10 Cara Ganti Nomor HP BPJS Ketenagakerjaan di JMO 2022

Cara Ganti Nomor HP BPJS Ketenagakerjaan di JMO – Sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan tentu kalian semua tahu bahwa setiap data yang tercantum pada akun sangatlah penting, tak terkecuali nomor HP peserta. Oleh karena itu, ketika data tersebut bermasalah, peserta harus segera mengurusnya.

Untuk saat ini segala proses perubahan data peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan melalui aplikasi bernama JMO (Jamsostek Mobile). Sebelumnya aplikasi tersebut bernama BPJSTKU, namun sejak beberapa bulan yang lalu, aplikasi BPJSTKU telah berganti nama menjadi JMO.

Sementara itu, perlu diketahui bahwa ada beberapa proses perubahan data peserta yang hanya bisa dilakukan oleh pihak Personalia atau HRD Perusahaan. Namun untuk sekedar ganti nomor HP, Email dan sejenisnya kalian bisa melakukannya sendiri lewat aplikasi JMO.

Jika demikian, seperti apa sih cara ganti nomor HP BPJS Ketenagakerjaan di JMO? Apakah ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi jika ingin melakukan aktivitas tersebut? Jawaban selengkapnya dari masing-masing pertanyaan tersebut bisa kalian temukan dibawah ini.

Syarat Ganti Nomor HP BPJS Ketenagakerjaan di JMO

Syarat Ganti Nomor HP BPJS Ketenagakerjaan di JMO

Seperti kami sebutkan diatas bahwa ketika ada salah satu data peserta BPJS Ketenagakerjaan yang bermasalah harus segera dilakukan konfirmasi. Misal, untuk nomor HP yang sudah terdaftar hangus atau tidak aktif, maka peserta diminta segera melakukan ganti nomor HP.

Sekarang untuk ganti nomor HP kalian tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, melainkan cukup mengakses aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile. Aplikasi tersebut bisa kalian install secara gratis melalui Google Play Store maupun App Store.

Selain berguna untuk ganti nomor HP, aplikasi JMO juga bisa di manfaatkan untuk mengganti Email, cek saldo Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan hingga mencairkan saldo JHT yang sudah terkumpul. Nah, khusus untuk merubah nomor HP BPJS Ketenagakerjaan lewat JMO, terlebih dahulu kalian harus sudah memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut :

1. Sudah Melakukan Pengkinian Data

Pertama, pastikan kalian sudah melakukan pengkinian data di JMO. Bagi yang belum tahu, pengkinian data merupakan proses update data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

2. Email Terdaftar Masih Aktif

Kedua, pastikan Email yang terdaftar di akun BPJS Ketenagakerjaan masih aktif. Sebab, Email tersebut nantinya berguna sebagai penerima kode verifikasi saat melakukan ganti nomor HP BPJS Ketenagakerjaan di JMO.

3. Menyiapkan Nomor HP Baru

Ketiga, siapkan nomor HP baru yang akan ditautkan ke akun peserta BPJS Ketenagakerjaan. Untuk jaga-jaga, pastikan di dalam nomor HP tersebut sudah terisi pulsa minimal Rp. 5.000.

Cara Ganti Nomor HP BPJS Ketenagakerjaan di JMO

Cara Ganti Nomor HP BPJS Ketenagakerjaan di JMO

Sampai disini kalian sudah tahu apa saja syarat dan ketentuan yang harus disiapkan sebelum mengganti nomor HP BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi Jamsostek Mobile. Selanjutnya kami bakal menjelaskan tata cara melakukan perubahan nomor HP di aplikasi tersebut.

Sebelum itu, kami punya penjelasan sedikit mengenai fungsi atau peran penting nomor HP bagi setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, nomor HP peserta nantinya berguna untuk menerima segala informasi yang berkaitan dengan program tersebut.

Biasanya segala update informasi akan dikirim melalui SMS maupun WhatsApp masing-masing peserta. Oleh karena itu, ketika nomor HP yang sudah terdaftar mengalami masalah, mau tidak mau kalian harus melakukan ganti nomor HP lewat JMO dengan tata cara sebagai berikut :

1. Buka Aplikasi JMO Mobile

Buka Aplikasi JMO Mobile

Langkah pertama silahkan buka aplikasi JMO Mobile di smartphone. Lalu pada halaman utama kalian ketuk menu Profil Saya di pojok kanan bawah.

2. Pilih Ubah Profil

Pilih Ubah Profil

Kemudian masuk ke menu Ubah Profil pada tampilan berikutnya.

3. Klik Ubah Nomor Handphone

Klik Ubah Nomor Handphone

Setelah itu klik Ubah Nomor Handphone pada halaman Ubah Profil.

4. Lanjut Konfirmasi Perubahan Nomor HP

Lanjut Konfirmasi Perubahan Nomor HP

Lalu di layar akan muncul pop-up yang menyatakan bahwa kode verifikasi untuk ganti nomor HP BPJS Ketenagakerjaan telah dikirim ke Email. Ketuk tombol OK, Lanjutkan untuk membuka Email dan mendapatkan kode verifikasi yang dibutuhkan. Jika sudah, selanjutnya masukkan kode verifikasi dan ikuti instruksi berikutnya untuk memproses perubahan nomor HP BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Mencegah Nomor HP BPJS Ketenagakerjaan Hangus / Terblokir

Setelah mengetahui tata cara ganti nomor HP di Jamsostek Mobile, artinya kalian tidak perlu panik lagi ketika nomor HP yang digunakan pada akun BPJS TK hangus atau terblokir. Nantinya setelah proses perubahan nomor HP berhasil, kami sarankan kalian untuk menerapkan beberapa cara dibawah ini agar masalah serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari :

1. Rajin Mengisi Pulsa

Cara pertama adalah rajin melakukan isi ulang pulsa supaya masa aktif terus bertambah. Sebab, ketika nomor HP tidak memiliki pulsa lebih dari 3 bulan, maka nomor tersebut akan terblokir.

2. Pasang Nomor HP Terdaftar Pada SIM Utama

Cara kedua adalah memasang nomor HP pada SIM Card Utama. Cara ini berlaku bagi kalian pengguna smartphone Dual SIM. Dengan cara meletakkan nomor HP pada SIM Card Utama maka nomor tersebut akan sering digunakan, baik itu untuk kebutuhan internet, SMS maupun melakukan panggilan.

3. Jangan Gunakan Nomor HP untuk Daftar Aplikasi Selain JMO

Cara terakhir adalah hindari registrasi aplikasi apapun selain JMO. Cara ini bermanfaat untuk menghindari resiko pemblokiran nomor HP ketika terjadi masalah pada aplikasi tersebut. Intinya nomor HP yang sudah terdaftar di kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, khusus dipakai untuk akun JMO.

Itu saja penjelasan dari kodebpjs.com mengenai cara ganti nomor HP BPJS Ketenagakerjaan di JMO. Diatas kami juga menambahkan informasi seputar syarat dan ketentuan hingga cara menghindari nomor HP terdaftar mengalami pemblokiran. Dengan demikian, kalian tidak perlu lagi repot-repot ganti nomor HP di Jamsostek Mobile.