Menu JKN Mobile Terkunci, Penyebab & Cara Mengatasi

Menu JKN Mobile Terkunci – Sebagai peserta BPJS Kesehatan, tentu kalian sudah tidak asing dengan aplikasi bernama JKN Mobile. Ya, aplikasi tersebut siap membantu segala urusan yang berkaitan dengan program BPJS Kesehatan.

Ada banyak fitur yang tersedia di aplikasi JKN Mobile, diantaranya cek lokasi Faskes terdekat, mengubah data peserta, menambahkan anggota dan lain sebagainya. Tapi apa jadinya ketika menu-menu di JKN Mobile terkunci dan tidak bisa digunakan?

Belum lama ini kami menerima pertanyaan terkait masalah menu di JKN Mobile muncul ikon Gembok (terkunci) yang mengakibatkan menu-menu tersebut tidak bisa diakses. Hanya ada beberapa menu JKN Mobile yang tidak terkunci.

Untuk kalian yang mungkin sedang mengalami masalah serupa, silahkan ikuti pembahasan di bawah ini mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Citayam

Menu JKN Mobile Terkunci

Menu JKN Mobile Terkunci

Seperti kami sebutkan diatas bahwa JKN Mobile merupakan sebuah aplikasi yang memudahkan para peserta BPJS Kesehatan dalam mengurus segala sesuatu terkait program tersebut. Di aplikasi ini tersedia beberapa menu utama, salah satunya adalah menu untuk mengubah data peserta.

Dengan begitu, peserta bisa mengganti Email BPJS Kesehatan yang sudah terdaftar tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan setempat. Bahkan menu tersebut juga bisa digunakan untuk mengganti nama bayi BPJS Kesehatan. Selain itu, JKN Mobile juga menyediakan menu-menu lain yang tidak kalah penting, diantaranya pendaftaran peserta baru, menambahkan anggota BPJS Kesehatan dan lain sebagainya.

Mengingat begitu bermanfaat nya aplikasi ini bagi para peserta BPJS Kesehatan, tentunya ketika layanan ini bermasalah banyak pengguna yang terus mencari tahu bagaimana solusinya. Beberapa masalah yang cukup sering terjadi pada aplikasi ini adalah tidak bisa Login, tidak bisa mengganti Email, tidak bisa verifikasi nomor HP hingga yang terjadi belakangan ini, yaitu menu di JKN Mobile terkunci.

Jadi, beberapa pengguna JKN Mobile mengaku bahwa sebagian besar menu yang terdapat di aplikasi tersebut muncul ikon Gembok. Dampaknya, pengguna tidak bisa mengakses menu-menu tersebut yang pastinya bakal menghambat proses perubahan data, cek status registrasi, cek tagihan BPJS Kesehatan dan lain sebagainya.

Disamping itu, ada juga yang menambahkan bahwa di aplikasi JKN Mobile hanya ada 3 (tiga) menu yang tidak terkunci, diantara adalah menu Info Program JKN, Info Lokasi Faskes dan Info Ketersediaan Tempat Tidur.

Sebagai informasi, ketiga menu tersebut tidak begitu berpengaruh di aplikasi JKN Mobile, sebab peserta bisa langsung menghubungi Call Center atau Faskes BPJS Kesehatan terdekat yang mungkin sudah menjadi rujukan peserta pada saat mendaftar BPJS Kesehatan.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika menu JKN Mobile tidak bisa dibuka? Apa yang menyebabkan menu-menu di dalamnya terkunci? Langsung saja simak informasi tentang penyebab dan cara mengatasi menu JKN Mobile terkunci di bawah ini :

1. Belum Punya Akun

Pertama, kendala seperti diatas bisa terjadi apabila kalian belum memiliki akun JKN Mobile. Jadi, perlu diketahui bahwa aplikasi tersebut tidak mungkin bisa diakses apabila kalian belum memiliki akun.

Mungkin beberapa pengguna mengira bahwa aplikasi JKN Mobile akan otomatis terkait dengan data peserta BPJS Kesehatan, tapi ternyata hal itu tidak benar. Sebagai solusinya, kalian hanya perlu mendaftar JKN Mobile melalui aplikasi yang sudah di install pada smartphone.

2. Belum Verifikasi Akun

Kemudian masalah menu JKN Mobile terkunci juga masih bisa muncul setelah peserta melakukan registrasi akun JKN Mobile. Penyebab nya adalah akun yang terdaftar belum melalui tahap verifikasi Email.

Jadi, setiap pemilik akun JKN Mobile nantinya bakal diarahkan untuk melakukan verifikasi. Dari pihak JKN Mobile nantinya akan mengirim link verifikasi ke Email peserta yang digunakan untuk membuat akun tersebut.

Apabila kalian belum melakukan proses tersebut sehingga mengakibatkan menu di aplikasi terkunci, maka silahkan cek Kotak Masuk Email dan buka Email dari JKN Mobile untuk melakukan verifikasi. Jika ternyata link sudah expired, maka ikuti instruksi untuk meminta ulang link verifikasi akun JKN Mobile.

3. Akun JKN Mobile Logout

Selain beberapa faktor diatas, masalah ini juga bisa terjadi ketika kalian Logout dari aplikasi JKN Mobile. Proses Logout biasanya dilakukan demi alasan keamanan, tapi bisa juga aktivitas Logout terjadi secara tidak disengaja.

Misal, smartphone yang digunakan untuk mengakses JKN Mobile telah dilakukan pembersihan Cache atau bahkan data aplikasi. Dengan begitu, beberapa aplikasi yang sebelumnya masih Login, nantinya bakal Logout otomatis.

Lalu tanpa menyadari hal tersebut, kalian membuka aplikasi JKN Mobile dan mendapati beberapa menu terkunci. Sebagai solusinya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Buka menu yang terkunci
  • Ketuk tombol Masuk / Login
  • Masukkan data Login yang terdiri dari Jenis Identitas, NIK, Password dan Kode Captcha. 
  • Terakhir, klik Masuk

Setelah berhasil Login, maka semua menu di JKN Mobile yang tadinya terkunci sekarang sudah bisa diakses kembali seperti biasa.

4. Aplikasi Mengalami Bug

Sedangkan untuk penyebab yang terakhir adalah terjadi Bug dari sistem aplikasi JKN Mobile. Untuk faktor yang satu ini bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika kalian sudah punya akun dan dalam keadaan Login di aplikasi.

Untuk mengatasinya kami tidak punya cara pasti, karena hal ini mutlak berasal dari sistem. Meski begitu, kalian bisa mencoba melakukan beberapa aktivitas ini yang mungkin bisa menjadi solusi masalah diatas :

  • Restart smartphone
  • Lakukan Re-Login (Logout kemudian Login kembali)
  • Hapus Cache aplikasi JKN Mobile melalui menu Setelan

Apabila ketiga cara tersebut tidak membuahkan hasil, maka mau tidak mau kalian harus menunggu sampai Bug tersebut selesai diperbaiki oleh sistem. Proses ini bisa memakan waktu antara 1 jam sampai 1 hari, tergantung dari Bug atau masalah yang dialami.

KESIMPULAN

Itu dia penjelasan dari tim Kodebpjs.com terkait masalah menu JKN Mobile tidak bisa dibuka. Perlu diketahui bahwa kasus seperti itu cukup sering dialami pengguna JKN Mobile akhir-akhir ini.

Sementara itu, diatas kami juga menjelaskan mengenai penyebab hingga cara mengatasi masalah tersebut. Jadi, untuk kalian yang mungkin mendapati masalah diatas tidak perlu khawatir, silahkan buka artikel ini untuk menanganinya.

sumber gambar :

  • Channel Youtube UTR net