√ Tidak Bisa Cek BPJS Dengan NIK ? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Tidak Bisa Cek BPJS Dengan NIK – Banyak keuntungan didapatkan setelah Anda berhasil mendaftar kepesertaan BPJS Kesehatan. Salah satu yang jelas sudah pasti adalah mengenai pelayanan kesehatan dan berbagai pengobatan gratis.

Bahkan tidak hanya itu, para peserta BPJS juga sudah diberikan layanan online bernama Mobile JKN yang akan memudahkan urusan kepesertaan Anda. Namun dengan catatan Anda sudah daftar akun Mobile JKN terlebih dahulu sebelum bisa mengaksesnya.

Dalam aplikasi ini Anda nantinya sudah bisa mendapatkan berbagai informasi kepesertaan BPJS Kesehatan seperti misalnya tagihan, data kepesertaan, mengetahui status kepesertaan aktif atau tidak dan masih banyak permasalahan lainnya.

Terkait cek BPJS sendiri sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan lewat Mobile JKN saja, melainkan ada beberapa cara cek BPJS dengan cara lain. Dalam beberapa kasus dialami peserta saat pengecekan misalnya seperti tidak bisa cek BPJS dengan NIK.

Citayam

Tidak Bisa Cek BPJS Dengan NIK

Tidak Bisa Cek BPJS Dengan NIK

Mengenai tidak bisa cek status kepesertaan BPJS dengan Nomor Induk Kependudukan pastinya banyak dari Anda yang bertanya-tanya mengenai penyebab beserta cara untuk mengatasinya. Mengenai kejadian tidak bisa mengecek BPJS pakai NIK itu sendiri, kami sudah rangkumkan secara lengkap di bawah ini.

Penyebab Tidak Bisa Cek BPJS Dengan NIK

Penyebab Tidak Bisa Cek BPJS Dengan NIK

Guna memudahkan dalam cara mengatasi permasalahan tidak bisa cek status BPJS, maka Anda harus mencari tahu sumber permasalahannya terlebih dahulu. Adapun beberapa penyebab dari tidak bisa cek BPJS dengan NIK sendiri diakibatkan oleh beberapa hal ini.

1. Salah Masukkan Nomor NIK

Secara umum penyebab pertama kenapa tidak bisa mengecek BPJS dengan NIK terjadi karena kesalahan peserta saat memasukkan nomor/angka NIK. Karena seperti diketahui sendiri, jika salah satu angka saja dalam memasukkan NIK ketika pengcekan maka tidak akan berhasil.

2. Adanya Gangguan Sistem

Tidak hanya datang dari kesalahan pengguna di atas saat masukkan nomor NIK, kejadian gagal cek status BPJS juga terjadi karena adanya gangguan sistem atau error. Kejadian ini biasanya terjadi saat sistem sedang ada maintenance atau pemeliharaan.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek BPJS Dengan NIK

Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek BPJS Dengan NIK

Jika sudah berhasil mengetahui apa saja penyebab yang menjadikan gagal cek BPJS dengan Nomor Induk Kependudukan di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Adapun cara mengatasi tinggal sesuaikan dengan faktor penyebab yang menjadikan kenapa tidak bisa lakukan pengecekan.

1. Pastikan Nomor NIK Benar

Cara mengatasi gagal cek BPJS dengan NIK akibat salah memasukkan nomor / angka NIK adalah dengan memastikan Anda sudah benar dalam penginputannya. Untuk hal itu tentu saja Anda harus teliti dalam memasukkan setiap angkanya.

Bahkan sebelum lanjut ke langkah berikutnya, Anda perlu juga untuk cek ulang apakah sudah benar atau belum Nomor Induk Kependudukan yang dimasukkan untuk cek BPJS tersebut. Secara otomatis jika sudah benar, maka pengecekan status BPJS berhasil.

2. Tunggu Sistem Kembali Normal

Namun cara mengatasi jika sedang adanya gangguan, maintenance, atau error pada sistem BPJS ketika Anda melakukan cek status BPJS. Maka solusinya adalah dengan menunggu sampai sistem kembali bekerja secara normal seperti biasanya.

Untuk memastikan jika sistem sudah normal atau belum sehingga pengecekan status BPJS bisa kembali dilakukan. Tentu Anda harus melakukan pengecekan secara berkala dalam kurun beberapa waktu, jika berhasil maka itu tandanya sistem BPJS sudah normal kembali.

3. Hubungi Care Center BPJS Kesehatan

Namun setelah melakukan beberapa cara di atas, tetap saja cek BPJS tidak berhasil. Maka solusi terakhir adalah dengan menghubungi care canter BPJS Kesehatan untuk menanyakan permasalahan tidak bisa cek BPJS menggunakan Nomor Induk Kependudukan. Anda bisa hubungi care canter BPJS di:

  • Call Canter : 1500400
  • SMS Gateway : 08777-5500-400
  • Twitter : @BPJSKesehatanRI
  • Instagram : @bpjskesehatan_ri
  • Facebook : BPJSKesehatanRI
  • Pandawa (WhatsApp) : 08118750400

Demikian kiranya pembahasan terkait tidak bisa atau gagalnya cek status BPJS dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga dengan adanya permasalahan gagal cek BPJS pakai NIK di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan. Terutama bagi para peserta BPJS kesehatan yang alami masalah serupa yaitu tidak bisa cek BPJS pakai BPJS.