Mobile JKN Tidak Bisa Verifikasi Nomor HP, Solusi & Penyebab

Mobile JKN Tidak Bisa Verifikasi Nomor HP – Kehadiran aplikasi mobile JKN memang memberikan kemudahan para pengguna menyelesaikan berbagai urusan administrasi BPJS/JKN-KIS tanpa ke kantor cabang.

Meskipun memberikan kemudahan, namun tak jarang aplikasi  mobile JKN ini juga mengalami kendala seperti error. Permasalahan seperti ini banyak dialami oleh pengguna mobile JKN, karena memang sering terjadi.

Salah satu kendala yang cukup sering dialami oleh pengguna mobile JKN yaitu tidak bisa melakukan verifikasi nomor HP, ketika MENGGANTI NO HP DI JKN MOBILE ataupun pada saat membuat akun pendaftaran baru.

Nah, bagi Anda yang mengalami kendala tidak bisa melakukan verifikasi nomor HP, maka tidak perlu khawatir. Pasalnya berikut ini kodebpjs akan sajikan penjelasan terkait penyebab dan solusi untuk mengatasinya.

Citayam

Penyebab Mobile JKN Tidak Bisa Verifikasi Nomor HP

Penyebab Mobile JKN Tidak Bisa Verifikasi Nomor HP

Sebuah kendala error pada aplikasi mobile JKN tentu saja terjadi karena ada penyebabnya. Untuk permasalahan mobile JKN gagal verifikasi nomor HP bisa disebabkan oleh banyak hal dan cukup bervariasi.

Umumnya penyebab gagal verifikasi nomor HP disebabkan karena ada gangguan pada provider yang Anda gunakan, baik itu jaringan sedang tidak stabil atau memang koneksi internet Anda sedang down atau lemot.

Selain itu, masalah sistem pada server aplikasi sedang error juga bisa jadi penyebab mengapa mobile JKN tidak bisa verifikasi nomor HP. Dengan begitu, ketika memasukkan nomor HP muncul pemberitahuan nomor HP salah, nomor HP tidak terdaftar ataupun mobile JKN transaksi tidak dapat diproses.

Dengan mengetahui penyebab permasalahan mobile JKN, maka untuk mengatasinya prosesnya akan lebih gampang dan cepat. Lantas, bagaimana solusi untuk mengatasi hal ini? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Mobile JKN Tidak Bisa Verifikasi Nomor HP

Mobile JKN Tidak Bisa Verifikasi Nomor HP

Selain karena disebabkan oleh jaringan, tidak bisa melakukan verifikasi nomor telepon juga bisa disebabkan karena diri sendiri. Dimana karena kurang teliti atau cermat, mungkin ada kesalahan dalam memasukkan nomor HP.

Jadi nomor yang dimasukkan haru benar-benar sama, salah satu angka saja aplikasi akan gagal melakukan verifikasi. Dengan begitu maka Anda TIDAK BISA LOGIN JKN MOBILE untuk melakukan transaksi.

Maka dari itu, bagi Anda mengalami masalah saat mengirim atau menerima kode verifikasi SMS, coba lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk menyelesaikan proses verifikasi nomor telepon Anda yang terdaftar.

  1. Periksa nomor telepon Anda dan pastikan nomor HP dimasukkan dengan benar sesuai kode negara yang tepat.
  2. Pastikan koneksi data seluler atau Wi-Fi kuat.
  3. Pastikan Anda bisa menerima SMS, Anda bisa meminta orang terdekat mengirim SMS untuk memastikan HP Anda bisa menerima SMS.
  4. Minta kode verifikasi baru, jika memang tak kunjungi menerima SMS berisi kode verifikasi nomor HP.
  5. Coba perbaiki aplikasi mobile JKN dengan cara memulai ulang aplikasi, menginstal ulang aplikasi atau coba memulai ulang perangkat HP Anda.

Solusi Mengatasi Mobile JKN Tidak Bisa Verifikasi Nomor HP

Setelah memeriksa dan memastikan tidak ada kesalahan, namun mobile JKN tetap tidak dapat memverifikasi no. telepon, maka Anda tidak perlu khawatir karena masih ada solusi lainnya untuk mengatasi hal tersebut.

Kendala seperti ini memang umum terjadi dan bukan hal sulit untuk diatasi. Adapun beberapa cara untuk mengatasi mobile JKN tidak bisa melakukan verifikasi nomor telepon yaitu, silahkan simak ulasan di bawah ini.

1. Datang Ke Kantor Cabang

1. Datang Ke Kantor Cabang

Untuk cara pertama yakni dengan mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat untuk melaporkan permasalahan yang Anda alami. Cukup datang ke kantor cabang dengan membawa KTP, Kartu Kepesertaan dan smartphone yang telah terinstal aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan.

Nantinya, tinggal jelaskan dengan detail dan jelas kepada customer service terkait kendala tidak bisa verifikasi nomor telepon. Setelah itu, maka penyelesaian permasalahan Anda akan diselesaikan oleh customer service.

2. Menghubungi Call Center

2. Menghubungi Call Center

Cara lainnya yaitu dengan menghubungi layanan CALL CENTER BPJS KESEHATAN untuk mendapatkan informasi lebih jelas. Tinggal lakukan panggilan telepon, kemudian informasikan NIK, nomor kartu peserta dan nama ibu kandung serta jelaskan kendala yang Anda alami, maka CS akan langsung membantu Anda.

3. Inbox atau DM Live Chat

3. Inbox atau DM Live Chat

Cara berikutnya yaitu dengan menginformasikan kendala melalui DM via IG atau Inbox via Facebook BPJS Kesehatan. Anda cukup mengirim inbox atau DM melalui layanan live chat dengan menulis format berikut ini.

  • NIK KTP / Nomor Kartu Peserta
  • Nama lengkap
  • Tanggal lahir
  • Nomor HP
  • Informasi / Pengaduan

Nantinya, customer service akan membantu pengecekan data Anda.

Nah, itulah informasi lengkap dari kodebpjs.com terkait mobile JKN tidak bisa verifikasi nomor HP lengkap beserta penyebab dan cara mengatasinya. Demikianlah informasi dari kami, semoga ulasan di atas membantu.