Kode Captcha JKN Mobile Tidak Muncul ? Begini 9 Cara Mengatasinya

Kode Captcha JKN Mobile Tidak Muncul –  Saat ini setiap peserta BPJS Kesehatan bakal dimudahkan oleh sebuah aplikasi bernama JKN Mobile. Dengan adanya aplikasi tersebut, setiap peserta bisa mengakses layanan BPJS Kesehatan tanpa harus keluar rumah.

Ada banyak fitur yang tersedia di dalam aplikasi JKN Mobile, diantara mengubah data informasi peserta, mengetahui jumlah tagihan hingga menambahkan anggota keluarga baru. Sementara itu, sama seperti aplikasi untuk mengakses suatu layanan resmi, pengguna JKN Mobile juga perlu memasukkan kode Captcha setiap kali ingin menggunakan aplikasi tersebut.

Nah, bicara soal kode Captcha, beberapa pengguna JKN Mobile mengaku bahwa kode Captcha tidak muncul saat melakukan Login. Jika terjadi demikian, maka bisa dipastikan aktivitas Login ke JKN Mobile tidak akan berhasil meskipun Username dan Password yang dimasukkan sudah benar.

Lalu kenapa kode Captcha di menu Login JKN Mobile tidak tersedia? Untuk penyebabnya sendiri bisa ditimbulkan oleh beberapa faktor, mulai dari koneksi, sistem di aplikasi hingga kesalahan dari pengguna JKN Mobile itu sendiri.  Supaya lebih jelas, berikut ini telah kami siapkan rangkuman informasi seputar penyebab hingga cara mengatasi kode Captcha di JKN Mobile tidak muncul.

Citayam

Kode Captcha JKN Mobile Tidak Muncul

Kode Captcha JKN Mobile Tidak Muncul

Seperti kami singgung diatas bahwa hadirnya JKN Mobile ditengah peserta BPJS Kesehatan tentu saja membawa angin segar. Sebab, kini untuk mengubah nomor HP BPJS Kesehatan, cek jumlah Premi sampai dengan menambahkan anggota BPJS Kesehatan tidak perlu lagi datang ke Kantor.

Sementara itu, setiap kali ingin menggunakan aplikasi JKN Mobile masing-masing pengguna harus melalui tahap Login terlebih dahulu. Pada tahap tersebut pengguna bakal diminta untuk memasukkan Username, Password dan juga kode Captcha.

Bagi yang belum tahu, kode Captcha merupakan sekumpulan kode yang terdiri dari kombinasi angka, huruf kecil dan huruf kapital. Kode tersebut berfungsi sebagai keamanan untuk mengakses aplikasi JKN Mobile.

Nah, ada beberapa masalah yang kerap dialami pengguna JKN Mobile, salah satunya adalah kode Captcha tidak muncul pada halaman Login. Dengan begitu, artinya pengguna tidak bisa Login dan mengakses aplikasi tersebut untuk sementara waktu.

Penyebab Kode Captcha JKN Mobil Hilang

Penyebab Kode Captcha JKN Mobil Hilang

Setelah mengetahui informasi mengenai dampak dari masalah kode Captcha tidak terlihat di menu Login JKN Mobile, sekarang mari kita lanjut ke penjelasan seputar penyebab dari masalah diatas. Bagi kalian yang mungkin sedang mengalami masalah serupa, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab.

Diatas juga sempat kami singgung bahwa masalah ini kerap terjadi karena faktor sistem, perangkat dan bahkan kesalahan pengguna JKN Mobile. Berikut ini telah kami siapkan informasi lengkap mengenai penyebab JKN Mobile tidak bisa menampilkan kode Captcha, diantaranya :

1. File Cache JKN Mobile Menumpuk

Faktor pertama yang menyebabkan kode Captcha tidak muncul di JKN Mobile adalah banyaknya file Cache yang tersimpan di aplikasi JKN Mobile. Dengan begitu, aplikasi tersebut bakal mengalami berbagai macam Bug, termasuk tidak bisa menampilkan kode Captcha saat Login.

2. Aplikasi JKN Mobile Belum di Update

Selain itu, aplikasi JKN Mobile yang belum di update juga bisa mengganggu kinerja dari aplikasi itu sendiri. Saat telah tersedia aplikasi JKN Mobile, maka bagi pengguna yang memakai JKN Mobile versi lama akan menjumpai masalah JKN Mobile tidak bisa Login karena kode Captcha tidak muncul.

3. Mengakses JKN Mobile Pakai Koneksi VPN

Sedangkan untuk faktor lainnya adalah pengguna memanfaatkan koneksi VPN dalam mengakses JKN Mobile. Hal ini merupakan mutlak kesalahan dari pengguna, sebab JKN Mobile tidak memperbolehkan pengguna untuk mengakses fasilitas tersebut menggunakan VPN. Ketentuan ini diterapkan demi menjaga keamanan akun pengguna dan lain sebagainya.

4. Server JKN Mobile Sedang Mengalami Gangguan

Kemudian kode Captcha tidak muncul saat Login JKN Mobile juga bisa terjadi apabila server dari aplikasi tersebut sedang mengalami gangguan. Faktor ini bisa terjadi kapan saja tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu ke pihak pengguna.

5. Perangkat Tidak Kompatibel

Terakhir, masalah seperti diatas bisa juga terjadi apabila perangkat yang digunakan untuk mengoperasikan JKN Mobile tidak kompatibel. Jika demikian, jangan menampilkan kode Captcha, untuk membuka aplikasi saja sudah tidak bisa.

Cara Menampilkan Kode Captcha Saat Login JKN Mobile

Cara Menampilkan Kode Captcha Saat Login JKN Mobile

Sampai disini kalian sudah mengetahui beberapa faktor yang kerap menjadi alasan JKN Mobile tidak bisa menampilkan kode Captcha di menu Login. Selanjutnya, kalian bisa menyimak beberapa cara dibawah ini yang bisa digunakan sebagai solusi, antara lain :

1. Hapus File Cache di JKN Mobile

Cara pertama adalah menghapus semua file Cache yang dihasilkan oleh aplikasi JKN Mobile. Untuk membersihkan file Cache JKN Mobile kalian bisa memanfaatkan aplikasi pembersih yang tersedia secara gratis di Google Play Store atau App Store.

Selain itu, untuk pengguna Android kalian bisa menghapus semua file Cache JKN Mobile melalui menu Pengaturan dengan tata cara sebagai berikut :

  • Buka menu Setelan / Pengaturan
  • Pilih menu Apl
  • Pilih Kelola Aplikasi
  • Cari aplikasi JKN Mobile
  • Ketuk menu Hapus Data di pojok kanan bawah
  • Lalu pada pop-up yang muncul silahkan pilih Bersihkan Cache
  • Selesai

Setelah semua file sampah dibersihkan, sekarang coba lakukan Login JKN Mobile seperti biasa. Maka informasi kode Captcha akan muncul pada kolom yang tersedia.

2. Update JKN Mobile Versi Terbaru

Cara kedua adalah melakukan update JKN Mobile. Cara ini berlaku apabila masalah kode Captcha tidak muncul disebabkan oleh pengguna masih menginstall aplikasi JKN Mobile versi lama. Untuk melakukan update atau memperbarui aplikasi JKN Mobile, kalian tinggal masuk ke Google Play Store atau App Store lalu ketikkan JKN Mobile di kolom pencarian. Setelah itu kalian tinggal menekan tombol Update dan tunggu sampai proses downloading berhasil 100%.

3. Matikan Koneksi VPN

Selanjutnya, untuk mengatasi kode Captcha tidak muncul juga bisa dilakukan dengan cara mematikan koneksi VPN. Disini kami sarankan kalian untuk memakai koneksi data seluler ataupun Wifi dalam membuka aplikasi JKN Mobile. Dengan begitu, aktivitas Login JKN Mobile bisa berjalan lancar tanpa ada kendala apapun.

4. Upgrade Perangkat

Terakhir, apabila masalah kode Captcha tidak muncul disebabkan oleh perangkat yang tidak kompatibel dengan aplikasi JKN Mobile, maka satu-satunya solusi adalah melakukan upgrade perangkat alias mengganti perangkat yang sudah kompatibel dengan JKN Mobile. Saat ini aplikasi JKN Mobile hanya bisa dioperasikan pada perangkat Android versi 4.3 keatas, sedangkan untuk pengguna iOS, pastikan perangkat kalian sudah mendukung sistem operasi versi 9.0 atau yang lebih tinggi.

Demikianlah informasi dari kodebpjs.com mengenai penyebab JKN Mobile tidak bisa menampilkan kode Captcha saat Login. Diatas kami juga menjelaskan beberapa cara yang bisa dimanfaatkan sebagai solusi dari masalah tersebut. Jadi, kedepannya jika menemui masalah seperti diatas kalian tidak perlu khawatir lagi, cukup lakukan cara dari tim kodebpjs diatas.