Tidak Bisa Daftar JKN Mobile : 7 Penyebab & Cara Mengatasi

Tidak Bisa Daftar JKN MobileĀ – Sebagai peserta BPJS Kesehatan baik Mandiri maupun Keluarga kalian bisa memanfaatkan aplikasi bernama JKN Mobile. Melalui aplikasi ini segala layanan BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara Online tanpa harus datang ke Kantor.

Hadirnya JKN Mobile memang begitu memudahkan setiap peserta dalam melakukan cek tagihan, pembayaran tagihan hingga membuat pengajuan naik kelas BPJS Kesehatan. Namun jika ingin menggunakan aplikasi ini kalian wajib melakukan registrasi terlebih dahulu.

Bicara soal JKN Mobile, penting diketahui bahwa beberapa peserta BPJS Kesehatan mengaku tidak bisa daftar aplikasi JKN Mobile. Dengan begitu, artinya peserta tidak bisa menikmati layanan tersebut untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan.

Nah, bagi kalian yang mungkin sedang mengalami masalah serupa, kami telah menyiapkan pembahasan lengkap seputar penyebab hingga cara mengatasi masalah tidak bisa daftar JKN Mobile. Supaya lebih jelas kalian bisa langsung simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Citayam

Tidak Bisa Daftar JKN Mobile

Tidak Bisa Daftar JKN Mobile

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut perlu diketahui bahwa untuk daftar JKN Mobile setiap peserta BPJS Kesehatan wajib memenuhi segala persyaratannya. Ketika ada satu saja syarat yang tidak terpenuhi maka registrasi JKN Mobile tidak akan berhasil.

Bukan hanya itu, untuk mendaftar layanan ini para peserta juga perlu memiliki smartphone Android atau iOS yang sudah mendukung spesifikasi memadai untuk menjalankan aplikasi JKN Mobile. Untuk saat ini aplikasi JKN Mobile bisa dioperasikan pada Android versi 4.3 keatas dan versi 10.0 keatas untuk iOS.

Lalu apa jadinya ketika semua syarat sudah dipenuhi tapi pendaftaran JKN Mobile tetap saja tidak berhasil? Jika demikian, artinya ada beberapa faktor yang mungkin menjadi alasan gagalnya pendaftaran tersebut.

Penyebab Gagal Registrasi JKN Mobile

Penyebab Gagal Registrasi JKN Mobile

Sesuai janji diatas, berikut kami telah menyiapkan penjelasan lengkap mengenai penyebab peserta BPJS Kesehatan tidak bisa melakukan registrasi JKN Mobile. Jadi pada proses pendaftaran masing-masing peserta bakal diminta memasukkan beberapa data seperti alamat Email, NIK dan juga nomor HP.

Selain itu, koneksi internet yang digunakan juga memiliki peran penting untuk keberhasilan daftar JKN Mobile. Baiklah, daripada semakin penasaran silahkan simak beberapa penyebab tidak bisa daftar JKN Mobile dibawah ini :

1. Informasi Data Tidak Sesuai

Penyebab yang pertama mungkin bisa berasal dari informasi data pribadi seperti NIK, Alamat Rumah dan lain sebagainya tidak sesuai dengan eKTP. Penting diketahui bahwa data-data yang diminta pada saat pendaftaran harus sesuai dengan eKTP dan data yang terdaftar pada sistem BPJS Kesehatan.

2. Nomor HP Tidak Terdaftar

Selain informasi data pribadi, nomor HP juga data penting yang harus benar-benar diperhatikan jika ingin berhasil mendapatkan akun JKN Mobile. Nomor HP yang dimasukkan pada saat daftar JKN Mobile tidak boleh berbeda dengan nomor HP yang tercantum di data sistem BPJS Kesehatan.

3. Koneksi Internet Buruk

Terakhir, tidak bisa daftar JKN Mobile juga bisa terjadi ketika koneksi internet buruk atau tidak stabil. Dengan begitu, kalian akan mengalami kesulitan untuk beralih ke tahap-tahap selanjutnya hingga menyelesaikan pendaftaran. Biasanya faktor ini ditandai dengan munculnya pop-up bertuliskan “Koneksi Internet Anda sedang tidak stabil. Silahkan periksa kembali koneksi Internet Anda”.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Registrasi JKN Mobile

Cara Mengatasi Tidak Bisa Registrasi JKN Mobile

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab tidak bisa membuat akun JKN Mobile, sekarang mari kita lanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasi masalah diatas. Jadi, ketika muncul notifikasi bahwa pendaftaran JKN Mobile, maka mau tidak mau kalian harus melakukan registrasi ulang.

Supaya masalah serupa tidak terjadi lagi, maka kalian perlu memperhatikan beberapa hal ketika melakukan registrasi ulang. Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak beberapa solusi gagal daftar JKN Mobile berikut ini :

1. Masukkan Informasi Data Diri Dengan Benar

Cara pertama adalah memastikan setiap informasi data diri yang dimasukkan sudah benar. Apabila semua data yang tercantum telah sesuai, maka proses registrasi JKN Mobile bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

2. Periksa Nomor HP

Cara kedua adalah memeriksa nomor HP yang dimasukkan saat daftar JKN Mobile. Sama seperti sebelumnya, ketika nomor HP di JKN Mobile sama dengan nomor HP yang digunakan untuk daftar BPJS Kesehatan maka tidak akan ada masalah lagi ketika daftar JKN Mobile.

3. Konfirmasi Perubahan Nomor HP

Cara ketiga, khusus bagi peserta BPJS Kesehatan Keluarga yang tidak bisa daftar JKN Mobile karena nomor HP sudah tidak aktif, kalian bisa melakukan konfirmasi terlebih dahulu menggunakan aplikasi JKN Mobile salah satu anggota keluarga dengan cara sebagai berikut :

  • Buka aplikasi JKN Mobile
  • Masuk ke menu Informasi & Pengaduan
  • Buat Pengaduan dengan cara menuliskan masalah yang dialami, yaitu tidak bisa daftar JKN Mobile karena nomor HP tidak sesuai.
    Jangan lupa untuk mencantumkan data peserta BPJS Kesehatan dan nomor HP baru yang akan digunakan.
  • Jika sudah tap Kirim
  • Tidak lama kemudian akan muncul balasan dari pihak BPJS Kesehatan yang menyatakan bahwa nomor HP baru tersebut telah siap digunakan

Setelah berhasil update nomor HP BPJS Kesehatan, selanjutnya kalian tinggal melakukan registrasi ulang seperti biasa. Cara ini juga berlaku untuk mengatasi tidak bisa verifikasi nomor HP JKN Mobile.

4. Gunakan Koneksi Internet Wifi / 4G Lte

Cara terakhir untuk mengatasi masalah diatas adalah mengganti koneksi internet dengan yang lebih lancar dan stabil. Cara ini tentu berguna bagi kalian yang mengalami kegagalan saat membuat akun JKN Mobile karena koneksi internet buruk.

Itu saja penjelasan dari kodebpjs.com mengenai penyebab tidak bisa membuat akun JKN Mobile. Selain itu, diatas kami juga menjelaskan beberapa solusi untuk mengatasi masalah diatas, semoga dengan adanya pembahasan kali ini setiap peserta BPJS Kesehatan tidak perlu khawatir lagi saat gagal registrasi JKN Mobile.