Jam Akses Tidak Sesuai Mobile JKN? Begini Cara Mengatasinya!

Jam Akses Tidak Sesuai Mobile JKN – Sejak hadir nya aplikasi JKN Mobile, kini para peserta BPJS Kesehatan bisa mengakses beberapa fitur secara lebih praktis. Aplikasi JKN Mobile bisa di download secara gratis melalui Google Play Store dan App Store.

Pada aplikasi JKN Mobile terdapat banyak fitur yang bakal memudahkan pengguna untuk mendapatkan layanan BPJS Kesehatan, mulai dari cek status peserta, cek iuran, merubah data peserta dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Bicara soal penggunaan aplikasi JKN Mobile, pernahkah kalian mendapati permasalahan berupa jam akses tidak sesuai? Akhir-akhir ini beberapa pengguna aplikasi JKN Mobile kerap mengalami masalah tersebut.

Untuk kalian yang juga mengalaminya dan belum tahu bagaimana cara mengatasi jam akses tidak sesuai, silahkan simak informasi di bawah ini untuk mengetahui  penyebab sekaligus cara mengatasinya.

Citayam

Jam Akses Tidak Sesuai Mobile JKN

Jam Akses Tidak Sesuai JKN Mobile

Seperti kami sebutkan diatas bahwa melalui aplikasi JKN Mobile kini para peserta bisa mengganti Email, nomor HP dan berbagai data lainnya tanpa harus pergi ke Kantor BPJS Kesehatan. Bukan hanya  itu, JKN Mobile juga mendukung fitur untuk ubah Faskes Dokter Gigi, Dokter Mata maupun Dokter Umum.

Sementara itu, penggunaan aplikasi JKN Mobile ternyata juga tidak bisa lepas dari yang namanya masalah. Ya, pengguna aplikasi ini kerap kali mengalami permasalahan berupa JKN Mobile tidak bisa ganti Email, tidak bisa menambah peserta hingga aplikasi JKN Mobile tidak bisa Login dan dibuka sama sekali.

Membahas soal masalah  dalam penggunaan aplikasi JKN Mobile, belum lama ini kami menerima pertanyaan dari salah satu pengguna aplikasi JKN Mobile mengenai bagaimana cara mengatasi jam akses JKN Mobile tidak sesuai.

Dampak dari masalah  tersebut adalah aplikasi JKN Mobile tidak bisa di akses untuk sementara waktu. Sementara itu, perlu diketahui juga bahwa aplikasi JKN Mobile memiliki jam operasional atau  jam akses selama 24 jam.

Jika demikian, kenapa bisa ada kendala jam akses tidak sesuai? Terkait masalah tersebut, kami telah merangkum beberapa faktor yang mungkin menjadi alasan jam akses JKN Mobile tidak sesuai, antara lain :

1. Zona Waktu Tidak Sesuai

Penyebab pertama mungkin berasal dari pengaturan Zona Waktu di smartphone kalian yang tidak sesuai. Pada setiap perangkat Seluler pastinya kalian bisa mengubah zona waktu, jam, tanggal dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengakses JKN Mobile kalian harus menggunakan Zona Waktu yang berlaku di Indonesia. Sedangkan untuk jam nya kalian perlu menyesuaikan lokasi kalian, sebab di Indonesia sendiri terdapat 3 (tiga) Zona Waktu, yaitu WIB, WIT dan WITA.

Kalian bisa mengganti settingan tersebut melalui menu Pengaturan di smartphone. Setelah pengaturan Zona Waktu sesuai, maka masalah jam akses JKN Mobile tidak sesuai nantinya bakal segera teratasi.

2. Jam Operasional Layanan Sudah Tutup

Selain itu, masalah diatas juga bisa terjadi ketika layanan JKN Mobile yang ingin digunakan sudah tutup. Ya, meskipun JKN Mobile memiliki jam akses selama  24 jam, nyatanya ketentuan tersebut hanya berlaku untuk layanan yang tidak membutuhkan bantuan sistem maupun petugas BPJS Kesehatan, seperti cek iuran, cek lokasi Faskes dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk layanan ubah data peserta, pendaftaran rawat inap dan sejenisnya dapat dilakukan selama jam operasional Kantor BPJS Kesehatan dan Faskes yang dituju. Oleh karena itu, jika memang jam akses tidak sesuai disebabkan oleh faktor tersebut, maka kalian bisa menunggu keesokan hari nya untuk memperoleh jam akses dari layanan JKN Mobile.

3.  Server JKN Mobile Sedang Sibuk

Sedangkan untuk penyebab terakhir dari masalah diatas adalah server dari aplikasi JKN Mobile memang sedang sibuk. Dengan begitu, untuk sementara waktu aplikasi tersebut tidak bisa diakses. Tidak ada solusi untuk penyebab yang satu ini selain menunggu sampai server JKN Mobile kembali normal.

KESIMPULAN

Jadi seperti itulah pembahasan dari Kodebpjs.com mengenai masalah jam akses tidak sesuai di JKN Mobile. Diatas kami juga menjelaskan penyebab dan cara mengatasi permasalahan tersebut. Dengan adanya informasi diatas, kami harap kalian para pengguna JKN Mobile tidak perlu panik lagi jika suatu saat mengalami masalah jam akses tidak sesuai.

sumber gambar :

  • Pakaibpjs.com
  • tribunnews.com