10 Contoh Soal Tes BPJS Ketenagakerjaan PDF 2022

Contoh Soal Tes BPJS Ketenagakerjaan PDF – Dalam setiap instansi pasti memiliki prosedur dalam hal merekrut karyawan baru, tak terkecuali pada instansi BPJS Ketenagakerjaan. Lembaga ini juga menerapkan sistem pengetesan untuk setiap calon karyawan.

Barangkali salah satu dari kalian ada yang ingin mengikuti tes seleksi masuk BPJS Ketenagakerjaan, kami punya beberapa kisi-kisi soal tes yang mungkin bakal ditemui. Soal tes yang diberikan pada tahap seleksi penerimaan karyawan baru BPJS Ketenagakerjaan terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya Psikotes yang berisi soal-soal Pilihan Ganda, Essay dan beberapa soal Logika.

Nah, untuk contoh soal tes BPJS Ketenagakerjaan yang akan kami sajikan berikut ini adalah contoh soal Pilihan Ganda dan beberapa contoh soal Essay. Kami juga telah menyertakan jawaban dari masing-masing contoh soal.

Bahkan nantinya kami juga bakal menyajikan contoh soal dalam bentuk file PDF yang bisa di download untuk kemudian di pelajari lagi secara lebih serius. Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Citayam

Contoh Soal Tes BPJS Ketenagakerjaan PDF

Contoh Soal Tes BPJS Ketenagakerjaan PDF

Seperti kita tahu, gaji pegawai BPJS Ketenagakerjaan memang cukup menjanjikan, bahkan bisa mencapai 25 juta rupiah per bulan, tergantung dari Jabatan nya. Belum lagi, setiap pegawai juga bakal menerima beberapa Tunjangan yang semakin menambah nominal penghasilan atau paling tidak mencukupi beberapa kebutuhan.

Oleh karena itu, wajar jika setiap kali ada lowongan pekerjaan di Lembaga BUMN yang satu ini tidak pernah sepi peminat. Jumlah peserta seleksi karyawan baru BPJS Ketenagakerjaan bisa mencapai ratusan ribu orang dari seluruh Indonesia.

Sementara dalam proses seleksi karyawan atau pegawai baru, pihak BPJS Ketenagakerjaan menerapkan beberapa tahapan seleksi, diantaranya :

  • Tes Online
  • Confirmatory Test
  • Psikotest
  • FGD
  • Wawancara Psikologis
  • Medical Check Up
  • Interview User

Dari semua tahapan seleksi, ada satu tahap yang mewajibkan peserta untuk mengerjakan beberapa soal tes BPJS Ketenagakerjaan. Soal-soal ini bakal dijumpai ketika peserta mengikuti tahap seleksi Tes Online & Confirmatory.

Untuk soal TPA (Tes Potensi Akademik) nantinya berisi Pilihan Ganda, Essay, Soal Psikologi hingga Matematika Dasar. Oleh karena itu, agar kalian bisa lancar dalam mengerjakan soal-soal tersebut, di bawah ini telah kami siapkan contoh soal Tes Online BPJS Ketenagakerjaan dalam bentuk PDF beserta jawaban nya :

DOWNLOAD CONTOH SOAL TES BPJS KETENAGAKERJAAN PDF

Setelah berhasil lolos tahap seleksi Tes Online dan Confirmatory, nantinya peserta akan menerima informasi untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya, yaitu tahap seleksi Psikotest. Pada tahap ini, peserta bakal dihadapkan dengan beberapa soal Kreplin, Wartegg, Tes Gambar dan EPPS. Untuk contoh soal tes Psikotest BPJS Ketenagakerjaan bisa kalian download file PDF nya dibawah ini :

DOWNLOAD CONTOH SOAL PSIKOTES BPJS KETENAGAKERJAAN PDF

Pengumuman hasil Psikotest akan diumumkan setelah selesai tahap tersebut atau paling lambat 24 jam setelah dilakukan Psikotest. Informasi pengumuman bisa diperoleh via SMS dan Email ke setiap peserta. Lalu jika hasil nya lolos, maka peserta akan diberitahu untuk mengikuti tahap seleksi FGD dan Wawancara.

Pada tahap FGD (Forum Group Disscussion) para peserta bakal dikelompokkan sebanyak 5 sampai 6 orang untuk membahas suatu masalah. Dalam tahap ini, penilaian bakal dilakukan langsung oleh Tim Psikolog dengan cara membaca sifat asli dari masing-masing peserta melalui forum diskusi tersebut. Kemudian tahap seleksi lanjut ke Wawancara.

Pada tahap ini, peserta akan menerima beberapa pertanyaan yang diambil berdasarkan data jawaban soal-soal Psikotest sebelumnya. Jadi, pastikan kalian masih mengingat jawaban-jawaban yang dibuat. Sedikit tips untuk mengikuti tes Wawancara BPJS Ketenagakerjaan adalah :

  • Perbanyak minum air putih untuk meningkatkan konsentrasi
  • Berdoa sebelum memasuki ruangan
  • Jangan panik, jawab setiap pertanyaan dengan tenang
  • Jaga sikap dan berpenampilan rapih

Apabila berhasil lolos tahap seleksi FGD dan Wawancara, selanjutnya kalian tinggal menjalani tahap MCU (Medical Check Up) dan Interview User. Untuk tahap tersebut, secara keseluruhan keberhasilan tergantung dari diri kalian masing-masing.

KESIMPULAN

Itu dia informasi dari kodebpjs.com mengenai contoh soal Tes Online dan Psikotest seleksi masuk BPJS Ketenagakerjaan dalam bentuk PDF. Silahkan download file PDF berisi contoh soal tes BPJS Ketenagakerjaan melalui link yang kami sajikan diatas.

Nantinya file PDF berisi contoh soal tersebut bisa dipelajari terlebih dahulu sebelum mengikuti seleksi, baik seleksi tahap Online maupun Offline. Dengan begitu, kemungkinan kalian lolos dan diterima sebagai karyawan BPJS Ketenagakerjaan bisa lebih besar.

sumber gambar :

  • s
  • s