√ Kode ICD 10 CKS 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 CKS – ICD 10 memuat klasifikasi diagnosis penyakit standar internasional yang disusun berdasarkan sistem kategori dan kelompok dalam suatu penyakit menurut kriteria yang telah ditetapkan. Hampir setiap penyakit yang terdaftar memiliki kode ICD 10 masing-masing berbeda-beda.

Berdasarkan kegunaannya, ICD 10 digunakan untuk mengindeks pencatatan penyakit dan menerjemahkannya kedalam kode tertentu. Selain itu adanya ICD 10 ini juga akan memberikan kemudahan dalam penyimpanan maupun pengambilan data.

Nah, pada kesempatan kali ini kodebpjs akan menyajikan informasi terkait kode ICD 10 CKS. Jadi, bagi Anda belum mengetahui kode diagnosis CKS, maka silahkan simak artikel ini hingga akhir agar bisa memahami dan mengenal lebih dalam lagi tentang kode CKS ini.

Tujuan dari pembahasan mengenai kode diagnosis CKS ini yaitu untuk mengarahkan Anda menanganinya. Dimana ketika Anda di diagnosis CKS, maka Anda bisa tau apa yang harus dilakukan untuk mengobatinya. Berikut kode dari CKS sesuai standar internasional.

Apa Itu CKS ?

Apa Itu CKS

CSK atau Cedera Kepala Sedang adalah cedera kepala yang memungkinkan tengkorak, kontusio sereberal, laserasi, hematoma serebral, hematoma intrakranial, kehilangan kesadaran selama 30 menit tetapi kurang dari dari 24 jam. Pasien yang di diagnosa CKS memiliki Gasglow Coma Scale 9-13.

Cedera kepala terjadi karena adanya masalah struktur kepala akibat mengalami benturan yang berpotensi menimbulkan gangguan pada fungsi otak. Masalah ini dapat berupa luka ringan, memar di kulit kepala, bengkak, pendarahan, patah atau retak tulang tengkorak maupun gegar otak.

Kode ICD 10 CKS

Kode ICD 10 CKS

Kode ICD atau Diagnosa CKS berbeda dengan KODE DIAGNOSA VERTIGO meskipun masih dalam kriteria sakit kepala. Dimana, untuk kode ICD 10 CKS yaitu S06.0.

Jadi ketika Anda di diagnosa dengan kode S06.0 artinya kepala Anda mengalami cedera sedang. Itulah informasi kode ICD 10 cedera kepala sedang.

Penyebab CKS

Penyebab CKS

Dari kode ICD 10 diatas, penyebab CKS meliputi cedera akselerasi, deselerasi, coup-countree coup, dan cedera rotasional. Berikut hal-hal yang menjadi penyebab CKS.

  1. Cedera akselerasi terjadi jika objek bergerak, misalkan alat pemukul menghantam kepala atau peluru yang ditembakkan ke kepala.
  2. Cedera deselerasi terjadi jika kepala bergerak membentur objek diam seperti pada kasus jatuh atau tabrakan mobil ketika kepala membentur kaca depan mobil.
  3. Cedera coup-countree-coup disebabkan oleh benturan dan mengakibatkan otak bergerak dalam ruang kranial dan dengan kuat mengenai area tulang tengkorak yang berlawan serta area kepala yang pertama kali terbentur.
  4. Cedera rotasional terjadi adanya pukulan atau benturan yang menyebabkan otak berputar dalam rongga tengkorak, sehingga mengakibatkan peregangan atau robeknya neuron dalam subtansi alba serta robeknya pembuluh darah yang menfiksasi otak dengan sebagian rongga tengkorak.

Gejala CKS

Gejala CKS

Sedangkan, gejala yang bisa dirasakan oleh orang yang di diagnosa CKS yaitu sebagai berikut :

  1. Hilang kesadaran selama beberapa menit, namun tidak lebih dari 24 jam.
  2. Adanya luka di kepala yang cukup dalam.
  3. Terdapat benda asing menancap di kepala.
  4. Sakit kepala parah yang berkepanjangan.
  5. Mual atau muntah secara berkelanjutan.
  6. Kehilangan koordinasi tubuh.
  7. Kejang.
  8. Pelebaran pupil mata.
  9. Terdapat cairan keluar melalui hidung atau telingan.
  10. Sulit dibangunkan saat tidur.
  11. Jari-jari tangan maupun kaki melemah atau kaku.
  12. Merasa sangat bingung.
  13. Perubahan perilaku yang drastis.
  14. Berbicara cadel.
  15. Koma.

Pengobatan CKS

Pengobatan CKS

Pengobatan akan disesuaikan dengan tingkat cedera itu sendiri. Umumnya dokter akan membantu dengan pemberian obat-obatan, terapi atau melakukan operasi. Namun berdasarkan kode ICD 10 CKS, pengobatan paling tepat untuk cedera Gasglow Coma Scale 9-13 adalah dengan melakukan terapi untuk mengembalikan kondisi fisik dan fungsi saraf.

Terapi paling disarankan untuk mengobati CKS yaitu fisioterapi, terapi kognitif dan psikologis, terapi okupasi, terapi wicara serta terapi rekreasi. Dokter biasanya juga akan mengedukasi keluarga dan kerabat pasien mengenai terapi lanjutan untuk dilakukan di rumah setelah pasien pulang.

Itulah informasi lengkap terkait kode ICD 10 CKS yang dapat kodebpjs.com sajikan. Melalui kode ICD 10 atau lebih dikenal dengan KODE DIAGNOSA BPJS KESEHATAN ini, maka baik dokter maupun pasien bisa mengetahui penyebab dari sebuah penyakit atau cedera.

Selain itu, adanya ICD ini juga akan membantu dokter mendiagnosis pasien, karena semua data penyakit telah tersimpan di dalam data ICD 10. Hal ini, menjadi alasan mengapa ICD 10 sangat membantu dokter dalam menentukan sebuah penyakit. Demikianlah, semoga informasinya bermanfaat.