√ Kode ICD 10 Otalgia (Sakit Telinga) 2022: Sebab & Pengobatan

Kode ICD 10 Otalgia – Diketahui, jika berbagai macam gangguan kesehatan bisa saja menyerang tubuh manusia. Di mana setiap gangguan tersebut memiliki kode masing-masing, kode tersebut dinamakan kode ICD 10 atau banyak menyebutnya kode diagnosa BPJS kesehatan.

Lalu apa sebenarnya kode ICD 10? Di mana kode ICD 10 adalah sistem klasifikasi penyakit atau pengelompokan penyakit yang sejenis, istilah penyakit dan masalah berkaitan dengan kesehatan. Biasanya kode ICD 10 akan digunakan dokter saat mendiagnosis penyakit pasien.

Citayam

Tentu saja dari banyaknya gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh manusia, menjadikan kode ICD 10 sangat banyak dan berbeda pula. Mengenai hal itu, tentu saja tidak semua kode ICD 10 dari gangguan Kesehatan bisa teringat semuanya.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan sajikan informasi mengenai kode ICD 10 Otalgia atau gangguan sakit telinga. Bagi Anda yang bertanya mengenai kode ICD 10 masalah pada telinga ini, maka bisa simak penjelasan ini sampai akhir.

Kode ICD 10 Otalgia

Apa Itu Otalgia

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai kode ICD 10, alangkah baiknya Anda mengetahui dahulu apa itu sebenarnya gangguan kesehatan bernama otalgia. Otalgia / sakit telinga adalah suatu kondisi yang menyebabkan sakit parah atau ringan di telinga baik luar maupun dalam.

Rasa nyeri dibagian dalam dan luar telinga ini bisa saja mengganggu pendengaran dan sering disebabkan oleh kelebihan cairan dan infeksi. Dengan semakin timbulnya rasa sakit maka akan membuat aktivitas / rutinitas bisa terganggu.

Kode ICD 10 Otalgia

Kembali ke pembahasan mengenai kode ICD 10-nya, lalu berapa kode ICD 10 dari otalgia? Untuk gangguan kesehatan sakit kuping ini sendiri adalah H92.09. Kode diagnosis akan lebih spesifik tergantung dengan letak dari gangguan itu terjadi. Jadi lihat tabel kode ICD 10 di bawah ini.

KODE ICDKETERANGAN
H92.0Nyeri telinga
H92.01Nyeri telinga kanan
H92.02Nyeri telinga kiri
H92.03Nyeri kedua telinga
H92.09Nyeri telinga tidak spesifik

Bisa dikatakan kode ICD 10 otalgia berbeda dengan kode penyakit telinga lain seperti misalnya dengan kode ICD 10 serumen prop. Jadi perlu untuk dipahami setiap kode 10 ICD tersebut.

Penyebab Otalgia / Sakit Telinga

Penyebab Otalgia Atau Sakit Telinga

Kemudian setelah tahu kode ICD 10 otalgia, kami juga akan sampaikan penyebab yang menjadikan otalgia terjadi. Untuk penyebab dari otalgia, sakit / nyeri telinga diantara lainnya karena:

1. Infeksi Telinga

Infeksi telinga luar (otitis exsterna) dan telinga tengah (otitis media), untuk infeksi telinga luar biasanya berupa peradangan pada saluran telinga. Sedangkan infeksi telinga tengah biasanya menyebabkan pembengkakan pada saluran tuba eustachius sehingga mengakibatkan penumpukan cairan dari peradangan, produksi lendir, dan proses infeksi.

Untuk penyakit yang tidak langsung diobati dengan semestinya / baik maka akan muncul cairan menyerupai nanah yang akan keluar dari telinga. Infeksi ini seringkali dialami anak-anak yang berusia di bawah umur 10 tahun, namun bukan berarti tidak bisa terjadi pada orang dewasa.

2. Tinitus

Tinitus adalah kondisi seseorang mendengar suara mendenging di dalam telinga, namun sumber suara tidak dari luar tubuh. Gejala ini sering muncul saat seseorang mengalami masalah di telinga tengah maupun dalam. Infeksi telinga tengah juga bisa menyebabkan terjadinya tinitus.

3. Barotrauma

Penyebab lainnya otalgia adalah barotrauma atau kondisi terjadinya cedera telinga akibat adanya perubahan tekanan udara maupun air. Umum barotrauma dialami oleh pendaki gunung, saat naik pesawat dan menyelam di kedalaman tertentu.

4. Meniere

Penyakit meniere biasanya terjadi jika terdapat abnormalitas cairan di dalam telinga, umumnya penderita akan alami sakit telinga, vertigo dan tinitus tiba-tiba. Hal itu dikarenakan vertigo dan tinitus merupakan gejala utama penyakit meniere.

Gejala Otalgia

Selain penyebab di atas, para penderita otalgia atau nyeri telinga juga akan memunculkan beberapa gejala. Namun secara umum, gejala-gejala yang dialami oleh seorang penderita otalgia misalnya seperti:

  • Adanya kondisi lain berupa pilek/flu.
  • Demam ringan bahkan tinggi.
  • Merasa gelisah.
  • Cenderung kehilangan pendengaran/sulit mendengar.
  • Cenderung menggosok/mengorek telinga.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Keluar cairan dari telinga.
  • Ada rasa sesak pada telinga.
  • Terjadi radang telinga.
  • Rasa gatal.
  • Rasa sakit.
  • Sakit ringan baik di dalam dan luar telinga.

Pengobatan Otalgia

Pengobatan Otalgia

Saat sudah alami beberapa gejala di atas, otalgia justru semakin parah dan mengganggu aktivitas. Maka segera untuk konsultasikan kepada dokter atas permasalahan gangguan kesehatan pada telinga ini, nantinya dokter akan mendiagnosis.

Setelah itu baru dokter akan memberikan sebuah penanganan / pengobatan dengan menyesuaikan kondisi otalgia itu terjadi. Untuk beberapa infeksi bisa sembuh tanpa obat antibiotik, obat untuk mengatasi kondisi ini tergantung dari banyak hal, baik dari usia dan keparahan otalgia.

Nantinya dokter akan menyarankan penderita konsumsi obat untuk mengurangi rasa sakit dari infeksi seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil, Motrin IB dan lainnya). Selain itu menyarankan juga untuk perawatan dirumah dengan gaya hidup sehat.

Pencegahan Otalgia

Ada banyak pencegahan yang bisa dilakukan, salah satunya dengan menghindari penyebab otalgia yaitu radang telinga. Untuk hal ini Anda bisa mengurangi risiko radang telinga seperti misalnya:

  • Hindari paparan langsung dengan pengidap otitis media
  • Jauhkan anak dari lingkungan penuh asap / rokok.
  • Jaga cara pemberian makan anak.
  • Berikan ASI eksklusif.
  • Lengkapi vaksinasi.
  • Rutin mencuci tangan menggunakan air dan sabun.
  • dan pola hidup sehat lainnya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan kode ICD 10 otalgia / sakit telinga beserta informasi terkait lain yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga adanya informasi kode ICD 10 sakit telinga di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Sumber Gambar : hellosehat.com, telerainmd.com, onewelbeck.com