Contoh Surat Permohonan Perubahan Data BPJS Ketenagakerjaan 2021

Contoh Surat Permohonan Perubahan Data BPJS Ketenagakerjaan – Perubahan data mungkin sering terjadi pada peserta BPJS KETENAGAKERJAAN. Pada umumnya kesalahan pada pencetakan kartu kepesertaan seperti nama, alamat, atau identitas lainnya.

Kesalahan cetak tersebut biasanya terjadi akibat murni kesalahan petugas pencetakan atau dari pesertanya yang salah dalam memberikan keterangan. Tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut, karena kesalahan data BPJS Ketenagakerjaan masih bisa diatasi.

Namun sebelum mulai melakukan perubahan data yang salah tersebut, peserta harus meminta sebuah surat permohonan perubahan data. Dan pada umumnya surat ini lebih ditujukan kepada para peserta yang di daftarkan oleh perusahaan tempat bekerja.

Sedangkan untuk para peserta BPJS Ketenagakerjaan mandiri atau yang memiliki usaha, bisa mengatasinya dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan langsung. Lalu bagaimana dengan isi surat permohonan data BPJS tersebut?

Contoh Surat Permohonan Perubahan Data BPJS Ketenagakerjaan Terlengkap

Contoh Surat Permohonan Perubahan Data BPJS Ketenagakerjaan Terlengkap

Pastinya banyak peserta yang menanyakan isi suratnya seperti apa, penasaran? Pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sampaikan contoh surat permohonan perubahan data BPJS Ketenagakerjaan tersebut, jadi simak terus ulasan ini sampai akhir.

Contoh Surat Permohonan Perubahan Data BPJS Ketenagakerjaan

Seperti sudah disinggung sedikit diatas jika surat ini lebih banyak diminta oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan yang didaftarkan oleh perusahaan. Karena untuk peserta yang sudah tidak bekerja di perusahaan bersangkutan atau mendaftarkan kepesertaan secara mandiri maka bisa langsung datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan. Dimana nantinya tanpa perlu menyertakan surat permohonan perubahan data tersebut. Dan berikut contoh suratnya.

Contoh Surat Permohonan Perubahan Data BPJS Ketenagakerjaan 1

Contoh Surat Permohonan Perubahan Data BPJS Ketenagakerjaan 2

Syarat Diperlukan Membuat Surat Permohonan Perubahan Data

Syarat Diperlukan Membuat Surat Permohonan Perubahan Data

Nah dalam pembuatan surat permohonan itu sendiri, para peserta kebanyakan meminta surat tersebut kepada pihak perusahaan (HRD) yang dulunya mendaftarkan kepesertaannya. Namun untuk bisa mendapatkan surat permohonan tersebut, perlu menyertakan syarat dokumen agar dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu dokumen tersebut juga akan diikutsertakan oleh pihak perusahaan sebagai lampiran perubahan data yang salah kepada BPJS Ketenagakerjaan. Berikut beberapa dokumen diperlukan seperti:

  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Kartu Keluarga (KK).

Cara Mendapatkan Surat Permohonan Perubahan Data

Cara Mendapatkan Surat Permohonan Perubahan Data

Nah untuk bisa mendapatkan surat permohonan tersebut caranya cukup mudah, dimana bagi yang masih aktif bekerja di perusahaan maka mintalah kepada pihak HRD perusahaan. Bahkan nantinya pihak perusahaan yang akan melakukan perubahan data anda (karyawan) yang salah ke BPJS Ketenagakerjaan.

Sedangkan untuk yang sudah tidak aktif dan sudah keluar atau berhenti bekerja di perusahaan bersangkutan, maka bisa datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan tanpa perlu membawa surat permohonan. Langsung saja temui petugas dan mintalah bantuan untuk melakukan perubahan data salah milik anda.

Datang secara langsung juga berlaku terhadap peserta BPJS Ketenagakerjaan mandiri atau yang memiliki usaha sendiri. Namun sebelum datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan perlu membawa persyaratan seperti yang sudah disampaikan tadi.

Mungkin itulah informasi yang dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai contoh surat permohonan perubahan data beserta syarat dan cara mendapatkannya. Semoga adanya ulasan ini dapat membantu dan bermanfaat, terutama bagi anda yang mengalami masalah berupa kesalahan cetak data pada kartu kepesertaannya.