5 Cara Mengecek Iuran BPJS Kesehatan yang Sudah Dibayar

Cara Mengecek Iuran BPJS Kesehatan yang Sudah Dibayar – BPJS Kesehatan merupakan sebuah program pemerintah yang sasarannya seluruh masyarakat Indonesia. Dengan adanya program ini nantinya para peserta BPJS Kesehatan akan mendapat jaminan dan terlindungi kesehatannya.

Namun pada kesempatan kali ini kodebpjs.com akan menyampaikan sebuah informasi mengenai cara mengecek iuran BPJS Kesehatan yang sudah dibayar. Tidak sedikit para peserta BPJS Kesehatan terkadang setelah melakukan pembayaran iuran BPJS tersebut lupa apakah sudah di bayarkan apa belum.

Nah, masalah tersebutlah yang nantinya akan merasa was-was dan selalu terpikirkan, seperti yang anda ketahui sendiri jika tidak di bayarkan iuran tersebut nantinya peserta BPJS Kesehatan akan terkena denda. Dengan begitu untuk tidak kelupaan walaupun sudah di bayarkan, peserta harus mengeceknya lagi.

Memang manusia tidak ada yang sempurna dan pasti ada juga kelupannya, salah satunya masalah seperti yang akan di bahas kali ini yaitu mengecek sebuah iuran BPJS Kesehatan yang sudah dibayarkan. Dalam mengecek iuran BPJS Kesehatan sendiri cukup terbilang mudah karena bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Cara Mengecek Iuran BPJS Kesehatan yang Sudah Dibayar Secara Online Terbaru

Cara Mengecek Iuran BPJS Kesehatan yang Sudah Dibayar

Penasaran akan cara mengecek iuran BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan apa saja, berikut akan kodebpjs.com sampaikan informasinya di bawah ini. Jadi terus simak ulasan berikut ini sampai akhir.

Cara Mengecek Iuran Lewat Aplikasi JKN

Cara Mengecek Iuran Lewat Aplikasi JKN

Cara mudah yang pertama untuk bisa mengecek iuran BPJS Kesehatan apakah sudah di bayarkan namun masih merasa kelupaan, peserta bisa melakukan dengan sebuah aplikasi JKN Mobile. Berikut langkah-langkah mudah mengeceknya:

  • Langkah pertama pastikan di HP/ponsel para peserta sudah terdapat aplikasi JKN Mobilenya. Jika belum unduh di Play Store untuk android dan App Store untuk iOS.
  • Nah jika yang sudah ada langsung saja login, bagi para pengguna baru langsung saja pilih Pendaftaran Peserta Baru.
  • Jika sudah mendaftar dan bisa login ke aplikasi JKN tersebut maka anda sudah bisa mulai mengecek iuran BPJS Kesehatan yang sudah di bayar.
  • Setelah itu anda akan diberikan sebuah tampilan layar utama, kemudian langsung saja pilih menu Tagihan untuk bisa mengecek apakah iuran sudah di bayarkan apa belum.

Cara mengecek iuran lewat aplikasi JKN Mobile sangatlah mudah dan yang jelas sangat praktis. Selain untuk mengecek iuran, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan sebuah informasi lain mengenai kepesertaan BPJS Kesehatan milik anda.

Cara Mengecek Iuran BPJS Kesehatan yang Sudah Dibayar Lewat Situs

Cara Mengecek Iuran BPJS Kesehatan yang Sudah DiBayar Lewat Situs

Untuk cara kedua juga tidak kalah mudahnya saat mengecek sebuah iuran BPJS Kesehatan, dimana anda hanya perlu menyiapkan perangkat seperti HP, Laptop atau komputer yang sudah tersambung dengan koneksi internet saja. Berikut cara mudah mengecek lewat situs resmi atau website BJS Kesehatan:

  • Langkah pertama yaitu para peserta yang ingin mengecek iuran BPJS Kesehatannya hanya perlu masuk aplikasi browser di perangkat.
  • Langsung saja buka laman https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/.
  • Setelah itu anda akan di bawa ke menu tampilan utama.
  • Lanjut dengan pilih menu Cek Iuran BPJS Kesehatan yang berada di bagian kanan.
  • Setelah itu peserta akan diminta memasukkan form pengecekan seperti nomor kartu BPJS, tanggal lahir, dan angka validasi.
  • Jika sudah dimasukkan dan sudah benar, lalu klik Cek.
  • Terakhir pada layar akan menunjukan sebuah informasi mengenai pembayaran iuran.

Cara Mengecek Iuran Lewat SMS

Cara Mengecek Iuran Lewat SMS

Untuk cara yang ketiga juga tidak kalah mudahnya dengan dua cara mengecek iuran BPJS diatas. Dimana dalam mengecek iuran pada BPJS Kesehatan ini sangatlah mudah, yaitu dengan cara mengirim sebuah pesan SMS. Berikut langkah mudah mengecek iuran secara offline atau melalui SMS:

  • Langkah pertama yaitu anda hanya perlu menyiapkan sebuah HP/ponsel dan nomor HP.
  • Setelah itu langsung saja masuk ke menu pesan dan tuliskan format Tagihan(spasi)Nomor Peserta BPJS Kesehatan milikĀ anda.

Contoh : Tagihan 1234567XXXXX

  • Setelah itu langsung saja, kirim ke 0877 7550 0400.

Tunggu sebentar sampai ada sebuah pesan masuk dari pihak BPJS Kesehatan mengenai informasi iuran apakah sudah dibayarkan atau belum. Jika belum maka akan muncul sebuah besaran tagihan yang harus dibayarkan.

Cara Mengecek Iuran Lewat Call Center

Cara Mengecek Iuran Lewat Call Center

Untuk bisa mengecek iuran BPJS Kesehatan selanjutnya anda bisa lakukan dengan cara mengeceknya lewat call center. Cara ini anda hanya bisa memerlukan sebuah perangkat HP saja untuk bisa memulai panggilan, langsung saja ke menu dial dan masukkan nomor call Center 1500 400 dari BPJS Kesehatan.

Selain itu anda juga bisa datang BPJS Kesehatan Mobile Customer Service (MCS), dan mengecek iuran di Mal Pelayanan Publik (MPP) di kota anda. Hanya saja cara mengecek dengan datang ke Mal Pelayanan Publik sedikit memakan waktu dan terbilang kurang praktis.

Itulah cara mudah melakukan sebuah pengecekan iuran BPJS Kesehatan yang sudah di bayar, salah satu cara mudahnya yaitu anda bisa menggunakan aplikasi JKN Mobile. Namun sebelum bisa mengecek iuran menggunakan aplikasi JKN Mobile anda harus terlebih dahulu mengetahui cara daftar JKN Mobile.

Mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan mengenai cara mengecek iuran BPJS Kesehatan baik lewat aplikasi, SMS, website resmi dan call center. Semoga informasi mengenai cara mengecek tersebut bisa berguna bagi anda para peserta yang terkadang sering kelupaan apakah sudah membayarkan iuran BPJS kesehatannya apa belum.