakit ini merupakan penyebab kebutaan utama yang minim ditangani atau diobati.

Kode ICD 10 Katarak

Kode ICD 10 Katarak

Nah, mengenai kode ICD 10 atau kode diagnosa BPJS Kesehatan dari penyakit katarak ini sendiri yaitu H 25 – H 28. Di mana katarak dan gangguan lensa pada mata lainnya akan tertulis di kode ICD tersebut.

Tidak hanya itu saja, kode ICD katarak juga akan berbeda dengan kode ICD dari penyakit tubuh yang lainnya. Semisal kode ICD katarak berbeda dengan kode ICD mata dan orbita maupun lainnya.

Penyebab Katarak

Penyebab Katarak

Berbicara mengenai penyebab katarak secara umum sendiri yaitu diakibatkan faktor usia dan trauma yang menyebabkan perubahan di jaringan mata, biasanya terjadi pada lansia. Di mana nantinya lensa mata sebagian besar terdiri dari air dan protein.

Seiring bertambahnya usia, lensa menjadi semakin tebal dan tidak fleksibel. Inilah yang menyebabkan gumpalan protein akan mengurangi cahaya yang masuk ke retina dan akan mengalami gangguan.

Retina sendiri adalah sebuah lapisan sensitif terhadap cahaya yang terletak di belakang dalam mata. Jadi, jika seorang mengalami masalah pada lensa maka nantinya akan menyebabkan pandangan kabur dan tidak tajam.

Biasanya perubahan lensa akan diawali dengan warna kuning kecokelatan ringan. Tetapi seiring berjalannya waktu, lensa akan semakin memburuk dan menyebabkan seorang penderita tidak terelakkan untuk terkena katarak.

Gejala Katarak

Gejala Katarak

Sedangkan gejala katarak, para penderita masalah mata ini akan diberikan beberapa gejala. Adapun beberapa gejala seorang mengalami katarak yaitu seperti:

  • Pandangan ganda/double.
  • Pandangan kabur dan berkabut.
  • Penurunan penglihatan saat malam hari.
  • Saat melihat cahaya, tampak ada lingkaran di sekeliling.
  • Sering ganti ukuran kacamata.
  • Silau saat melihat lampu.
  • Warna di sekitar mulai memudar.

Pengobatan Katarak

Pengobatan Katarak

Di rasa katarak sudah semakin memburuk dan sulit menjalani aktivitas sehari-hari, pengobatan paling tepat yaitu hanya dengan prosedur operasi. Operasi akan dilakukan jika penderita sudah berkonsultasi dengan dokter.

Lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk operasi? Mengenai BIAYA OPERASI KATARAK sendiri bisa dibilang cukup banyak biayanya. Namun, bagi Anda yang merupakan peserta BPJS Kesehatan akan digratiskan dengan catatan iuran BPJS tidak pernah menunggak.

Pencegahan Katarak

Pencegahan Katarak

Untuk terhindar dari penyakit mata bernama katarak, ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan agar terhindar. Berikut beberapa pencegahan katarak yang bisa dilakukan:

  • Batasi kebiasaan mengemudi di malam hari.
  • Gunakan kaca pembesar saat membaca tulisan yang dirasa kecil.
  • Lindungi mata dari benturan dan cahaya matahari langsung dalam kurun waktu lama.
  • Perbaiki pencahayaan di rumah.
  • Periksa mata secara teratur di dokter spesialis mata.
  • Pertahankan kadar gula darah agar tetap normal (pengidap diabetes).

Kiranya itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua mengenai kode ICD 10 dan informasi lain seputar katarak. Dengan adanya kode ICD katarak di atas, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan.