5 Cara Mengatasi Transaksi di Mobile JKN Tidak Dapat Diproses

Cara Mengatasi Transaksi di Mobile JKN Tidak Dapat Diproses – Dalam hal untuk mewujudkan komitmen dari BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan pelayanan dan akses yang optimal bagi peserta, BPJS menghadirkan layanan digital berupa Mobile JKN.

Mobile JKN merupakan aplikasi hasil pengembangan aplikasi BPJS Kesehatan mobile. Aplikasi ini dihadirkan untuk memberikan pelayanan secara online, sehingga memungkinkan peserta untuk tidak perlu ke kantor cabang ketika ada kepentingan terkait BPJS Kesehatan.

Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun. Hadirnya aplikasi ini tentunya memberikan dampak positif, terutama untuk mereka yang tidak memiliki banyak waktu.

Meskipun demikian, namun ada beberapa pengguna Mobile JKN yang mengeluh karena aplikasi kerap kali mengalami masalah seperti transaksi tidak dapat diproses. Lantas, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Adapun caranya langsung saja simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Citayam

Penyebab Transaksi di Mobile JKN Tidak Dapat Diproses

Penyebab Transaksi di Mobile JKN Tidak Dapat Diproses

Meskipun memberikan kemudahan, bagaimanapun sebuah sistem tentunya akan mengalami sebuah permasalahan, termasuk pada Mobile JKN. Selain permasalahan TIDAK BISA LOGIN MOBILE JKN, kegagalan transaksi juga terkadang dialami oleh pengguna aplikasi BPJS Kesehatan ini.

Nah, jika permasalahan transaksi di mobile JKN tidak dapat diproses terjadi pada Anda, maka hal itu tidak perlu dikhawatirkan karena untuk mengatasi hal itu terbilang cukup mudah. Akan tetapi untuk mengatasi masalah pada Mobile JKN, maka Anda perlu mencari tahu apa penyebabnya terlebih dahulu.

Transaksi tidak dapat diproses merupakan salah satu kendala yang sering muncul di aplikasi. Ada beberapa penyebab yang memungkinkan hal itu bisa terjadi, mulai dari kegagalan login.

Penyebab lain transaksi tidak dapat diproses yaitu dikarenakan sistem aplikasi yang sedang error atau mengalami gangguan. Bukan hanya itu saja, transaksi tidak dapat diproses juga bisa disebabkan karena jaringan internet Anda sedang tidak stabil.

Cara Mengatasi Transaksi di Mobile JKN Tidak Dapat Diproses

Cara Mengatasi Transaksi di Mobile JKN Tidak Dapat Diproses

Cara mengatasi transaksi di mobile JKN tidak bisa diproses pada dasarnya sangat mudah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan pada Mobile JKN.

Cara mengatasi kendala tersebut juga bisa dilakukan sendiri, tanpa perlu ke kantor cabang. Sedangkan, untuk mengatasi kendala gagalnya transaksi bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana.

1. Gunakan Provider Berbeda

1. Gunakan Provider Berbeda

Cara mengatasi transaksi tidak dapat diproses yaitu dengan mengakses Mobile JKN menggunakan provider berbeda. Cara ini bisa Anda lakukan apabila kegagalan transaksi disebabkan oleh masalah jaringan.

Coba untuk mengakses Mobile JKN dengan mengubah jaringan dari mobile data menjadi Wi-Fi ataupun sebaliknya. Jika tidak, coba matikan jaringan terlebih dahulu selama beberapa detik, lalu akses mobile JKN seperti biasa.

2. Tunggu Hingga Sistem Stabil

2. Tunggu Hingga Sistem Stabil

Cara lainnya yaitu dengan menunggu hingga sistem stabil. Cara ini dilakukan apabila penyebab transaksi tidak bisa dilakukan karena server aplikasi sedang mengalami gangguan atau error.

Banyaknya user yang sedang mengakses Mobile JKN, kemungkinan besar menimbulkan gangguan pada server. Jadi ketika transaksi tidak dapat diproses, cobalah untuk keluar Mobile JKN. Kemudian, login kembali setelah beberapa saat.

3. Daftar Ulang Mobile JKN

3. Daftar Ulang Mobile JKN

Cara mengatasi transaksi tidak dapat diproses juga bisa diatasi dengan melakukan pendaftaran ulang. Tak perlu khawatir karena pendaftaran ulang tidak akan berpengaruh terhadap tanggungan yang Anda miliki.

Namun, hanya untuk membuat akun baru saja. Jadi Anda hanya perlu memasukkan data-data untuk mendukung proses berjalannya transaksi.

Pastikan data yang Anda masukkan berbeda dengan data lama yang telah terdaftar di aplikasi Mobile JKN. Anda bisa menggunakan data dari orang tua atau pasangan untuk melakukan pendaftaran ulang.

4. Uninstal Aplikasi Mobile JKN

4. Uninstal Aplikasi Mobile JKN

Cara lainnya untuk mengatasi transaksi tidak dapat diproses yaitu dengan menghapus Mobile JKN. Setelah itu tinggal download ulang aplikasi Mobile JKN kembali.

Setelah terpasang selanjutnya, tinggal login ulang menggunakan akun Mobile JKN sebelumnya. Setelah itu, cobalah untuk melakukan transaksi yang ingin Anda lakukan di Mobile JKN.

5. Hapus Cache Aplikasi

5. Hapus Cache Aplikasi

Cara lainnya untuk mengatasi transaksi tidak dapat diproses yaitu dengan menghapus file sampah dan cache aplikasi. Tak usah khawatir, karena ini tidak akan menghapus data akun Mobile JKN Anda.

Cara ini bisa dilakukan apabila beberapa cara di atas tidak bisa mengatasi transaksi di Mobile JKN tidak dapat diproses. Jadi cobalah untuk menghapus file cache mobile JKN dan siapa tahu bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi transaksi di mobile JKN tidak dapat diproses yang dapat Kodebpjs.com sajikan. Dengan banyaknya cara-cara di atas, maka Anda bisa dengan mudah mengatasi kegagalan transaksi. Demikianlah informasi yang dapat kami sajikan, semoga saja informasi di atas membantu Anda semua.