5 Cara Mengisi Formulir 1a BPJS Ketenagakerjaan 2020

Cara Mengisi Formulir 1a BPJS ketenagakerjaan – Mengisi sebuah formulir mungkin akan menjadi hal biasa bagi anda yang akan menjadi peserta baru. Nah pada BPJS Ketenagakerjaan sendiri pendaftaran atau perubahan data pekerja bagi peserta penerima umpah dan bukan penerima upah ada di formulir 1a.

Lalu bagaimana cara mengisinya? Berikut akan kodebpjs.com sampaikan informasi mengenai cara mengisi formulir di ulasan ini. Sebenarnya dalam cara pengisian formulir ini sendiri tidak terlalu rumit atau bisa dikatakan sangat mudah, karena nantinya hanya mengisi sebuah data diri saja.

Formulir yang digunakan untuk pendaftaran atau perubahan data diri peserta ini anda bisa dapatkan disini dengan cara download dan mencetaknya. Atau bisa juga dapatkan secara langsung di kantor BPJS Ketenagakerjaan di domisili tempat anda tinggal.

Setelah mendapatkan sebuah formulir 1a tersebut, maka anda sudah bisa mulai langsung ke tahap pengisian. Namun untuk bisa lebih berjalan lancar anda harus mempersiapkan persyaratan dokumen seperti KTP, KK dan lain-lainnya.

Cara Mengisi Formulir 1a BPJS Ketenagakerjaan Terlengkap dan Terbaru

Cara Mengisi Formulir 1a BPJS Ketenagakerjaan Terlengkap dan Terbaru

Untuk anda yang penasaran dan ingin tahu cara mengisi formulir BPJS Ketenagakerjaan tersebut. Akan disampaikan di bawah ini, jadi terus ikuti ulasan ini sampai akhir agar anda paham dan jelas cara mengisinya.

Cara Mengisi Formulir 1a BPJS Ketenagakerjaan

Dalam pengisian formulir ini sendiri nantinya anda akan diberikan sebuah formulir dengan beberapa bagian diantaranya bagian I dan bagian II. Dimana dalam mengisinya harus dilakukan secara teliti dan lengkap.

Bagian I : IDENTITAS DATA TENAGA KERJA

IDENTITAS DATA TENAGA KERJA

Pada bagian ini nantinya anda akan mengisi sebuah identitas data tenaga kerja dari Nama badan Usaha, Nomor Pendaftaran Pemberi Kerja, Nomor Induk Kependudukan atau data diri secara lengkap sampai menyertakan nomor HP dan alamat email aktif. Anda wajib untuk mengisi bagian ini secara lengkap.

Bagian II : SUSUNAN ANGGOTA KELUARGA/SUSUNAN AHLI WARIS

SUSUNAN ANGGOTA KELUARGA SUSUNAN AHLI WARIS

Untuk bagian selanjutnya ini para tenaga kerja akan diminta untuk mengisi susunan keluarga atau susunan ahli waris. Susunan tersebut terdiri dari suami/istri, anak, dan orang tua, isi secara lengkap data tersebut dari NIK, nama anggota, tanggal lahir, jenis kelamin dan keterangannya.

Syarat Diperlukan Mengisi Formulir 1a BPJS Ketenagakerjaan

Syarat Diperlukan Mengisi Formulir 1a BPJS ketenagakerjaan

Untuk bisa berjalan lancar dalam mengisi formulir tersebut, maka anda harus menyiapkan data dan dokumen diperlukan. Data tersebut tidak terlalu sulit untuk dilengkapi seperti menyiapkan:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Nomor telepon.
  • Alamat email aktif.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Nomor Induk Pegawai/Karyawan.
  • Nomor Paspor untuk tenaga kerja asing.
  • Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan atau KPJ jika anda ingin melakukan perubahan data.

FAQ

1. Berapa Iuran BPJS Ketenagakerjaan?

Untuk peserta penerima upah yaitu sebesar 2 % dari besaran gaji. Sedangkan untuk peserta bukan penerima upah sebesar 1 %.

2. Siapa Saja Peserta Bukan Penerima Upah?

Yaitu para pekerja yang melakukan kegiatan usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan usahanya.

3. Program BPJS Ketenagakerjaan?

Ada program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP).

Mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk anda semua mengenai cara mengisi formulir 1a pada BPJS Ketenagakerjaan. Dimana caranya sangat mudah sama seperti CARA MENGISI FORMULIR 7B BPJS KETENAGAKERJAAN dimana terlebih dahulu untuk melengkapi persyaratan ketentuan agar anda tidak bingung dalam melengkapinya.