Kode ICD 10 Muscle Spasm 2021 : Penyebab & Cara Mengobati

Kode ICD 10 Muscle SpasmĀ – Kode ICD (International Classification of Diseases) 10 merupakan istilah medis yang digunakan untuk klasifikasi suatu penyakit atau gangguan kesehatan revisi ke-10. Kode ini ditetapkan langsung oleh Badan Kesehatan Dunia, WHO dan berlaku secara Global.

Bicara mengenai kode ICD 10, pada artikel ini kami bakal menjelaskan kode ICD 10 untuk penyakit Muscle Spasm. Informasi ini mungkin sangat bermanfaat bagi kalian yang berprofesi sebagai tenaga medis, baik itu Dokter, Perawat dan lain sebagainya.

Bukan hanya informasi kode ICD 10 dari penyakit Muscle Spasm, disini kami juga mempunyai penjelasan seperti gejala hingga penyebab terjadinya Muscle Spasm pada tubuh. Bahkan bagi yang mengidap penyakit ini, kalian bisa simak terus artikel berikut untuk mengetahui cara mengobati nya.

Sementara itu, kalian juga perlu tahu bahwa ada beberapa risiko yang bisa ditimbulkan ketika mengalami Muscle Spasm. Baiklah, daripada makin penasaran langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Kode ICD 10 Muscle Spasm Penyebab Cara Mengobati

Apa Itu Muscle Spasm ?

Sebelum masuk ke inti pembahasan, terlebih dahulu kami bakal menjelaskan sedikit mengenai apa itu Muscle Spasm. Jadi, Muscle Spasm atau Spasme Otot merupakan kondisi terjadinya kontraksi pada otot secara tiba-tiba yang tidak disengaja.

Muscle Spasm ini bisa terjadi pada otot terutama di bagian kaki, tangan, lengan, paha, perut, dan area tulang rusuk. Gangguan seperti ini biasanya terjadi saat melakukan Olahraga atau aktivitas fisik lainnya.

Lalu, apakah penyakit Muscle Spasm cukup berbahaya bagi tubuh? Apakah ada cara untuk mengobati masalah kesehatan tersebut? Jawaban selengkapnya dari pertanyaan tersebut bakal kami jelaskan nanti, jadi simak terus artikel ini.

Kode ICD 10 Muscle Spasm

Kode ICD 10 Muscle Spasm

Perlu diketahui bahwa sama seperti gangguan kesehatan lainnya dimana Muscle Spasm juga mempunyai kode diagnosa BPJS Kesehatan sendiri. Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari sumber terpercaya, kode ICD 10 untuk penyakit Muscle Spasm terbagi menjadi tiga macam, antara lain sebagai berikut :

1. Muscle Spasm of Back

Muscle Spasm of Back merupakan kondisi Spasme Otot yang terjadi di area punggung. Sedangkan untuk kode ICD 10 yang berlaku adalah M62.830.

2. Muscle Spasm of Calf

Ada juga jenis Muscle Spasm of Calf yang merupakan kondisi kejang otot di area betis dan sekitarnya. Kode ICD 10 untuk Muscle Spasm of Calf adalah M62.831.

3. Other Muscle Spasm

Terakhir ada jenis penyakit kejang otot lainnya (Other Muscle Spasm). Kode ICD 10 untuk jenis kejang otot lainnya adalah M62.838.

Kode ICD 10 diatas berlaku untuk semua tenaga medis di seluruh Dunia karena ditetapkan langsung oleh WHO (World Health Organization) dan tentu saja berbeda dengan kode ICD 10 TB Paru, Thypoid Fever dan berbagai macam penyakit lainnya.

Risiko Muscle Spasm Bagi Kesehatan

Kemudian sesuai janji diatas bahwa kami bakal menjelaskan risiko atau dampak buruk bagi tubuh yang mengalami Muscle Spasm. Jadi, gangguan kesehatan ini tentu saja dapat mempengaruhi kinerja otot dalam tubuh.

Supaya lebih jelasnya, berikut telah kami siapkan dampak buruk dari gangguan Muscle Spasm :

1. Otot Kram

Dampak utama yang bakal dirasakan sesaat setelah mengalami Muscle Spasm adalah otot di bagian tersebut tidak bisa digerakkan alias Kram.

2. Merasa Nyeri

Selain itu, rasa Nyeri yang cukup lama juga bakal dialami oleh penderita Muscle Spasm. Rasa seperti ini bisa berlangsung selama beberapa menit yang tentunya cukup menyiksa penderita Spasme Otot.

3. Penanganan Medis Secara Serius

Risiko paling buruk bagi para penderita Muscle Spasm adalah menjalani perawatan medis secara serius. Hal ini bisa terjadi apabila penderita tidak segera mengobati masalah tersebut atau mengabaikan hal-hal kecil yang mungkin bisa menjadi penyebab Muscle Spasm.

Gejala Penyakit Muscle Spasm

Gejala Penyakit Muscle Spasm

Sampai disini kalian sudah paham mengenai apa itu Muscle Spasm, kode ICD 10 yang berlaku hingga risiko dari masalah kejang otot. Selanjutnya kami juga telah menyiapkan informasi seputar gejala atau indikasi terjadinya Muscle Spasm pada tubuh.

Informasi ini tentu saja wajib diketahui agar kalian bisa segera melakukan tindakan sebelum terjadi masalah kejang otot. Berikut adalah ciri-ciri tubuh akan mengalami Muscle Spasm, antara lain :

1. Pinggang Terasa Nyeri

Gejala utama yang paling sering dialami sebelum terjadi kejang otot adalah pinggang terasa nyeri. Gejala seperti ini bisa terjadi saat kalian melakukan aktivitas fisik seperti Olahraga, angkat-angkat barang dan lain sebagainya.

2. Kaki Kesemutan

Selain itu, terjadinya Muscle Spasm juga bisa ditandai dengan kaki kesemutan. Jika mengalami indikasi seperti ini sebaiknya berhenti dulu melakukan aktivitas fisik hingga kaki tidak lagi kesemutan.

3. Otot Berdenyut

Terakhir, gejala mengalami Muscle Spasm bisa dilihat dari otot di area betis berdenyut. Sama seperti ketika kaki kesemutan, jika melihat otot berdenyut alangkah baiknya istirahat dulu dari aktivitas fisik guna mencegah terjadinya masalah kejang otot.

Penyebab Terjadinya Spasme Otot

Setelah menyimak penjelasan seputar gejala Muscle Spasm, selanjutnya kami bakal menjelaskan beberapa faktor yang bisa menjadi alasan otot mengalami Muscle Spasm. Seperti kami singgung diatas bahwa Muscle Spasm umumnya terjadi pada orang yang sering melakukan aktivitas fisik.

Maka dari itu, penyebab Muscle Spasm juga tidak jauh-jauh dari beberapa hal sebagai berikut, antara lain :

1. Melakukan Aktivitas Fisik Saat Kondisi Otot Lemah

Penyebab pertama adalah kalian tetap melakukan aktivitas fisik saat kondisi otot sedang lemah. Perlu diketahui bahwa hal ini bisa mengakibatkan kontraksi pada otot yang berujung mengalami Muscle Spasm.

2. Tidak Melakukan Peregangan Otot Sebelum Olahraga

Penyebab kedua adalah tidak melakukan pemanasan atau peregangan otot sesaat sebelum memulai aktivitas Olahraga. Jika demikian artinya kondisi otot kalian belum siap melakukan aktivitas Olahraga dimana apabila dipaksakan, maka hal tersebut bisa menyebabkan Muscle Spasm atau Spasme Otot.

3. Dehidrasi / Kekurangan Cairan

Penyebab ketiga adalah saat melakukan aktivitas fisik tubuh kalian mengalami Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Hal ini umumnya terjadi saat menjalani aktivitas Olahraga di siang hari atau dalam ruangan bersuhu panas.

4. Tubuh Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

Penyebab terakhir dari Muscle Spasm adalah melakukan aktivitas fisik dalam kondisi tubuh terlalu banyak Kafein. Faktor ini mungkin kerap dialami oleh kalian para pecinta kopi. Penting diketahui bahwa faktor ini dapat mengakibatkan kejang otot di beberapa bagian tubuh sekaligus.

Cara Mengobati Muscle Spasm

Cara Mengobati Muscle Spasm

Sebelum mengakhiri pembahasan seputar kode ICD 10 Muscle Spasm, kami punya sedikit informasi mengenai bagaimana cara mengobati Muscle Spasm pada otot. Tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini :

1. Kompres Area Spasme Otot Menggunakan Air Es / Air Hangat

Cara pertama untuk mengobati Muscle Spasm adalah melakukan kompres pada bagian tubuh yang mengalami kejang otot menggunakan air hangat maupun air es. Cara ini cukup efektif untuk melemaskan otot-otot yang mengalami Muscle Spasm.

2. Pijat Area Otot yang Mengalami Muscle Spasm

Cara kedua adalah melakukan pijatan pada area kejang otot. Sama seperti saat melakukan kompres, cara ini juga berguna untuk meredakan otot-otot yang kaku.

3. Minum Obat Pereda Nyeri

Cara terakhir untuk mengatasi masalah Spasme Otot adalah meminum obat pereda nyeri khusus untuk penderita Muscle Spasm. Kalian bisa memperoleh obat tersebut di Apotek terdekat.

Demikianlah informasi dari kodebpjs.com mengenai kode ICD 10 Muscle Spasm. Diatas kami juga memberikan informasi seputar gejala, penyebab hingga cara mengatasi masalah Muscle Spasm. Kemudian untuk mencegah terjadi masalah pada otot, kami sarankan untuk melakukan Stretching (pemanasan) sebelum melakukan aktivitas fisik. Selain itu, pastikan kondisi otot dalam keadaan Fit dan tubuh sudah tersuplay cairan yang cukup.