Cara Reset Akun JMO BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP 2023

Cara Reset Akun JMO BPJS Ketenagakerjaan РSebagai seorang karyawan atau pekerja di suatu Perusahaan, mungkin banyak dari kalian yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Disamping itu, mungkin banyak juga yang sudah menginstall aplikasi JMO.

Bagi yang belum tahu, aplikasi JMO merupakan fasilitas yang disediakan BPJS Ketenagakerjaan untuk memudahkan peserta dalam mengakses layanan yang tersedia, mulai dari cek saldo JHT, merubah data peserta hingga melakukan pencairan saldo JHT.

Sementara itu, untuk mendaftar akun JMO kalian perlu mencantumkan nomor HP dan Email. Tapi perlu diketahui bahwa beberapa pemilik akun JMO tidak bisa lagi mengakses aplikasi tersebut dikarenakan nomor HP dan Email yang terdaftar sudah tidak aktif.

Jika sudah seperti itu, maka perlu dilakukan reset akun JMO BPJS Ketenagakerjaan agar layanan tersebut bisa kembali diakses. Untuk mereset akun ini kalian tidak perlu datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan, melainkan cukup melalui smartphone. Penasaran seperti apa cara melakukannya? Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Citayam

Cara Reset Akun JMO BPJS Ketenagakerjaan

Cara Reset Akun JMO BPJS Ketenagakerjaan

Seperti kami sebutkan diatas bahwa aplikasi JMO disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan agar para peserta bisa mengakses layanan secara lebih mudah, tanpa harus antri di Kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Di aplikasi ini kalian bisa melakukan pengkinian data, cek saldo hingga mencairkan saldo JHT dari rumah. Terlepas dari segala fitur yang ditawarkan oleh JMO, setiap peserta yang ingin menggunakan fasilitas ini wajib memiliki akun terlebih dahulu.

Proses pendaftaran akun JMO mewajibkan peserta untuk mencantumkan Email dan nomor HP yang terdaftar di sistem peserta BPJS Ketenagakerjaan. Namun terkadang, karena peserta jarang sekali menggunakan layanan JMO, mengakses Email hingga lupa mengisi pulsa di nomor HP terdaftar, membuat akun tersebut tidak bisa digunakan karena Email dan nomor HP yang terdaftar sudah hangus.

Jika sudah seperti itu, apakah bisa ditangani dengan cara mengganti Email dan ganti nomor HP saja? Jawabannya adalah TIDAK. Disini kalian perlu mengajukan reset akun JMO terlebih dahulu agar akun tersebut bisa digunakan kembali.

Untuk mereset akun JMO apakah perlu datang dan antri di Kantor BPJS Ketenagakerjaan? Seperti kami sebutkan diatas, proses reset akun akun JMO bisa dilakukan secara Online dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Masukkan Format Pesan

Masukkan Format Pesan

 

Pertama-tama silahkan kirim Chat ke nomor WhatsApp 0813 8007 0175 dengan format sebagai berikut :

  • Ketik MENU -> Kirim
  • Tekan angka 4 -> Kirim

2. Lengkapi Data Peserta

Lengkapi Data Peserta

Jika sudah, sekarang lengkapi data peserta yang terdiri dari :

  • Nama Lengkap :
  • Nomor KPJ :
  • NIK :
  • Nomor HP baru :
  • Email baru :

Setelah itu ketikkan pesan yang berbunyi ” Saya, ingin Reset Akun JMO BPJS Ketenagakerjaan karena nomor HP dan Email sudah tidak aktif “ lalu tekan tombol Kirim

3. Konfirmasi Data Peserta

Konfirmasi Data Peserta

Selanjutnya akan muncul balasan berupa data peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jika disitu tertera data yang sesuai, silahkan balas dengan cara mengetik YA.

4. Konfirmasi Pengaduan Reset Akun

Konfirmasi Pengaduan

Sekarang ikuti format pesan seperti gambar diatas untuk konfirmasi pengaduan Reset akun JMO BPJS Ketenagakerjaan

5. Cek Email

Cek Email

Tidak lama kemudian kalian akan menerima Email dari BPJS Ketenagakerjaan. Pada Email tersebut nantinya akan tertera informasi mengenai pengajuan reset akun JMO telah di proses, silahkan tunggu sekitar 15 menit.

6. Registrasi Ulang Akun JMO

Registrasi Ulang Akun JMO

Setelah lebih dari 15 menit, sekarang kalian tinggal melakukan registrasi ulang akun JMO dengan cara memasukkan data diri peserta, nomor KPJ dan lain sebagainya. Khusus untuk informasi nomor HP dan Email, kalian bisa memasukkan Email dan nomor HP yang baru.

Jika sudah, nantinya akan ada keterangan bahwa proses reset akun telah berhasil. Selanjutnya kalian sudah bisa menggunakan layanan JMO BPJS Ketenagakerjaan menggunakan Email serta nomor HP yang baru. Lalu untuk proses Pengkinian Data, saldo JHT dan lain sebagainya dari akun lama akan otomatis terhubung.

Setelah akun JMO bisa digunakan  kembali, kami sarankan untuk lebih memperhatikan Email dan nomor HP yang terdaftar, jangan sampai hangus atau terblokir lagi. Memang, biasanya akun tersebut tidak terlalu diperhatikan ketika pemilik sudah tidak lagi bekerja di suatu Perusahaan dan sudah mencairkan saldo JHT yang terkumpul.

Tapi jika suatu saat nanti diterima bekerja lagi di Perusahaan lain dan kembali menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka akun JMO yang dimiliki nantinya bakal dibutuhkan lagi. Ketika akun masih bisa diakses kalian nanti tidak perlu lagi repot-repot melakukan reset akun.

KESIMPULAN

Jadi seperti itulah tata cara reset akun JMO BPJS Ketenagakerjaan lewat HP yang berhasil Tim Kodebpjs.com jelaskan. Semoga dengan adanya pembahasan diatas, kalian yang masih terdaftar  sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan tidak perlu panik lagi ketika akun JMO tidak bisa diakses karena Email dan nomor HP hangus. Cukup ikuti tata cara diatas untuk mereset akun JMO BPJS Ketenagakerjaan.

sumber gambar :

  • Channel Youtube Mr. TJ AE
  • Kumparan.com
  • Tim Kodebpjs.com