5 Cara Cek Status BPJS Ketenagakerjaan Terbaru 2020

Cek Status BPJS Ketenagakerjaan – Semakin majunya perkembangan dunia teknologi pada zaman sekarang ini memudahkan anda semua untuk lebih memaksimalkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk dapat meminimalisir waktu yang terbuang sia-sia, baik itu untuk memenuhi kebutuhan ataupun keperluan pekerjaan yang mengandalkan teknologi tersebut. Seperti bpjs sendiri sangat merasakan kemajuan pada dunia teknologi ini yang memudahkan para peserta bpjs itu sendiri untuk lebih mudah untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan bpjs tinggal hanya mengandalkan smartphone atau alat pintar lainnnya dan jaringan internet yang memadai untuk melakukannya.

Hal ini sangat membantu sekali bukan??? Nah, dengan internet dan smartphone anda sudah dapat melakukannya di manapun dan kapanpun. Seperti kegiatan yang banyak memakan waktu dan tenaga terlagi jika anda ingin membayarkan iuran setiap bulannya tetapi jarak rumah anda dengan kantor cabang bpjs tersebut jauh, pasti anda sendiri merasa mager atau malas untuk melakukan pepergian maka dengan kemajuan teknologi tadi sangat bermanfaat sekali untuk anda.

Dengan lebih mudah, cepat dan sangat praktis dengan hanya menggunakan hp dan internet yang memadai tadi anda sudah dapat melakukan berbagai kegiatan seperti cara ambil nomor antrian bpjs ketenagakerjaan secara online, yang tidak perlu dan tidak harus datang ke kantor hanya untuk mengambil nomor antrian yang biasanya mengantri banyak sekali. Dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan dirumah atau dimanapun kapanpun hanya dengan melakukannya cara online seperti cara daftar bpjs online tanpa npwp, dan melakukan pembayaran iuran tiap bulannya dan untuk pegecekan lainnya seperti pengecekan saldo, pengecekan kartu bpjs ketenagakerjaan apa masih aktif atau tidak.

Untuk itu anda yang sangat malas untuk bepergian atau keluar rumah hanya untuk melakukan pembayaran ke kantor cabang bpjs terdekat, mungkin cara online cukup menjadi solusi yang tepat untuk anda. Yang terpenting terdapat jaringan internet yang memadai dan stabil untuk melakukannya proses tersebut.

 Cara Cek Status BPJS Ketenagakerjaan

Cek Status BPJS Ketenagakerjaan

Cek Status BPJS Ketenagakerjaan

Beruntungnya anda tinggal di era kecanggihan dan perkembangan dunia digital seperti sekarang adalah apa-apa semuanya dibikin online sehingga dapat lebih praktis dan memudahkan untuk melakukannya. Selain itu urusan jadi lebih cepat selesai karena hemat waktu dan waktu tentunya, salah satu yang juga dibuat online yaitu cek status BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk anda yang ingin mengetahui apa kartu bpjs ketenagakerjaan masih aktif atau tidak rupanya dapat dilakukan secara online, tidak hanya dapat dilakukan secara online saja tetapi dapat dilakukan secara offline juga. Dan bagi anda yang masih bingung cara cek status bpjs ketenagakerjaan masih aktif tidak, dapat simak terus artikel ini sampai selesai agar dapat memahaminya.

Melalui Situs Resmi

Cek status bpjs ketenagakerjaan juga bisa dilakukan juga dengan mengunjungi website bpjs ketenagakerjaan langsung yang bisa kamu lakukan menggunakan hp atau laptop maupun PC atau alat pintar lainnya. Berikut adalah langkah untuk melakukannya.

  1. Bukalah pada laman BPJS Ketenagakerjaan di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs.
  2. Jika sebelumnya anda belum memiliki akun, lakukan proses registrasi akun terlebih dahulu dengan
  3. memasukkan alamat email aktif.
  4. Jika sudah mendaftarkan diri dan memiliki akun masuklah.
  5. Pilih menu “Layanan Peserta”.
  6. Pilih menu “Tenaga Kerja” dan klik tombol masuk.
  7. Kemudian akan keluar pada layar tampilan tentang dua pilihan yaitu “BPJSTKU” dan Antrian Online”, pilihlah yang “BPJSTKU”.
  8. Masukanlah email dan kata sandi.
  9. Klik profile untuk melihat status kepesertaan bpjs ketenagakerjaan apa masih aktif atau tidak.

Melalui Aplikasi BPJSTKU

Melalui Aplikasi BPJSTKU

Melalui Aplikasi BPJSTKU

  1. Pertama install aplikasi BPJSTKU pada smartphone.
  2. Kemudian login dengan akun anda, jika belum mempunyai akun BPJSTKU anda harus membuatnya terlebih dahulu yaitu klik pada “Buat Akun” dan ikuti langkah dan petunjuk yang diarahkan oleh aplikasi.
  3. Jika sudah berhasil masuk, anda akan diberikan tampilan utama pada layar tampilan.
  4. Kemudian pilih menu profile dan masukan 6 nomor pin aplikasi yang sudah dibuat.
  5. Setelah itu anda akan dibawa ke menu status ke pesertaan bpjs ketenagakerjaan milik anda apakah masih aktif atau tidak.

Melalui SMS

Melalui SMS

Melalui SMS

Mungkin cara yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan tetapi tidak sembarang kartu dapat untuk melakukan pengecekan hanya kartu tertentu saja yang dapat melakukannya seperti telkomsel, indosat dan xl. Semoga saja kartu lainnya dapat menyusulnya agar dapat memudahkan bagi penggunanya.

  1. Pertama anda harus sudah menyiapkan hp yang sudah terdapat nomor hp anda yang masih aktif.
  2. kemudian sebelum sms, siapkan dulu KTP, kartu BPJS Ketenagakerjaan, dan tentu saja pulsa karena sms ini tidak gratis.
  3. Lalu hanya anda ketikan “STATUS TK#NO.PESERTA.
  4. Lalu kirim ke 2757, maka tidak berselang lama akan ada pemberitahuan tentang status kartu bpjs ketenagakerjaan anda.

Melalui Call Center

Untuk anda yang tidak perlu repot dan tidak perlu banyak membuang waktu maka dapat melakukan dengan cara yang satu ini yaitu anda hanya langsung menghubungi call center bpjs ketenagakerjaan pada 1500910 dengan tarif nasional, lalu petugas yang sedang berjaga akan menanyakan apa keluhan anda maka langsung bicarakan saja.

Datang Langsung (Menemui Petugas)

Jika cara di atas ternyata tidak berhasil atau dirasa kurang memuaskan, anda bisa mengecek secara langsung di kantor BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan yang di daftarkan, dengan menemui petugas langsung akan mendapatkan penjelasan yang lebih jelas dan lengkap sehingga jika kamu ada pertanyaan atau keluhan lain bisa terjawab oleh petugas.

Itulah cara cek status bpjs ketenagakerjaan semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui apakah kartu bpjs ketenagakerjaan anda masih aktif atau tidak.