√ Kode ICD 10 Pulpitis 2022 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Pulpitis – Seperti diketahui sendiri jika setiap penyakit atau gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh akan memiliki kode ICD 10 yang berbeda satu sama lain. Bahkan dalam satu jenis penyakit yang sama akan memiliki kode ICD 10 berbeda.

Teruntuk Anda yang belum tahu secara jelas apa itu kode ICD 10, mari bahas sedikit. Di mana kode ICD 10 adalah sistem klasifikasi penyakit dengan memberikan perpaduan kode abjad dan angka yang mana setiap penyakit akan berbeda.

Nantinya kode ICD 10 ini akan digunakan saat ada keperluan berupa pelaporan dan klaim asuransi pada pelayanan kesehatan baik puskesmas, klinik dan rumah sakit serta tempat pelayanan sekunder yang dilakukan oleh dokter setelah pemeriksaan.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan sajikan informasi salah satu kode ICD 10 dari gangguan kesehatan yang ada. Di mana yang akan di bahas adalah mengenai kode ICD 10 gangguan kesehatan gigi bernama pulpitis.

Citayam

Kode ICD 10 Pulpitis

Apa Itu Pulpitis

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai kode ICD 10 dari penyakit pulpitis, maka ketahui dahulu secara jelas terlebih dahulu pengertian apa itu gangguan kesehatan bernama pulpitis sehingga nantinya bisa lebih paham lagi.

Di mana pulpitis adalah salah satu faktor penyebab utama dari sakit gigi dan tanggalnya gigi pada orang yang lebih muda. Selain itu pulpitis juga merupakan peradangan pada pupa gigi (bagian gigi terdalam yang berisi saraf dan pembuluh darah) dan jaringan periradikular mengelilingi akar gigi.

Yang mana kondisi pulpitis dapat berupa akut atau kronis, pulpitis juga akan terjadi dengan atau tanpa adanya gejala. Dalam beberapa kasus kondisi ini bisa diobati, namun jika sudah parah peradangan pulpa gigi tidak bisa disembuhkan seperti semula.

Kode ICD 10 Pulpitis

Lalu jika sudah tahu apa itu pulpitis, maka mari lanjut ke pembahasan utama mengenai kode ICD atau kode diagnosa pulpitis. Di mana kode ICD 10 dari pulpitis adalah K04.0 dan ini jelas berbeda dengan kode ICD 10 gigi lainnya.

Jadi jika Anda menjumpai kode ICD 10 berupa K04.0 maka itu bisa disimpulkan jika merupakan kondisi gigi bernama pulpitis. Secara umum nantinya kode ICD 10 ini akan diberikan oleh dokter saat pembuatan laporan atau setelah berhasil diagnosis.

Penyebab Pulpitis

Penyebab Pulpitis

Jika sudah tahu apa pengertian pulpitis dan juga kode ICD-nya maka Anda perlu mengetahui juga penyebab yang menjadikan gangguan kesehatan ini terjadi. Di mana pulpitis terjadi saat lapisan enamel dan dentin pelindung pulpa rusak.

Jika lapisan yang melindungi ini rusak, bakteri dapat masuk dengan mudah dan menyebabkan pembengkakan. Tidak hanya bakteri, pulpitis juga bisa terjadi akibat trauma atau cedera pada gigi atau rahang yang membuka rongga pulpa dan akibatkan adanya bakteri.

Selain itu beberapa penyebab pulpitis lain seperti misalnya:

  • Terjadi infeksi bakteri.
  • Cedera pasca operasi gigi dan mulut.
  • Trauma gigi seperti akibat abrasi gigi atau bruxism.
  • Alami kecacatan bentuk gigi.

Gejala Pulpitis

Lantas apa gejala yang akan dialami oleh para penderita pulpitis? Mengenai hal itu, ada beberapa gejala ataupun tanda-tanda yang muncul. Di antara lain gejala atau tanda-tanda itu sendiri seperti misalnya:

  • Rasa sakit menusuk tajam dan intens.
  • Rasa sakit berdenyut.
  • Nyeri berlangsung beberapa menit.
  • Nyeri akan muncul secara tiba-tiba.
  • Nyeri akan bertambah saat dibawa merunduk.
  • Sakit cepat mereda setelah hindari makanan manis dan panas.

Pengobatan Pulpitis

Pengobatan Pulpitis

Jika sudah alami beberapa gejala di atas atau lebih buruk lagi, maka segera datang ke dokter untuk melakukan pengobatan. Nantinya dokter akan memberikan beberapa tindakan untuk mendiagnosis, sebelum melakukan pengobatan. Secara umum penangan pada penderita pulpitis seperti:

  • Perawatan dengan mengangkat karies, meletakkan pelindung pulpa yang cocok dan restorasi permanen dilakukan.
  • Perawatan untuk radang pulpa gigi serius bisa melibatkan perawatan saluran akar maupun operasi cabut gigi.
  • Selain itu nantinya Anda juga akan diberikan obat-obatan tertentu guna hilangkan rasa nyeri.

Pencegahan Pulpitis

Tentu saja setelah mengetahui kode ICD 10 sampai pengobatan yang harus dilakukan, maka Anda juga perlu mengetahui beberapa pencegahan yang musti dilakukan agar terhindar dari apa itu pulpitis. Yang jelas pencegahan dilakukan dengan cara merubah gaya hidup, seperti:

  • Menghjindari makanan terlalu panas dan dingin.
  • Menghindari makanan atau minuman terlalu manis.
  • Jaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara menyikat gigi setelah makan.
  • Hindari menykat gigi terlalu keras.
  • Selalu menjaga pola makan sehat dengan karbohidrat cukup.

Demikian kiranya pembahasan terkait kode ICD atau kode diagnosa BPJS kesehatan pulpitis yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga bagi Anda yang membutuhkan informasi kode ICD pulpitis, adanya pembahasan di atas bisa bermanfaat dan membantu.