10 Cara Mengubah Nama Bayi BPJS di JKN Mobile, Hanya 5 Menit!!

Advertisements

Cara Mengubah Nama Bayi BPJS di JKN Mobile – Sebagai ibu Hamil yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, kalian bisa mendaftarkan calon Bayi untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Dengan cara ini, perlindungan maupun perawatan kesehatan dari si calon Bayi bakal lebih terjamin.

Sementara itu, proses mendaftarkan calon Bayi ke BPJS Kesehatan sekarang sudah semakin mudah, bisa dilakukan secara Online. Bicara mengenai keikutsertaan calon Bayi maupun Bayi yang baru lahir dalam program BPJS Kesehatan, kami punya informasi menarik seputar hal tersebut.

Jadi setiap Bayi baru lahir yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, Orang Tua dari Bayi tersebut harus melakukan tata cara untuk mengubah nama Bayi sesuai yang tercantum di Akte Kelahiran maupun Kartu Keluarga. Sebelum itu, nama Bayi di data BPJS Kesehatan berupa “Bayi Nyonya (Nama Ibu Kandung)” 

Advertisements

Lalu seperti apa sih cara mengubah nama Bayi BPJS Kesehatan menjadi nama sebenarnya? Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan cara tersebut? Jadi untuk mengubah nama Bayi baru lahir menjadi nama sebenarnya kalian bisa memanfaatkan aplikasi bernama JKN Mobile. Supaya lebih jelas, berikut telah kami siapkan tata cara melakukannya.

Syarat Ganti Nama Bayi BPJS di JKN Mobile

Seperti kami singgung diatas bahwa proses persalinan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan berarti Orang Tua maupun calon Bayi sudah terdaftar sebagai peserta di program tersebut. Setelah proses persalinan selesai, tentu saja Orang Tua bakal memberikan nama Bayi yang telah disiapkan sebelumnya.

Namun agar nama Bayi nantinya bisa masuk ke sistem data kepesertaan BPJS Kesehatan, para Orang Tua wajib melakukan perubahan nama. Proses ini bisa dilakukan melalui WhatsApp Pandawa BPJS Kesehatan setempat, namun terkadang cara tersebut masih cukup merepotkan. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini tim kodebpjs.com punya cara lain untuk mengubah nama Bayi BPJS Kesehatan, yaitu melalui aplikasi JKN Mobile.

Sebelum masuk ke inti pembahasan, terlebih dahulu kami ingin memberitahukan bahwa untuk mengubah nama Bayi baru lahir di JKN Mobile ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Antara lain :

  • Bayi sudah memiliki Akte Kelahiran
  • Nama Bayi sudah tercantum di Kartu Keluarga
  • Orang Tua memiliki aplikasi JKN Mobile
  • Orang Tua sudah mendaftar akun JKN Mobile

Cara Mengubah Nama Bayi BPJS di JKN Mobile

Cara Mengubah Nama Bayi BPJS di JKN Mobile

Advertisements

Selain ganti nama Bayi lewat WhatsApp Pandawa dan datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan, sekarang proses tersebut bisa dilakukan jauh lebih mudah melalui JKN Mobile, hanya 5 menit!!. Namun sekali lagi kami ingatkan bahwa untuk melakukan cara ini pastikan kalian sebagai Orang Tua sudah memenuhi semua persyaratan diatas.

Apabila semua syarat sudah dipenuhi, maka kalian bisa mengubah nama Bayi menjadi nama sebenarnya. Baiklah, daripada semakin penasaran langsung saja kita simak tata cara mengubah nama Bayi di JKN Mobile berikut ini :

1. Buka Aplikasi JKN Mobile

Buka Aplikasi JKN Mobile

Pertama-tama silahkan buka aplikasi JKN Mobile.

2. Pilih Ubah Data Peserta

Pilih Ubah Data Peserta

Setelah itu pilih Ubah Data Peserta pada halaman utama.

3. Tap Ikon Panah Kebawah

Tap Ikon Panah Kebawah

Kemudian tap ikon panah kebawah (lihat gambar diatas).

4. Pilih Bayi Nyonya

Pilih Bayi Nyonya

Pada pilihan data peserta yang muncul, silahkan pilih Bayi Nyonya (Nama Ibu Bayi). Contoh : Bayi Nyonya Gayuh Isna Aryuni.

5. Masukkan Data Pribadi

Masukkan Data Pribadi

Selanjutnya kalian akan diminta memasukkan data pribadi yang terdiri dari Nomor KK, NIK Bayi, Tanggal Lahir Bayi, Jenis Kelamin dan memasukkan Nama Bayi.

6. Masukkan Alamat

Masukkan Alamat

Setelah itu klik kolom Alamat lalu masukkan informasi alamat secara lengkap mulai dari Kelurahan, RT,RW, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi. Jika sudah tap Simpan.

7. Klik Simpan

Klik Simpan

Pada tampilan seperti gambar diatas langsung saja klik Simpan untuk melanjutkan proses mengubah nama Bayi di JKN Mobile.

8. Tap Selanjutnya

Tap Selanjutnya

Lalu pada halaman Syarat dan Ketentuan silahkan scroll kebawah, centang kotak kecil Saya Setuju. Kemudian klik Selanjutnya.

9. Masukkan Kode Verifikasi

Masukkan Kode Verifikasi

Tunggu beberapa saat, kalian akan menerima SMS berisi kode verifikasi untuk menyelesaikan proses mengubah nama Bayi baru lahir di JKN Mobile.

Setelah menerima kode tersebut, silahkan input kode verifikasi pada halaman Verifikasi Perubahan NIK. Jika sudah klik Verifikasi.

10. Berhasil Mengubah Nama Bayi di JKN Mobile

Berhasil Mengubah Nama Bayi di JKN Mobile

Berhasil Mengubah Nama Bayi di JKN Mobile 2

Sampai disini kalian sudah berhasil mengubah nama Bayi baru lahir di JKN Mobile. Klik OK untuk menampilkan hasil perubahan data tersebut.

Itu saja penjelasan dari kodebpjs.com mengenai cara mengubah nama Bayi di JKN Mobile. Melalui cara diatas, kalian hanya perlu waktu kurang lebih menit untuk mengganti nama Bayi yang baru lahir dengan nama sebenarnya. Jadi kalian tidak perlu lagi menghubungi WhatsApp Pandawa atau mendatangi kantor BPJS Kesehatan setempat untuk update data BPJS Kesehatan si Bayi.

Advertisements