√ Kode ICD 10 Hemangioma 2022 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Advertisements

Kode ICD 10 Hemangioma – Diketahui jika setiap penyakit atau gangguan kesehatan yang ada di tubuh manusia akan memiliki kode ICD 10 yang berbeda satu sama lain, bahkan satu jenis penyakit bisa memiliki kode ICD 10 berbeda.

Jadi bisa dipastikan banyak sekali kode ICD 10 yang ada dan tidak mungkin untuk diketahui satu persatu. Nah kode ICD 10 adalah sistem klasifikasi penyakit dengan memberikan perpaduan kode abjad dan angka sebagai tanda penyakit.

Selain itu kode ICD 10 di Indonesia juga dikenal dengan kode diagnosa BPJS kesehatan. Nah pada kesempatan kali ini kami akan sajikan informasi salah sati kode ICD 10 dari gangguan kesehatan yang ada.

Advertisements

Di mana yang akan di bahas adalah mengenai kode ICD 10 hemangioma. Jadi bagi Anda yang penasaran dan bertanya kode ICD hemangioma maka bisa simak penjelasan ini sampai akhir, karena kami sudah rangkumkan secara lengkap.

Kode ICD 10 Hemangioma

Advertisements

Apa Itu Hemangioma

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai kode ICD hemangioma tersebut, alangkah baiknya Anda mengetahui dahulu apa itu pengertian dari gangguan kesehatan bernama hemangioma.

Di mana hemangioma adalah sebuah benjolan kemerahan yang tumbuh di kulit bayi. Biasanya benjolan ini terbentuk dari segumpalan pembuluh darah yang tumbuh tidak normal dan menjadi satu.

Secara umum hemangioma masuk menjadi tanda lahir yang sering muncul di area wajah, leher, kulit kepala, dada dan punggung yang akan dialami oleh anak usia 18 bulan ke bawah.

Di mana kondisi ini bukanlah bersifat kanker dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, pengobatan diperlukan jika benjolan tersebut menyebabkan gangguan pada penglihatan dan pernapasan.

Kode ICD 10 Hemangioma

Jika sudah tahu apa itu pengertian hemangioma di atas, maka selanjutnya mari ke pembahasan utama mengenai kode ICD 10-nya. Di mana kode ICD 10 dari hemangioma itu sendiri adalah D18.0.

Jelas kode ICD 10 ini berbeda dengan kode ICD 10 gangguan pada kulit lainnya. Jadi saat menjumpai kode ICD D18.0 maka Anda bisa simpulkan jika itu adalah kode ICD berupa hemangioma.

Penyebab Hemangioma

Penyebab Hemangioma

Selain mengetahui kode ICD 10-nya, Anda juga perlu mengetahui penyebab hemangioma. Yang mana hemangioma terbentuk saat pembuluh darah kecil tumbuh secara tidak normal dan berkumpul menjadi satu.

Belum diketahui secara pasti apa yang memicu terjadinya kondisi satu ini, namun menurut beberapa ahli jika ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko munculnya hemangioma dan antara lainnya seperti:

  • Berjenis kelamin perempuan.
  • Lahir secara prematur.
  • Alami gangguan perkembangan selama dalam kandungan.
  • Mempunyai berat badan lahir rendah.
  • Menderita kelainan genetik dalam keluarga.

Gejala Hemangioma

Lalu apa gejala hemangioma? Nantinya kondisi ini akan ditandai dengan adanya benjolan kenyal berwarna merah yang tumbuh di wajah, leher, kulit kepala, dada, punggung, bahkan mata bayi.

Nantinya benjolan terbentuk cenderung hanya satu, namun pada anak kembar benjolan bisa saja lebih dari satu. Selain itu hemangioma juga bisa muncul saat lahir atau beberapa bulan setelahnya.

Secara umum dan garis besar, hemangioma akan menghilang saat anak berusia 5-10 tahun. Meskipun demikian, warna kulit bekas hemangioma akan tetap berbeda dengan warna kulit yang ada di sekitarnya.

Pengobatan Hemangioma

Pengobatan Hemangioma

Lantas apakah ada pengobatan hemangioma? Sebagian besar hemangioma tidak perlu diobati, terutama bila tidak menimbulkan keluhan atau masalah aktivitas selain munculnya benjolan.

Hal itu dikarenakan hemangioma secara otomatis akan hilang dengan sendirinya seiring pertumbuhan bayi. Jika hemangioma menimbulkan gangguan penglihatan, pernapasan atau menimbulkan luka maka segera lakukan pemeriksaan.

Secara umum dokter akan memberikan sejumlah obat seperti:

1. Penghambat Beta

Hemangioma parah, dokter akan meresepkan obat penghambat beta dalam bentuk minum seperti misalnya propanolol.

2. Kortikosteroid

Kortikosteroid atau triamcinolone yang digunakan pasien yang tidak merespon obat penghambat beta. Obat ini dapat diberikan dalam bentuk tablet, oles atau suntikan langsung ke hemangioma.

3. Vincristine

Dokter memberikan obat vincristine jika hemangioma menyebabkan gangguan pada penglihatan atau pernapasan bayi. Obat ini diberikan melalui suntikan setiap satu bulan sekali.

4. Terapi Laser

Selain pemberian obat-obatan, hemangioma juga bisa ditangani dengan menjalani terapi laser. Namun, metode ini hanya digunakan jika ukuran hemangioma cukup besar dan memunculkan rasa nyeri.

Pencegahan Hemangioma

Setelah tahu kode ICD 10 sampai dengan pengobatan yang dilakukan, maka Anda tinggal mengetahui bagaimana pencegahan untuk hindari gangguan pada kulit bernama hemangioma.

Namun karena penyebab belum diketahui secara pasti, maka belum ada cara pencegahan yang dapat dilakukan. Namun secara garis besar hemangioma akan hilang dengan sendiri selama 4-6 bulan.

Jika bayi Anda mengalami hemangioma, maka silakan amati apakah ukurannya bertambah besar atau tidak. Jika iya maka segera konsultasikan dengan dokter dan minta pengobatan yang tepat.

Demikian kiranya pembahasan terkait kode ICD 10 beserta informasi terkait lain mengenai hemangioma yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga adanya pembahasan hemangioma di atas bisa bermanfaat, terutama yang sedang membutuhkan informasinya.

Advertisements