Tidak Bisa Verifikasi Biometrik JMO 2022 : 8 Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Tidak Bisa Verifikasi Biometrik JMO – Sekarang para peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa memanfaatkan aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) untuk mengakses informasi terkait layanan BPJS Ketenagakerjaan. Dengan begitu, segala transaksi seperti cek saldo yang sudah terkumpul, proses pencairan dan lain sebagainya bisa dilakukan tanpa harus pergi ke Kantor.

Untuk kalian para BPJS Ketenagakerjaan dari suatu perusahaan tentu wajib mempunyai aplikasi JMO. Bukan tanpa alasan, ada satu aktivitas yang sangat penting di aplikasi tersebut, yaitu Pengkinian Data. Proses ini wajib dilakukan agar semua fitur di JMO bisa digunakan.

Bicara soal Pengkinian Data, ada beberapa peserta yang gagal terus saat melakukan proses tersebut karena tidak bisa Verifikasi Biometrik. Bagi yang belum tahu, dalam proses Pengkinian Data setiap peserta harus melalui tahap Verifikasi Biometrik.

Advertisements

Kenapa Verifikasi Biometrik bisa gagal? Apa yang harus dilakukan agar bisa lolos tahap Verifikasi Biometrik saat Pengkinian Data? jawaban lengkap dari setiap pertanyaan tersebut bisa kalian temukan dibawah ini.

Apa Itu Verifikasi Biometrik di JMO ?

Seperti kami singgung diatas bahwa untuk melakukan Pengkinian Data di JMO setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan bakal melalui tahap Verifikasi Biometrik. Lalu apa itu Verifikasi Biometrik? Jadi tahap ini merupakan proses pemindaian wajah, gerakkan, suara dan lain sebagainya.

Sementara  itu Verifikasi Wajah sendiri digunakan untuk memastikan data diri peserta melalui rekam biologis telah sesuai dengan data diri yang telah tercantum. Lalu kenapa ada beberapa peserta yang mengaku tidak bisa lolos pada tahap ini ?

Tidak Bisa Verifikasi Biometrik JMO

Tidak Bisa Verifikasi Biometrik JMO

Advertisements

Mengenai kendala peserta saat melalui tahap Verifikasi Biometrik, sebenarnya ada beberapa faktor yang kerap menjadi alasan. Namun sebelum kami jelaskan lebih lanjut, terlebih dahulu kalian perlu tahu dampak dari masalah tersebut.

Jadi saat proses Verifikasi Biometrik tidak lolos, maka peserta dipastikan aktivitas Pengkinian Data gagal terus alias tidak bisa diproses. Dengan begitu, peserta BPJS Ketenagakerjaan juga tidak bisa menikmati berbagai fitur di JMO yang mempunyai syarat utama harus sudah Pengkinian data, seperti :

  • Klaim saldo JHT, JKK, JP dan lain sebagainya
  • Tidak bisa menambahkan nomor KPJ di JMO
  • Mengganti nomor HP di JMO

Untuk kalian yang mungkin sedang mengalami tidak bisa Verifikasi Biometrik di JMO tentu wajib mengetahui informasi penyebab hingga cara mengatasi masalah tersebut. Tenang, dibawah ini telah kami siapkan ulasan selengkapnya.

Penyebab Gagal Tidak Bisa Verifikasi Biometrik JMO

Penyebab Gagal Tidak Bisa Verifikasi Biometrik JMO

Sampai disini kalian sudah mengetahui apa itu fungsi Verifikasi Biometrik hingga dampak ketika tidak bisa melewati tahap tersebut ketika melakukan Pengkinian Data di JMO. Selanjutnya kami bakal menjelaskan beberapa penyebab dari masalah tidak bisa lolos Verifikasi Biometrik di JMO, antara lain sebagai berikut :

1. eKTP Sudah Rusak

Penyebab pertama adalah kondisi eKTP yang dibutuhkan saat Verifikasi Biometrik sudah rusak, sehingga data diri serta foto yang tertera di dalamnya tidak jelas. Dengan begitu, hasil foto nya tidak jelas dan tidak bisa terbaca oleh sistem.

2. Hasil Foto Blur

Penyebab kedua juga bisa berasal dari foto yang dihasilkan kurang jelas. Jadi, meskipun kondisi eKTP masih bagus, jika pada proses pengambilan foto eKTP maupun foto Selfie sambil memegang eKTP tidak tangan kalian goyang atau tidak fokus, maka bakal mempengaruhi hasil foto. Sama seperti diatas, ketika dokumen yang diunggah Blur, maka tidak bisa terbaca oleh sistem dan mengakibatkan tidak bisa lolos Verifikasi Biometrik.

3. Foto Selfie Tidak Sesuai Intruksi

Penyebab ketiga adalah saat pengambilan foto Selfie peserta tidak mengikuti arahan yang tertera di layar. Jadi pada tahap ini di layar smartphone akan muncul lingkaran dimana peserta harus mengikuti lingkaran tersebut untuk pengambilan foto Selfie. Apabila hasil foto tidak sesuai arahan, maka bisa dipastikan Verifikasi Biometrik gagal.

4. Terjadi Bug Sistem Dari Aplikasi JMO

Sedangkan untuk penyebab terakhir mungkin berasal dari adanya Bug di sistem aplikasi JMO (Jamsostek Mobile). Untuk faktor ini tentu bukan kesalahan peserta, melainkan mutlak dari sistem aplikasi tersebut. Bahkan faktor ini bukan hanya berdampak pada tidak bisa Verifikasi Biometrik, tapi bisa juga menyebabkan tidak bisa cek saldo di JMO hingga aplikasi JMO tidak bisa digunakan.

Sementara itu, untuk penyebab Bug pada Jamsostek Mobile bisa berasal dari berbagai faktor, mulai dari Cache yang menumpuk, aplikasi belum di Update atau memang sedang ada perbaikan dari sistem aplikasi JMO.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Verifikasi Wajah di JMO

Cara Mengatasi Tidak Bisa Verifikasi Wajah di JMO

Setelah menyimak beberapa penyebab tidak bisa Verifikasi Biometrik di JMO, sekarang saatnya mengetahui solusi atau cara mengatasi masalah diatas. Jadi, untuk kalian yang sedang mengalami masalah tidak bisa Verifikasi Biometrik di JMO, mau tidak mau kalian harus melakukan Verifikasi Biometrik ulang. Namun sebelum melakukannya, terlebih dahulu kalian lakukan beberapa cara sebagai berikut :

1. Update Aplikasi JMO

Pertama, coba periksa pembaruan aplikasi JMO di Google Play Store atau App Store. Jika muncul menu Update, maka lakukan Update JMO. Cara ini mungkin berlaku untuk mengatasi Bug di JMO yang mengakibatkan tidak lolos Verifikasi Biometrik di JMO.

2. Bersihkan File Cache

Kedua, kalian juga bisa membersihkan file Cache yang menumpuk di aplikasi JMO. Untuk membersihkan file tersebut kalian bisa memanfaatkan aplikasi CCleaner dan sejenisnya yang tersedia gratis di Play Store. Atau khusus untuk pengguna Android, hapus file Cache bisa dilakukan melalui menu Setelan dengan langkah-langkah berikut ini :

  • Buka menu Setelan / Pengaturan
  • Scroll kebawah dan pilih menu Apl
  • Masuk ke menu Kelola Aplikasi
  • Ketikkan JMO di kolom pencarian
  • Setelah itu tap Hapus Data
  • Terakhir, klik Bersihkan Cache
  • Selesai

Setelah file Cache dibersihkan, sekarang coba lakukan Pengkinian Data di JMO, maka pada saat melakukan Verifikasi Biometrik kalian tidak akan menjumpai masalah lagi.

3. Perbaiki Kondisi eKTP

Namun untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tidak bisa Verifikasi Biometrik karena kondisi eKTP rusak, satu-satunya cara untuk mengatasi adalah memperbaiki kondisi fisik dari dokumen tersebut dengan cara mendatangi kantor Dindukcapil setempat. Disana kalian bisa meminta petugas untuk membuatkan eKTP baru sehingga proses Verifikasi Biometrik saat melakukan Pengkinian Data di JMO bisa lolos.

Itu saja ulasan dari kodebpjs.com mengenai penyebab tidak bisa Verifikasi Biometrik di JMO. Selain itu, diatas kami juga menjelaskan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut sehingga kalian bisa lolos Verifikasi Biometrik ketika melakukan Pengkinian Data di JMO. Jika Pengkinian Data sudah berhasil, maka kalian sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa menikmati segala fitur di JMO, mulai dari cek saldo, klaim saldo JHT, update nomor HP dan lain sebagainya.

Advertisements