10 Penyakit Paling Bikin Tekor BPJS Kesehatan di Indonesia 2022

Penyakit Paling Bikin Tekor BPJS Kesehatan – Menjadi salah satu manfaat ikut serta dalam program pemerintah yaitu BPJS kesehatan. Diketahui sendiri jika ada berbagai penyakit ditanggung oleh BPJS kesehatan secara gratis tanpa biaya.

Namun dengan catatan, kepesertaan BPJS Kesehatan tersebut aktif dengan selalu bayar iuran rutin tanpa ada tunggakan di bulan sebelumnya. Mungkin bagi yang belum tahu penyakit yang ditanggung BPJS kami sudah pernah menyampaikannya.

Citayam

Dan pada pembahasan kali ini, kami akan informasikan beberapa penyakit paling bikin tekor BPJS Kesehatan karena pembiayaan pengobatan yang tergolong memakan banyak biaya. Apakah Anda sudah mengetahui penyakit itu apa saja?.

Jika belum, pada pembahasan kali ini kami akan sampaikan secara lengkap informasi penyakit paling bikin tekor BPJS Kesehatan. Jadi untuk lebih jelasnya, maka terus simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Penyakit Paling Bikin Tekor BPJS Kesehatan

Penyakit Paling Bikin Tekor BPJS Kesehatan

Menurut informasi yang kami dapatkan dari beberapa sumber yang ada, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan dan mengungkapkan efek negatif penyakit jantung terhadap sektor kesehatan di tanah air, termasuk pada BPJS Kesehatan.

Penyakit paling banyak menyebabkan kehilangan nyawa dan paling banyak tagihan BPJS itu adalah penyakit jantung atau Heart disease. Karena seperti diketahui sendiri, penanganan berobat pasien jantung yaitu pemasangan ring.

Dengan adanya layanan pemasangan ring jantung ini menjadi tindak pengobatan yang perlu dilakukan. Dengan pemasangan ring jantung inilah yang membuat BPJS Kesehatan mengeluarkan biaya cukup besar dan membuat tekor.

Menurut Menteri Kesehatan Budi, mengungkap jika layanan pasang ring jantung tidak semua provinsi di Indonesia mendapatkannya. Dari 34 provinsi, hanya ada 28 provinsi saja yang baru bisa mendapatkan layanan pasang ring jantung pada orang kena heart attack.

Antara lain provinsi yang belum mendapat pelayanan khusus pasang ring pada pasien jantung seperti misalnya:

  • Bangka Belitung
  • Sulawesi Barat
  • Maluku Utara
  • Maluku Selatan
  • Papua
  • Papua Barat

Lantas apakah Anda tahu berapa biaya pasang ring jantung? Mengenai informasi biaya pasang ring jantung sendiri sudah pernah kami sampaikan, jika biaya dibutuhkan sampai puluhan juta untuk pasien mandiri (non BPJS).

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi besaran biaya pasang ring jantung. Termasuk rumah sakit yang menangani pasien pasang ring jantung. Setiap rumah sakit akan memberikan perbedaan biaya.

Terdapat selisih biaya antara rumah sakit satu dengan rumah sakit lainnya. Dengan biaya pengobatan yang besar inilah seseorang ikut serta program BPJS Kesehatan agar nantinya biaya pengobatan pasang ring jantung gratis.

Seperti dijelaskan di atas, jika penyakit jantung menjadi salah satu layanan penyakit yang ditanggung oleh pihak BPJS kesehatan. Namun dengan untuk bisa berobat ada beberapa syarat ketentuan yang berlaku, termasuk selalu kepesertaan selalu aktif.

Daftar Penyakit & Beban Biaya Terbesar BPJS Kesehatan Lain

Daftar Penyakit Beban Biaya Terbesar BPJS Kesehatan Lain

Menjadi penyakit paling bikin tekor BPJS Kesehatan, rupanya ada beberapa penyakit lain yang membuat BPJS Kesehatan mengeluarkan biaya besar lainnya. Lalu apakah Anda sudah tahu penyakit apa saja itu?.

Untuk yang belum tahu, maka kami akan informasikan daftar penyakit dan beban biaya yang digelontorkan BPJS Kesehatan untuk membiayai perawatan masyarakat yang ikut serta dalam program BPJS Kesehatan.

Informasi biaya ini dilansir dari Direktur utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, yang menyebutkan jika beban jaminan kesehatan per tahun lalu mencapai angka Rp 90,33 triliun. Di mana penyakit katastropik menjadi beban pembiayaan terbesar BPJS Kesehatan.

PENYAKITBIAYA
KankerRp 3,500 T
StrokeRp 2,163 T
Gagal ginjalRp 1,781 T
ThalasemiaRp 604,6 M
HemofiliaRp 590,6 M
LeukimiaRp 364,6 M
Sirosis hatiRp 238,4 M

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan terkait informasi penyakit paling membuat tekor BPJS Kesehatan akibat menggelontorkan biaya besar untuk para masyarakat yang ikut serta dalam program BPJS Kesehatan.

Adanya informasi penyakit paling bikin tekor BPJS yang kodebpjs.com di atas semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan. Termasuk Anda yang penasaran dan bertanya-tanya mengenai penyakit-penyakit paling bikin tekor BPJS.

Sumber Gambar : alodokter.com, cnbcindonesia.com