√ Kode OTP JKN Mobile Tidak Masuk ? Ini 7 Penyebab & Cara Mengatasi

Kode OTP JKN Mobile Tidak Masuk – Banyak keuntungan yang didapat setelah Anda ikut menjadi kepesertaan BPJS Kesehatan. Tidak hanya datang dari perlindungan atas kesehatan, banyak juga layanan yang bisa peserta BPJS manfaatkan.

Salah satu layanan tersebut seperti misalnya JKN Mobile, di mana dengan JKN Mobile inilah nantinya para peserta bisa dengan mudah mengurus kepesertaan. Mulai dari menambahkan anggota, merubah informasi data kepesertaan dan banyak lainnya.

Citayam

Namun dengan demikian, untuk bisa mulai menikmati layanan tersebut maka Anda harus daftar JKN Mobile terlebih dahulu agar bisa mendapatkan kode akses. Namun kali ini kami bukan akan bahas cara daftar, melainkan bahas masalah saat pendaftaran.

Di mana saat daftar JKN Mobile nantinya Anda akan diminta memasukkan kode OTP atau verifikasi yang dikirim ke nomor HP sebelumnya didaftarkan. Lantas bagaimana jika kode OTP JKN Mobile tidak masuk saat pendaftaran?.

Kode OTP JKN Mobile Tidak Masuk

Kode OTP JKN Mobile Tidak Masuk

Mengenai kejadian tidak masukkannya kode OTP saat pendaftaran sendiri nantinya akan mengakibatkan Anda tidak bisa melakukan proses registrasi selanjutnya. Hal itulah yang mengakibatkan proses akan tertunda sampai Anda mengatasinya.

Tentu saja dengan adanya kejadian kode verifikasi JKN Mobile tidak masuk atau didapatkan, pastinya akan bertanya-tanya mengenai penyebab dan cara mengatasinya. Nah kali ini kami sudah rangkumkan secara lengkap atas permasalahan OTP tidak masuk ini.

Penyebab Kode OTP JKN Mobile Tidak Masuk

Penyebab Kode OTP JKN Mobile Tidak Masuk

Sebelum lanjut ke pembahasan cara mengatasi kode OTP gagal masuk di atas, mengetahui apa faktor penyebab mungkin hal penting yang harus diketahui. Karena dengan mengetahui permasalahan maka nantinya akan membuat pengguna akan mudah dalam mengatasinya.

Secara umum ada beberapa penyebab di mana bisa menjadikan kode TP atau kode verifikasi gagal masuk, diantara lain penyebab itu sendiri seperti misalnya:

1. Nomor HP Sudah Tidak Aktif

Penyebab pertama kenapa kode OTP tidak masuk sendiri bisa terjadi ketika nomor HP terdaftar sudah tidak aktif, hangus dan sudah lama tidak digunakan. Biasanya kejadian ini terjadi akibat pemilik nomor HP tidak mengisi pulsa sehingga masa aktif terlewat.

2. Salah Memasukkan Nomor HP

Penyebab kedua kode verifikasi tidak masuk adalah akibat pengguna atau peserta BPJS Kesehatan salah dalam memasukkan nomor HP yang terdaftar di aplikasi Mobile JKN. Meskipun kejadian ini jarang terjadi, namun bisa saja hal ini terjadi akibat saat memasukkan ada yang double atau kurang satu angka.

3. Sistem Error/ Gangguan

Selain dua penyebab di atas, kejadian kode OTP gagal masuk juga terjadi saat sistem aplikasi JKN Mobile sedang error atau alami gangguan. Hal inilah yang akan akibatkan saat Anda meminta kode OTP untuk verifikasi JKN Mobile akan alami gagal.

Cara Mengatasi Kode OTP JKN Mobile Tidak Masuk

Cara Mengatasi Kode OTP JKN Mobile Tidak Masuk

Setelah mengetahui apa saja faktor penyebab OTP tidak masuk di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Mengenai solusi sendiri sebenarnya cukup mudah yaitu dengan menyesuaikan dengan faktor penyebabnya.

1. Pastikan Nomor HP Terdaftar Aktif

Saat kode OTP tidak masuk akibat nomor HP terdaftar sudah tidak aktif maka Anda tinggal memastikan saja nomor HP yang didaftarkan masih dalam kondisi aktif. Karena nantinya kode OTP JKN Mobile akan masuk jika nomor HP terdaftar masih aktif.

Lantas bagaimana jika nomor HP hilang? Untuk solusi hilangnya kode nomor HP maka Anda hanya perlu mengganti nomor lama dengan nomor baru, adapun caranya sendiri bisa dilakukan melalui care center BPJS atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

2. Masukkan Nomor HP Secara Benar

Lalu jika kode OTP tidak masuk akibat kesalahan pengguna dalam memasukkan nomor HP, maka tidak ada cara selain memastikan nomor HP yang dimasukkan sudah sesuai. Karena dengan kesalahan satu digit saja maka nantinya kode OTP JKN Mobil gagal didapatkan.

Dengan begitu, pada saat memasukkan nomor HP lakukan secara teliti jangan ada kesalahan satu angka pun. Sehingga nantinya kode OTP yang dikirim oleh pihak BPJS Kesehatan akan didapatkan selang beberapa waktu setelah melanjutkan proses permintaan.

3. Tunggu Hingga Sistem Normal

Kemudian solusi mengatasi kode OTP JKN gagal masuk akibat sistem error dan adanya gangguan, maka tidak ada cara selain menunggu sistem aplikasi JKN Mobile kembali pulih dan normal. Mengenai lama atau tidaknya sistem normal tidak bisa ditentukan.

Hal ini bisa cek secara berkala dengan melakukan pembukaan aplikasi JKN Mobile dalam kurung beberapa waktu sekali. Secara umum kejadian kode OTP JKN Mobile tidak masuk di atas sudah bisa teratasi dengan adanya beberapa cara di atas.

4. Hubungi Call Center BPJS Kesehatan

Namun jika sudah melakukan beberapa cara di atas dan rupanya tetap saja kode OTP tidak masuk-masuk, maka Anda busa hubungi call center BPJS Kesehatan guna menanyakan. Secara otomatis petugas atau CS BPJS Kesehatan akan memberikan penjelasan. Silakan hubungi call center BPJS di layanan:

  • Call Canter : 1500400
  • SMS Gateway : 08777-5500-400
  • Twitter : @BPJSKesehatanRI
  • Instagram : @bpjskesehatan_ri
  • Facebook : BPJSKesehatanRI
  • Pandawa (WhatsApp) : 08118750400

Mungkin seperti itu saja pembahasan terkait kode OTP atau kode verifikasi JKN Mobile tidak masuk yang dapat kodebpjs.com sajikan lengkap dari penyebab beserta cara mengatasi. Semoga dengan adanya pembahasan terkait kode verifikasi gagal masuk di atas bisa bermanfaat, terutama peserta / pengguna JKN Mobile yang alami masalah serupa.