7 Cara Membatalkan Antrian Online Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan

Cara Membatalkan Antrian Online Lapak Asik – Sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, tentunya kalian mempunyai saldo tabungan JHT (Jaminan Hari Tua). Tabungan tersebut bisa dicairkan setelah kalian berhenti menjadi karyawan di Perusahaan terkait.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencairkan saldo JHT, salah satunya adalah melalui Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan. Pada proses pencairan JHT lewat Lapak Asik, kalian diwajibkan untuk meminta nomor Antrian Online terlebih dahulu.

Nantinya setelah tiba giliran, data pengajuan klaim JHT kalian bakal di proses oleh petugas untuk kemudian ada perintah lanjutan ke tahap pencairan. Namun perlu diketahui bahwa terkadang karena satu dan lain hal, peserta harus membatalkan Antrian Online Lapak Asik.

Mungkin banyak dari kalian yang berada di posisi tersebut tapi belum tahu seperti apa cara membatalkan Antrian Online Lapak Asik. Tenang, berikut ini kami telah menyiapkan penjelasan lengkap terkait proses pembatalan nomor Antrian Online Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan.

Citayam

Alasan Membatalkan Antrian Online Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan

Bagi yang belum tahu, Lapak Asik merupakan situs khusus dari BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki fungsi sebagai layanan pencairan JHT para peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pada proses pencairan JHT lewat Lapak Asik masing-masing peserta wajib mendapatkan nomor Antrian Online terlebih dahulu yang nantinya berguna untuk sebagai nomor urut ketika pencairan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan terdaftar.

Cara mencairkan JHT di Lapak Asik tentu saja dilakukan untuk memudahkan proses pencairan JHT. Selain itu, di Lapak Asik para peserta juga bisa mendapatkan nomor Antrian Online sehingga tidak perlu lagi repot-repot antri di Kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat hanya untuk mengambil nomor antri.

Namun seperti kami sebutkan diatas bahwa terkadang karena beberapa alasan, peserta pencairan JHT di Lapak Asik perlu membatalkan Antrian Online. Biasanya cara tersebut dilakukan karena beberapa alasan berikut ini :

1. Dokumen / Data Kurang Lengkap

Pertama, data maupun dokumen yang digunakan sebagai berkas pengajuan klaim JHT ada yang kurang lengkap. Dengan begitu, peserta perlu membatalkan Antrian Online terlebih dahulu guna proses kelengkapan dokumen persyaratan.

2. Lokasi Kantor Terlalu Jauh

Kedua, setelah mendapatkan nomor Antrian Online nantinya peserta bakal menerima Email khusus berisi keterangan jadwal pencairan, mulai dari tanggal hingga tempat pengambilan dana JHT. Nah, apabila lokasi pengambilan terlalu jauh dari lokasi, biasanya peserta memilih untuk membatalkan Antrian Online tersebut dan langsung mengurusnya di Kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

3. Membatalkan Pencairan Saldo JHT

Sedangkan alasan ketiga sekaligus yang terakhir dari cara membatalkan Antrian Online Lapak Asik adalah mengurungkan niat untuk mencairkan tabungan Jaminan Hari Tua. Jadi, misal kalian sebelumnya berniat mencairkan saldo JHT lewat Lapak Asik dan sudah berhasil mendapatkan nomor Antrian Online, tapi tiba-tiba kalian ingin mengurungkan niat tersebut, dengan begitu kalian perlu membatalkan Antrian Online tersebut sebelum diproses oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Membatalkan Antrian Online Lapak Asik

Cara Membatalkan Antrian Online Lapak Asik

Sampai disini kalian sudah tahu apa saja penyebab para peserta BPJS Ketenagakerjaan perlu membatalkan Antrian Online Lapak Asik terkait prosedur klaim Jaminan Hari Tua. Selanjutnya, kami bakal menjelaskan seperti apa cara mengajukan pembatalan Antrian Online Lapak Asik.

Sebelum itu perlu diketahui bahwa proses pembatalan nomor antri dari Lapak Asik hanya bisa dilakukan apabila nomor antrian yang dimiliki masih berlaku. Informasi terkait masa berlaku atau masa aktif Antrian Online bisa dilihat melalui Email yang diperoleh sesaat setelah pengajuan Antrian Online diterima.

Apabila tidak ada masalah dengan syarat yang berlaku, sekarang silahkan simak beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengajukan pembatalan nomor Antrian Online Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan berikut ini :

1. Lewat Call Center Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan

Cara pertama untuk mengajukan pembatalan Antrian Online adalah menghubungi Call Center dari Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan yang tercantum di Email Antrian Online. Jadi, pada Email tersebut kalian bakal menerima informasi dimana lokasi Kantor Cabang tempat mengurus pencairan JHT.

Biasanya pada pesan tersebut juga tersedia informasi Kontak Pelayanan dari Kantor BPJS Ketenagakerjaan terkait, silahkan hubungi kontak yang tersedia lalu sampaikan perihal berikut ini :

  • Setelah tersambung dengan petugas, silahkan sampaikan bahwa kalian ingin membatalkan Antrian Online yang sebelumnya sudah diperoleh dari Lapak Asik
  • Selanjutnya petugas bakal menanyakan masa aktif serta alasan kalian ingin membatalkan antrian tersebut
  • Setelah memperoleh alasan yang valid, nantinya petugas bakal membantu proses pembatalan nomor urut tersebut
  • Apabila Antrian Online sudah berhasil dibatalkan, selanjutnya kalian tinggal melengkapi dokumen yang belum dimasukkan atau proses lainnya yang berkaitan dengan alasan kalian membatalkan Antrian Online Lapak Asik.

2. Lewat Call Center BPJS Ketenagakerjaan Pusat

Kemudian untuk cara kedua adalah menghubungi langsung Call Center Pusat BPJS Ketenagakerjaan. Sama seperti cara sebelumnya, disini kalian hanya perlu berbicara dengan petugas untuk menyampaikan perihal pembatalan nomor urut Online di Lapak Asik.

Selanjutnya, petugas yang menerima panggilan bakal membantu proses pembatalan tersebut dengan cara mengirimkan pengaduan tersebut ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan yang sebelumnya mengurus data kepesertaan kalian, mulai dari tahap registrasi hingga saat ini.

Apabila cara ini sudah berhasil, nantinya kalian bakal menerima Email khusus yang menyatakan bahwa Antrian Online sudah dibatalkan. Begitu juga sebaliknya, ketika ada sesuatu yang mengakibatkan proses pembatalan tidak bisa dilakukan, pada Email tersebut bakal muncul penyebab serta cara mengatasinya.

Demikianlah informasi dari tim kodebpjs.com mengenai cara mengajukan pembatalan nomor urut Online Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan. Sekali lagi kami tegaskan bahwa proses membatalkan Antrian Online biasanya dilakukan karena satu dan lain hal dimana masing-masing peserta mungkin punya alasan tersendiri. Intinya, cara diatas berguna untuk mengajukan pembatalan nomor urut terkait proses pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan supaya nantinya bisa mengajukan ulang nomor antri di Lapak Asik setelah urusan selesai.