√ Tugas Perawat Yang Wajib Diketahui 2021 : Peran & Fungsi

Tugas Perawat – Layanan rumah sakit yang sudah ada di Indonesia mungkin menjadi bukti jika pelayanan kesehatan sudah hampir merata semua. Bahkan di beberapa rumah sakit yang ada memiliki label menjadi RUMAH SAKIT TERBAIK.

Itu dikarenakan pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit tentunya sangat bagus. Seperti misalnya alat medis digunakan sudah modern dan tenaga medis seperti dokter dan perawat sudah profesional.

Selain itu para tenaga medis baik itu dokter dan perawat sudah menjalankan secara benar dan baik akan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga rumah sakit atau layanan kesehatan tersebut dipercaya oleh masyarakat.

Namun pada pembahasan kali ini sendiri kodebpjs.com bukan akan membahas mengenai rumah sakit di Indonesia atau layanan apa yang ada di dalam rumah sakitnya. Melainkan akan membahas mengenai tugas dari seorang perawat atau tenaga medis tersebut.

Tugas Perawat

Karena banyak dari Anda bertanya serta penasaran akan tugas-tugas apa saja yang dikerjakan oleh para perawat di rumah sakit atau layanan kesehatan. Untuk lebih jelas mengenai tugas-tugas itu apa saja, berikut akan disampaikan secara lengkap.

Apa Itu Perawat?

Sebelum berlanjut membahas mengenai tugas-tugas dari perawat, Anda terlebih dahulu harus tahu pengertian apa itu perawat. Dan mungkin pengertian apa itu perawat sudah banyak yang tahu, namun untuk lebih jelas dan pahamnya berikut pengertiannya.

Di mana perawat sendiri ialah seseorang yang memiliki tugas memberikan asuhan/rawatan pada individu, keluarga, juga kelompok dalam keadaan sakit maupun sehat. Di mana secara umum, ada 2 jenis perawat, yaitu perawat vokasi dan perawat profesi.

Perawat vokasi sendiri ialah perawat dengan minimal pendidikan lulusan D3 Keperawatan. Sedangkan perawat profesi yaitu perawat dengan minimal pendidikan lulusan S1 Keperawatan.

Tugas Pokok Perawat

Tugas Pokok Perawat

Berbicara mengenai tugas sendiri, perawat cukup memiliki banyak tugas. Namun secara umum atau pokok, berikut beberapa tugas itu sendiri:

1. Memberi Asuhan

Tugas pokok perawat pertama yaitu memberikan asuhan maupun keperawatan kepada pasien. Di mana pemberian asuhan dimaksud, perawat tidak boleh pandang bulu dalam memberikan pelayanan.

2. Memberi Obat

Perawat juga memiliki tugas memberikan obat sesuai dengan resep yang telah dokter. Seperti misalnya perawat memberikan takaran dan waktu pemberian obat sesuai jadwal dengan baik.

3. Memberikan Edukasi

Tugas berikutnya yaitu seorang perawat mampu berperan dan bertanggung jawab dalam memberikan edukasi kesehatan. Jangan sampai perawat tidak menjalankan tugas satu ini.

4. Memberikan Motivasi

Perawat juga memiliki tugas untuk memberikan motivasi atau semangat kepada pasien sakit agar memiliki tekad kuat untuk sembuh. Sehingga pasien bisa yang memiliki tekanan atau stres akibat penyakit diderita bisa lebih semangat.

5. Memberikan Perhatian

Memberikan perhatian, juga menjadi salah satu tugas pokok atau dasar selanjutnya. Di mana nantinya perhatian perawat tersebutlah yang bisa membuat pasien lebih bersemangat untuk sembuh.

6. Menerima pasien

Tugas pokok lainnya dan musti dikerjakan yaitu menerima tamu yang datang ke rumah sakit sesuai dengan prosedur dan ketentuan rumah sakit. Selalu berikan pelayanan/penerimaan sebaik mungkin agar nanti terasa terpuaskan oleh layanan dari perawat.

7. Menetapkan Jenis Keperawatan

Untuk para lansia atau anak-anak, tentunya butuh jenis keperawatan berbeda sesuai dengan kebutuhannya. Jadi tugas selanjutnya harus bisa merawat berdasarkan tingkat ketergantungan pasien tersebut.

8. Mengumpulkan Data & Membuat Laporan

Perawat wajib untuk menjalankan tugas dalam mengumpulkan data kuantitatif. Di mana nantinya data berhasil dikumpulkan perawat berfungsi dalam penyusunan laporan proses perkembangan pasien.

9. Menjaga Pasien

Tugas pokok berikutnya yang harus dijalankan tentunya ialah menjaga pasien selama masa perawatan di rumah sakit. Seperti misalnya perawat harus mengecek tensi, kadar gula darah, pemasangan selang oksigen, penggantian infus, serta lainnya.

10. Evaluasi

Selain tugas-tugas di atas, tugas selanjutnya yaitu dapat mengevaluasi program edukasi kesehatan pasien. Tidak hanya itu, perawat juga harus memiliki rencana tindak lanjut sesuai dengan prosedur berlaku.

Peran Perawat

Peran Perawat

Setelah tahu akan tugas-tugas tersebut, perlu Anda ketahui juga mengenai peranan penting dari seorang perawat di rumah sakit atau layanan kesehatan lainnya. Peran tersebut seperti:

1. Advokat Pasien

Peran perawat satu ini memiliki artian di mana perawat dapat membantu pasien dan keluarga dalam mendapatkan hak-haknya. Seperti misalnya hak mengetahui informasi penyakit, hak privasi maupun hak-hak lainnya.

2. Edukator

Edukator di maksud ini, pasien atau keluarga berhak mendapatkan pengetahuan mengenai kesehatan, gejala dari penyakit hingga tindakan dari seorang perawat yang dapat dilakukan guna menyembuhkannya.

3. Kolaborator

Peran perawat berikutnya yaitu sebagai kolaborator, di mana harus mampu berkolaborasi dengan tim kesehatan seperti dokter, ahli gizi, fisioterapi maupun sesama perawat. Ini untuk menentukan tindakan terbaik saat memberikan pelayanan kesehatan.

4. Konsultan

Perawat juga berperan sebagai konsultan, di mana nantinya pasien dapat mengetahui tindakan keperawatan terbaik apa yang bisa diterima. Selain itu perawat juga mengetahui informasi tujuan pelayanan keperawatan yang akan diberikan.

5. Koordinator

Perawat juga harus bisa berperan untuk mengkoordinasikan pelayanan kesehatan. Sebagai contohnya bisa mengarahkan maupun merencanakan tim untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik pada pasien sedang ditangani.

6. Pembaharu

Peran perawat sebagai pembaharu sendiri memiliki artian di mana seorang perawat bisa menjalankan perencanaan, kolaborasi, perubahan terukur atau sistematis. Tentunya juga harus terarah sesuai dalam metode pemberian pelayanan keperawatan.

7. Pemberi Asuhan Keperawatan

Dan peran utama perawat yaitu mampu memberikan asuhan keperawatan pada pasien dengan memperhatikan kebutuhan dasar manusia. Mungkin inilah salah satu peranan penting yang harus dipahami oleh sorang perawat.

Fungsi Perawat

Fungsi Perawat

Tidak hanya tugas dan peran saja, fungsi juga perlu Anda ketahui. Sehingga nantinya saat ingin jadi perawat Anda sudah paham dari tugas, peran dan fungsinya. Ada beberapa fungsi perawat seperti:

1. Dependen

Fungsi pertama perawat yaitu Dependen, di mana perawat harus mempunyai wewenang untuk melakukan atau memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien atas perintah dokter. Contoh dalam pemasangan infus, penyuntikan, pengambilan darah, pemberian obat dan lainnya.

2. Independen

Fungsi kedua perawat yaitu independen, di mana perawat dapat mengambil keputusan serta melakukan tindakan terbaik secara independen berdasarkan ilmu keperawatan. Dengan bertanggung jawab penuh atas akibat yang akan terjadi.

3. Interdependen

Fungsi kedua perawat yaitu interpenden, di mana perawat dapat memberikan tindakan layanan keperawatan kepada pasien/Perawat juga bisa bekerja sama dengan profesi lain seperti dokter, ahli gizi, fisioterapi maupun lainnya.

Demikian informasi dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai tugas-tugas seorang perawat lengkap dengan peran dan fungsinya. Semoga dengan adanya pembahasan mengenai tugas-tugas di atas dapat bermanfaat bagi semuanya.