10 Cara Mengatasi Lupa Password JKN Mobile, Hanya 2 Menit!!!

Cara Mengatasi Lupa Password JKN Mobile – Sejak berlakunya kebijakan PPKM Darurat, pelayanan BPJS Kesehatan menjadi dibatasi. Hal ini tentu bertujuan guna memangkas angka penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Namun adanya kebijakan tersebut juga membuat beberapa peserta BPJS Kesehatan merasa kesulitan ketika membutuhkan pelayanan kesehatan atau keperluan lainnya.

Tenang, saat ini pelayanan BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara Online menggunakan aplikasi JKN Mobile. Semua peserta BPJS Kesehatan bisa memiliki layanan tersebut dan menikmati banyak fitur atau fasilitas yang tersedia di dalamnya. Nantinya setiap pengguna JKN Mobile akan memiliki data Login berupa Username dan password. Nantinya informasi tersebut wajib dimasukkan setiap kali Login JKN Mobile.

Lalu apa jadinya ketika kalian mengalami lupa password JKN Mobile? Jika terjadi demikian maka untuk sementara waktu kalian tidak bisa Login JKN Mobile. Meskipun demikian kalian tidak perlu khawatir, sebab kami telah menyiapkan cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Kemudian perlu diketahui juga bahwa untuk mengatasi masalah lupa password JKN Mobile ada beberapa data yang harus disiapkan. Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Lupa Kata Sandi JKN Mobile

Penyebab Lupa Kata Sandi JKN Mobile

Seperti kami singgung diatas bahwa hadirnya layanan JKN Mobile memberi kemudahan tersendiri bagi para peserta untuk mengajukan pelayanan BPJS Kesehatan tanpa perlu antri di kantor. Bukan hanya itu,  JKN Mobile juga memungkinkan kalian untuk MENGGANTI NOMOR HP serta Email yang terdaftar di akun peserta BPJS Kesehatan.

Namun perlu diingat bahwa setiap kali ingin menggunakan aplikasi JKN Mobile, kalian wajib memasukkan data Login berupa UserID dan password. Untuk UserID mungkin tidak ada masalah, karena data tersebut bisa diisi dengan nomor kartu BPJS Kesehatan atau Email terdaftar. Sedangkan untuk password, beberapa peserta mengaku mengalami masalah lupa.

Penyebab utama dari masalah lupa password JKN Mobile biasanya karena peserta membuat password dengan kombinasi angka dan huruf yang terlalu rumit sehingga susah diingat. Atau bisa juga ada orang yang mengubah password JKN Mobile tanpa sepengatahuan pemilik akun.

Dampak yang ditimbulkan ketika mengalami masalah tersebut adalah TIDAK BISA LOGIN JKN MOBILE. Jika demikian, apabila masalah terjadi saat ada kepentingan mendadak dimana prosesnya harus dilakukan saat itu juga melalui aplikasi JKN Mobile, maka kalian harus segera mencari cara mengatasi lupa password JKN Mobile.

Cara Mengatasi Lupa Password JKN Mobile

Cara Mengatasi Lupa Password JKN Mobile

Sesuai janji diatas bahwa pada artikel berikut kami bakal menjelaskan bagaimana cara mengatasi lupa kata sandi JKN Mobile. Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, untuk melakukan proses ini kalian wajib menyiapkan data persyaratan berupa nomor kartu BPJS Kesehatan dan Email yang digunakan untuk DAFTAR JKN MOBILEApabila semuanya sudah siap, sekarang ikuti tata cara dibawah ini untuk mengatasi lupa password JKN Mobile, hanya 2 menit :

1. Klik Lupa Password

Klik Lupa Password

Pertama-tama silahkan buka aplikasi JKN Mobile lalu pada halaman Login langsung saja klik menu Lupa Password.

2. Masukkan Nomor Kartu & Email

Masukkan Nomor Kartu Email

Lalu pada halaman berikutnya kalian akan diminta memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan / Username dan alamat Email yang digunakan untuk membuat akun JKN Mobile. Jika sudah klik Reset.

3. Cek Email

Cek Email

Setelah itu akan muncul pop-up yang meminta kalian untuk cek alamat Email. Silahkan buka aplikasi Gmail di smartphone kalian.

4. Buka Email Dari BPJS Kesehatan

Buka Email Dari BPJS Kesehatan

Apabila saat dilakukan pengecekkan Email muncul pesan dari BPJS Kesehatan, silahkan buka pesan tersebut.

5. Salin Password Baru

Salin Password Baru

Setelah itu akan tertera password baru yang direkomendasikan oleh BPJS Kesehatan. Nantinya password tersebut yang digunakan untuk Login JKN Mobile.

6. Lupa Password Berhasil Teratasi

Berhasil Mengatasi Lupa Password JKN Mobile

Lupa Password Berhasil Teratasi 2

Terakhir, silahkan masukkan UserID (nomor kartu / Email / Username) dan kata sandi yang sudah kalian peroleh melalui Email pada halaman Login JKN Mobile.

Cara Ganti Password JKN Mobile

Cara Ganti Password JKN Mobile

Setelah berhasil mengatasi lupa password dengan cara reset kata sandi, selanjutnya kalian bisa Login JKN Mobile mengunakan password sementara yang telah dikirim via Email. Biasanya password sementara terdiri dari kombinasi huruf dan angka yang begitu acak. Nah, untuk menghindari terjadinya masalah lupa password JKN Mobile di kemudian hari, kami sarankan untuk segera mengganti password JKN Mobile dengan cara sebagai berikut :

1. Masuk JKN Mobile

Masuk JKN Mobile

Langkah pertama silahkan Login aplikasi JKN Mobile.

2. Klik Menu Profil

Klik Menu Profil

Kemudian pada halaman Beranda kalian pilih menu Profil di pojok kanan bawah.

3. Pilih Ubah Password

Pilih Ubah Password

Lalu klik menu Ubah Password.

4. Buat Password Baru

Buat Password Baru

Setelah itu kalian tinggal memasukkan password lama lalu buatlah password baru menggunakan kombinasi angka, huruf kapital dan huruf kecil. Jika sudah, klik Ubah.

Itu dia penjelasan dari kodebpjs.com mengenai tata cara mengatasi lupa password JKN Mobile. Ingat, ketika terjadi masalah diatas maka untuk sementara waktu kalian tidak bisa mengakses akun JKN Mobile. Lalu untuk mengatasi kendala lupa password pastikan kalian mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan serta Email terdaftar, sebab pengajuan reset password tidak akan bisa diproses apabila data-data persyaratan tidak dipenuhi.