√ Tidak Bisa Ganti Email JKN Mobile? Penyebab & Cara Mengatasi

Tidak Bisa Ganti Email JKN Mobile – Hadirnya layanan JKN Mobile membuat peserta BPJS Kesehatan bisa dengan mudah dalam pengaksesan kepesertaannya. Karena dengan aplikasi JKN Mobile lah Anda berbagai kepentingan atas kepesertaan dapat diakses hanya lewat HP saja.

Namun sebelum itu, para peserta yang ingin menggunakannya perlu untuk daftar JKN Mobile terlebih dahulu. Sehingga nantinya mendapat akses login ke aplikasi dan bisa menikmati fitur yang ada didalam aplikasi JKN Mobile tersebut.

Citayam

Salah satunya adalah bisa mengganti email JKN Mobile hanya lewat aplikasi, namun dengan memperhatikan beberapa syarat ketentuan yang diperlukan. Meskipun demikian terkadang ada saja pengguna JKN Mobile yang ingin ganti email justru tidak bisa.

Dalam kasus tidak bisa ganti email di JKN Mobile pastinya banyak dari Anda yang bertanya mengenai apa penyebab dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Dengan begitu, di kesempatan kali ini kami akan sajikan informasinya secara lengkap.

Tidak Bisa Ganti Email JKN Mobile

Tidak Bisa Ganti Email JKN Mobile

Kegagalan mengganti email JKN Mobile sendiri bukan hanya dialami oleh satu dua peserta BPJS Kesehatan saja yang menggunakan layanan aplikasi ini. Jadi tidak heran ada pertanyaan kenapa tidak bisa ganti email JKN Mobile muncul. Nah kami sudah rangkumkan penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Tidak Bisa Ganti Email JKN Mobile

Penyebab Tidak Bisa Ganti Email JKN Mobile

Tentu saja, agar lebih memudahkan dalam proses mengatasi permasalahan tidak bisa ganti email para pengguna aplikasi JKN Mobile perlu untuk mengetahui dahulu apa penyebab yang menjadikan kegagalannya. Dengan begitu, maka proses mengatasi akan semakin mudah.

1. Koneksi Buruk & Tidak Stabil

Penyebab pertama tidak bisa ganti email datang dari koneksi internet yang buruk dan tidak stabil. Karena seperti diketahui sendiri jika pengaksesan aplikasi JKN Mobile membutuhkan koneksi internet yang lancar.

Jika saat melakukan proses pergantian email tiba-tiba internet tidak stabil dan terputus dengan sendirinya, maka secara otomatis proses pergantian email akan tidak bisa alias gagal.

2. Email Sudah Pernah Terdaftar

Penyebab kedua tidak bisa ubah email dikarenakan alamat email pengganti yang akan dimasukkan sudah pernah didaftarkan di aplikasi JKN Mobile. Hal itu dikarenakan sistem masih menyimpan data email tersebut.

3. Sistem Error / Maintenance

Penyebab ketiga tidak bisa ganti email juga akibat dalam proses mengganti bertepatan dengan sistem error atau sedang ada maintenance. Untuk masalah sistem, tidak hanya gagal dalam ganti email melainkan untuk login saja tidak bisa.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Ganti Email JKN Mobile

Cara Mengatasi Tidak Bisa Ganti Email JKN Mobile

Setelah mengidentifikasi atau mengetahui penyebab dari masalah tidak bisa ganti email di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Dengan mengetahui masalah ini menjadikan, semakin mudah penanganannya.

1. Cek Koneksi Internet

Jika gagal ubah email JKN Mobile karena koneksi buruk, maka Anda bisa mengganti koneksi internet yang terhubung ke perangkat kemudian mencoba proses pergantian kembali. Anda bisa gunakan koneksi internet rumah atau paket data dalam pengaksesan aplikasi JKN Mobile.

2. Pastikan Gunakan Email Lain

Namun jika gagal ubah email JKN Mobile dikarenakan email sudah terdaftar atau pernah dipakai sebelumnya maka solusi paling tepat adalah dengan cara mengetahui email yang terdaftar terlebih dahulu dan memastikan jika email baru pengganti belum sama sekali didaftarkan ke dalam aplikasi JKN Mobile.

3. Tunggu Sistem Kembali Normal

Lalu saat gagal ganti email karena sistem error atau sedang ada pemeliharaan sistem, maka tidak ada cara lain selain menunggu sistem kembali pulih / normal. Anda hanya perlu menunggu sistem normal dan kembali mencoba untuk cara mengganti email JKN Mobile.

4. Hapus Cache Aplikasi JKN Mobile

Selain beberapa cara atasi tidak bisa ganti email di atas, Anda juga bisa mencobanya dengan melakukan hapus cache aplikasi. Barang kali aplikasi terlalu banyak cache yang menumpuk sehingga saat lakukan ganti email alami kegagalan.

5. Hubungi Call Center BPJS Kesehatan

Namun jika beberapa cara mengatasi tidak bisa mengganti email JKN Mobile di atas tetap saja tidak berhasil, maka Anda bisa mencoba untuk menghubungi pihak BPJS Kesehatan lewat call center BPJS Kesehatan dan mempertanyakannya. Untuk info kontak BPJS bisa lihat di bawah ini:

  • Call Center : 1500400
  • Care Center : 165
  • Website Resmi : bpjs-kesehatan.go.id
  • Layanan Keluhan : sipp.bpjs-kesehatan.go.id/sipp
  • Twitter : @BPJSKesehatanRI
  • Facebook : @BPJSKesehatanRI
  • Instagram : @bpjskesehatan_ri

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan terkait masalah tidak bisa ganti email JKN Mobile yang bisa kodebpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi penyebab serta solusi atasi tidak bisa ganti email di atas bisa bermanfaat untuk semua.

Sumber Gambar : kompasiana.com, kaltimtoday.co, cnbcindonesia.com