Kode ICD 10 Serumen Prop 2022 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Serumen Prop – Seperti diketahui sendiri, jika berbagai macam gangguan kondisi kesehatan di tubuh manusia memiliki kode masing-masing. Di mana kode tersebut dinamakan dengan kode ICD 10 atau banyak menyebutnya dengan kode diagnosis BPJS kesehatan.

Tentu saja bagi sebagian orang sudah tidak asing dengan apa itu yang dinamakan kode ICD 10. Untuk yang belum tahu kode ICD 10 adalah sistem klasifikasi penyakit atau pengelompokan penyakit yang sejenis, istilah penyakit dan masalah yang berkaitan kesehatan.

Dengan begitu, tentu saja kode ICD 10 banyak sekali menyesuaikan dengan gangguan kesehatan pada tubuh. Untuk hal itu pastinya sulit untuk bisa mengingat maupun mengetahui satu persatu kode tersebut dan arti dari dari kode ICD itu sendiri.

Berbicara kode ICD 10, pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sajikan informasi lengkap mengenai kode ICD 10 dari gangguan bernama serumen prop atau masalah kesehatan pada telinga. Agar lebih jelas kode ICD dan artinya, simak dan ikuti pembahasan berikut ini sampai akhir.

Kode ICD 10 Serumen Prop

Apa Itu Serumen Prop ?

Sebelum lanjut ke pembahasan terkait kode ICD 10-nya, silakan untuk mengetahui apa sebenarnya itu serumen prop. Di mana serumen prop bisa terjadi akibat kotoran telinga menumpuk dan menggumpal keras sehingga menyebabkan telinga tersumbat dan memicu gangguan pendengaran.

Permasalahan bernama serumen prop ini biasanya diakibatkan oleh metode membersihkan telinga yang salah dan menjadikan kotoran justru terdorong masuk ke dalam telinga. Jika hal ini terjadi tentu saja akan memunculkan beberapa kendala yang biasa akibatkan pada pendengaran yang bermasalah.

Kode ICD 10 Serumen Prop

Lalu berapa kode ICD 10 serumen prop? Mengenai kode permasalahan pada telinga ini yaitu adalah H61.2. Untuk kode diagnosis yang lebih spesifik tergantung dengan letak serumen prop nya, silakan lihat kode diagnosis di bawah ini.

  • H61.2 : Serumen prop (Impacted cerumen).
  • H61.20 : Serumen prop di telinga tidak spesifik.
  • H61.21 : Serumen prop di telinga kanan.
  • H61.22 : Serumen prop di telinga kiri.
  • H61.23 : Serumen prop di kedua telinga.

Tentu saja dengan melihat kode ICD 10 di atas, pastinya akan berbeda satu sama lain dengan kode ICD 10 atau kode diagnosa BPJS Kesehatan penyakit lainnya.

Penyebab Serumen Prop

Penyebab Serumen Prop

Lalu apa penyebab yang menjadikan serumen prop? Di mana seperti disampaikan di atas jika penyebabnya sendiri yaitu impaksi atau penyumbatan akibat kotoran telinga terdorong jauh ke dalam saluran telinga.

Dan serumen prop menjadi salah satu masalah telinga yang paling umum ditemui oleh dokter THT. Teruntuk, pengguna alat bantu dengar dan penyumbat telinga dikatakan lebih rentan terhadap penyumbatan kotoran telinga.

Namun penyebab umum yang terjadi kebanyakan orang adalah karena penggunaan kapas atau benda serupa (korek kuping atau cotton bud). Meski bisa membersihkan kotoran superfisial, nyatanya korek kuping juga dapat mendorong sisa kotoran lebih dalam lagi.

Gejala Serumen Prop

Untuk gejala sendiri, kotoran telinga yang menumpuk berpotensi menjadi penyebab tanda dan gejala tertentu. Namun secara umum gejala serumen prop sendiri yang kerap terjadi adalah:

  • Rasa sakit pada telinga.
  • Perasaan penuh di telinga terkena.
  • Dering (tinitus atau telinga berdenging).
  • Penurunan pendengaran di telinga terkena.
  • Rasa pusing dan batuk-batuk.

Kapan Harus ke Dokter

Seorang mungkin hanya akan alami satu atau dua gejala saja, namun gejala tersebut akan berkembang perlahan. Maka dari itu silakan konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan. Namun serumen prop yang lebih parah akan munculkan hal ini:

  • Kehilangan kemampuan mendengar secara tiba-tiba.
  • Sensasi berputar parah, kehilangan keseimbangan, dan tidak bisa berjalan.
  • Mengalami muntah terus-menerus bahkan bisa demam tinggi.

Dokter nantinya akan mendiagnosis serumen prop dengan memeriksa riwayat kesehatan dan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Pemeriksaan akan melewati beberapa hal seperti tes pendengaran sederhana dan lainnya.

Jika kondisi normal, maka dokter dapat dengan mudah melihat serumen melalui alat bernama otoskop. Jika pasien punya begitu banyak kotoran telinga, dokter tidak bisa melihat ke dalam saluran telinga dan mendiagnosis pasien dengan serumen prop.

Pengobatan Serumen Prop

Pengobatan Serumen Prop

Jika sudah tahu pengertian, kode ICD 10, penyebab dan gejala di atas. Tentu saja Anda juga perlu mengetahui pengobatan serumen prop dan bisa dibilang gangguan telinga ini diatasi dengan membersihkan bagian luar telinga.

Namun pastikan jangan menggulung kain dan mendorongnya ke saluran telinga. Lalu bisa dengan larutan serumenolitik yaitu larutan guna melarutkan kotoran telinga juga dapat digunakan. Mengenai larutan itu sendiri bisa seperti:

  • Minyak mineral
  • Minyak bayi
  • Gliserin
  • Larutan garam
  • Hidrogen peroksida / tetes telinga berbahan dasar peroksida

Untuk para peserta BPJS Kesehatan, bisa manfaatkan kepesertaan guna membersihkan serumen prop. Hal itu serumen prop menjadi salah satu gangguan atau penyakit yang ditanggung BPJS Kesehatan.

Dokter nantinya akan mengeluarkan kotoran telinga secara manual menggunakan alat khusus seperti sendok serumen, forsep, atau alat pengisap. Dengan pengangkatan kotoran ini bertujuan agar normal seperti semula.

Pencegahan Serumen Prop

Lalu apa ada pencegahan khusus yang perlu diperhatikan agar serumen prop atau masalah pada telinga ini terjadi. Ya, di mana Anda harus hindari memasukkan apapun ke dalam telinga, meski benda tersebut bertujuan untuk membersihkannya.

Demikian pembahasan terkait kode ICD 10 terkait gangguan masalah pada telinga berupa serumen prop dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait kode ICD serumen prop di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.