√ Cara Ganti Email BPJS Ketenagakerjaan di JMO 2022

Cara Ganti Email BPJS Ketenagakerjaan di JMO – Sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan di suatu perusahaan, pastinya kalian telah dimintai beberapa data seperti NIK, Nomor HP aktif dan Email. Data tersebut digunakan sebagai syarat pembuatan akun BPJSTK.

Selain itu, setiap data yang tertera di akun BPJS Ketenagakerjaan juga nantinya sangat dibutuhkan pada saat pencairan JHT, khususnya Email. Ya, data tersebut bakal menjadi syarat utama ketika melakukan pencairan dana Jaminan Hari Tua via Offline maupun Offline.

Bicara mengenai Email pada akun BPJSTK, sebagai peserta pernahkah kalian mengalami kendala terkait data tersebut sehingga perlu melakukan ganti Email BPJS Ketenagakerjaan? Jika demikian, sekarang proses ganti Email bisa dilakukan lebih mudah melalui aplikasi JMO.

Pada aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile terdapat beberapa fitur yang memudahkan para peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam mengurus beberapa keperluan tanpa harus datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan. Nah, khusus untuk prosedur pergantian Email BPJSTK melalui aplikasi JMO bisa kalian simak tutorial selengkapnya dibawah ini.

Citayam

Cara Ganti Email BPJS Ketenagakerjaan di JMO

Cara Ganti Email BPJS Ketenagakerjaan di JMO

Seperti kita tahu bahwa sejak hadirnya aplikasi JMO, kini para peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa melakukan berbagai macam keperluan terkait kepesertaan program tersebut secara lebih mudah. Bahkan peserta BPJS Ketenagakerjaan juga bisa mencairkan JHT lewat JMO, jadi tidak perlu lagi repot-repot antri di Kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, JMO juga mendukung fitur Ubah Profil yang memungkinkan para peserta untuk mengedit beberapa data yang sudah terkait di akun BPJSTK, salah satunya adalah ganti Email. Sekarang alamat Email memiliki peran yang sama pentingnya seperti NIK pada eKTP, oleh karena itu setiap orang kini wajib memiliki alamat Email.

Lalu alamat Email milik peserta BPJS Ketenagakerjaan juga bersifat sangat penting, sebab nantinya setiap informasi atau pemberitahuan terkait layanan BPJSTK bakal dikirim ke Email setiap peserta. Oleh karena itu, apabila Email yang sudah terdaftar bermasalah seperti tidak aktif, lupa kata sandi dan tidak bisa melakukan reset kata sandi karena nomor HP tertaut sudah tidak aktif atau bahkan di Hack oleh oknum tidak bertanggung jawab, peserta harus segera melakukan ganti Email.

Untuk ganti Email BPJS Ketenagakerjaan di JMO sebenarnya tidak beda jauh seperti mengganti Email BPJS Kesehatan di JKN Mobile. Sebelum kami jelaskan seperti apa cara ganti Email BPJS Ketenagakerjaan di JMO, terlebih dahulu kalian harus memenuhi persyaratan berupa nomor HP yang terdaftar di akun BPJSTK dan Email terkait masih aktif.

Sebab, nantinya dari pihak BPJS Ketenagakerjaan bakal mengirimkan SMS berisi kode OTP untuk keperluan ganti Email ke nomor HP tersebut. Dengan begitu, jika nomor terkait sudah tidak aktif, maka proses ganti Email tidak bisa dilanjutkan. Apabila tidak ada masalah dengan persyaratan tersebut, sekarang ikuti tata cara dibawah ini untuk mengganti Email BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi Jamsostek Mobile :

1. Buka Profil Saya

Buka Menu Profil Saya

Langkah pertama silahkan Login ke aplikasi JMO. Setelah itu buka menu Profil Saya di pojok kanan bawah

2. Pilih Ubah Profil

Pilih Ubah Profil

Kemudian di halaman Profil Saya akan muncul beberapa pilihan menu, silahkan klik menu Ubah Profil

3. Klik Ubah Email

Klik Ubah Email

Karena disini kita ingin ganti alamat Email yang sudah terkait maka, silahkan pilih menu Ubah Email

4. Konfirmasi Pengiriman Kode Verifikasi

Konfirmasi Pengiriman Kode Verifikasi

Setelah itu akan muncul pop-up Konfirmasi Pengiriman Kode Verifikasi langsung saja klik Ok, Lanjutkan. Tidak lama kemudian kalian akan menerima SMS berisi kode Verifikasi untuk keperluan ganti Email BPJS Ketenagakerjaan.

Silahkan masukkan kode Verifikasi pada kolom yang tersedia, setelah itu masukkan alamat Email baru yang akan dipakai pada akun BPJS Ketenagakerjaan. Selesai.

Tidak Bisa Menerima Kode OTP ?

Tidak Bisa Menerima Kode OTP Ganti Email di JMO

Sampai disini kalian sudah tahu seperti apa cara ganti Email BPJSTK melalui aplikasi JMO. Sementara itu, perlu diketahui bahwa pada beberapa kasus tercatat kendala dimana peserta tidak bisa menerima kode OTP untuk mengganti alamat Email di akun BPJS Ketenagakerjaan via JMO.

Ya, bagi kalian yang mungkin juga mengalami kendala serupa pada saat melakukan tata cara diatas, kalian tidak perlu panik. Jadi, masalah seperti itu umumnya disebabkan oleh sinyal buruk, sehingga nomor HP kalian tidak bisa menerima SMS yang dikirimkan oleh sistem.

Atau bisa juga karena nomor HP yang digunakan tidak memiliki pulsa sama sekali. Sebab, perlu diketahui bahwa permintaan kode Verifikasi untuk keperluan ganti Email hanya bisa diterima apabila nomor HP peserta memiliki pulsa sedikitnya Rp. 1.000.

Dengan begitu, solusi dari masalah tidak bisa menerima kode Verifikasi ganti Email adalah beralih ke lokasi yang mendukung sinyal dari kartu seluler yang digunakan sekaligus memastikan di dalam nomor HP terdapat pulsa diatas Rp. 1.000. Jika sudah seperti itu, dijamin kode Verifikasi yang diminta akan segera dikirim dan kalian bisa melanjutkan proses perubahan alamat Email di akun BPJS Ketenagakerjaan lewat JMO.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari kodebpjs.com mengenai cara ganti Email BPJSTK di aplikasi JMO. Semoga dengan adanya pembahasan diatas, kalian para peserta BPJSTK yang alamat Email nya bermasalah, bisa segera melakukan ganti Email baru.

Sebab, jika tidak segera diganti, nantinya bakal menimbulkan masalah baru di kemudian hari, terutama ketika kalian ingin mencairkan saldo JHT atau kendala menerima informasi terupdate seputar kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

sumber gambar :

  • Channel Youtube bPLUS Channel
  • Channel Youtube Heby Dell
  • Kompas.com
  • Tim kodebpjs.com