Cara Membayar BPJS Kesehatan di SeaBank Banyak Untungnya!!

Cara Membayar BPJS Kesehatan di SeaBank – Sebagai peserta BPJS Kesehatan yang tidak termasuk dalam golongan PBI (Penerima Bantuan Iuran) tentu kalian memiliki kewajiban untuk membayar iuran setiap bulan. Jumlah iuran dari masing-masing peserta mungkin berbeda-beda, tergantung jenis kelas yang digunakan.

Kemudian untuk metode pembayaran Premi BPJS Kesehatan tersedia banyak cara, salah satunya melalui aplikasi SeaBank. Dengan adanya aplikasi ini, para peserta bisa memperoleh beberapa keuntungan yang tentunya tidak tersedia pada metode pembayaran lain.

Lalu seperti apa cara bayar BPJS Kesehatan di SeaBank? Apakah ada syarat dan ketentuan khusus yang harus dipenuhi? Untuk mengetahui jawaban nya, silahkan simak artikel ini sampai akhir karena kami bakal menjelaskannya secara lengkap.

Selain itu, ada juga penjelasan khusus mengenai apa itu SeaBank dan ketentuan biaya admin yang berlaku dan keuntungan yang ditawarkan pada peserta BPJS Kesehatan ketika membayar iuran lewat aplikasi SeaBank. Daripada penasaran, langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Membayar BPJS Kesehatan di SeaBank

Cara Membayar BPJS Kesehatan di SeaBank

Seperti kami sebutkan diatas bahwa setiap peserta BPJS Kesehatan yang tidak termasuk sebagai Penerima Bantuan Iuran, diwajibkan melakukan pembayaran Premi atau tagihan setiap bulan sesuai jenis kelas BPJS Kesehatan yang digunakan.

Setiap kelas BPJS menawarkan fasilitas dan pelayanan yang berbeda-beda, oleh karena itu masing-masing kelas juga menerapkan jumlah iuran yang tidak sama. Terlepas dari apapun kelas yang digunakan, kali ini fokus mengenai kewajiban peserta dalam membayar iuran.

Sebagai peserta BPJS Kesehatan kalian bisa menggunakan berbagai macam cara untuk membayar iuran BPJS, salah satunya menggunakan SeaBank. Bagi yang belum tahu, SeaBank merupakan produk Bank Digital yang disediakan oleh Sea Grup (Induk Perusahaan Shopee).

Hingga saat ini banyak masyarakat yang sudah memiliki akun SeaBank, mungkin kalian adalah salah satunya. Jika demikian, disini kami bakal berbagi informasi mengenai bagaimana cara menggunakan aplikasi SeaBank untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan.

Sebelum itu, untuk membayar BPJS Kesehatan di SeaBank, pastikan saldo di rekening SeaBank lebih dari nominal Premi BPJS yang dimiliki. Jika saldo tidak mencukupi, silahkan lakukan Top Up melalui Mobile Banking, ATM atau layanan ShopeePay di Shopee.

Apabila tidak ada masalah dengan persyaratan, sekarang kita lanjut ke tata cara membayar BPJS Kesehatan di SeaBank. Jadi, untuk melakukan transaksi ini kita bakal menggunakan aplikasi Shopee sebagai perantara mendapatkan nomor Virtual Account atau kode pembayaran BPJS Kesehatan di SeaBank. Tutorial selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini :

1. Buka Shopee

Buka Shopee

Langkah pertama silahkan buka aplikasi Shopee kemudian ketuk menu Pulsa, Tagihan & Tiket di halaman utama.

2. Pilih BPJS

Pilih BPJS

Setelah itu scroll ke bawah dan pilih BPJS pada Kategori Tagihan

3. Masukkan Nomor BPJS

Masukkan Nomor BPJS

Selanjutnya masukkan nomor BPJS pada kolom No. VA Keluarga dan tentukan periode pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Jika sudah, klik Lanjutkan.

4. Klik Lanjutkan

Klik Lanjutkan

Pada halaman berikutnya kalian akan melihat detail tagihan BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan. Jika data tersebut sudah sesuai, silahkan ketuk tombol Lanjutkan untuk beralih ke tahap berikutnya.

5. Pilih Metode Pembayaran via SeaBank

Pilih Metode Pembayaran via SeaBanK

Setelah itu pilih menu Metode Pembayaran lalu gunakan SeaBank untuk membayar Premi BPJS Kesehatan dan klik Konfirmasi

6. Klik Bayar Sekarang

Klik Bayar Sekarang

Lalu pada halaman Checkout langsung saja tap tombol Bayar Sekarang di pojok kanan bawah

7. Buka Aplikasi SeaBank

Buka Aplikasi SeaBank

Pada halaman Pembayaran kalian bisa klik tombol Buka Aplikasi SeaBank di bagian bawah

8. Selesaikan Pembayaran

Selesaikan Pembayaran

Sekarang klik tombol Selanjutnya untuk melanjutkan proses membayar BPJS di SeaBank. Terakhir, masukkan PIN SeaBank untuk menyelesaikan transaksi.

Sampai disini kalian sudah tahu seperti apa cara membayar BPJS Kesehatan di SeaBank melalui aplikasi Shopee sebagai perantara. Sebab, di aplikasi SeaBank belum tersedia menu khusus untuk membayar Premi BPJS Kesehatan.

Sementara itu, seperti kami singgung diatas bahwa saat membayar BPJS pakai cara ini, para peserta atau pemilik tagihan bakal menerima beberapa keuntungan, diantaranya adalah bebas biaya penanganan.

Jadi, peserta hanya dibebankan biaya admin sebesar Rp. 2.500 (Dua Ribu Lima Ratus Rupiah) dimana biaya tersebut sudah tergabung ke dalam total tagihan. Sedangkan untuk biaya penanganan yang dibebankan adalah Rp. 0 alias gratis.

Biaya penanganan mungkin berlaku ketika membayar BPJS di ATM Mandiri, ATM BCA, BRImo, m Banking BCA, DANA, OVO dan berbagai metode lainnya untuk membayar BPJS. Oleh karena itu, bagi para peserta yang memiliki rekening SeaBank, lebih baik gunakan cara ini untuk membayar Premi BPJS setiap bulan.

KESIMPULAN

Seperti itulah tata cara membayar BPJS Kesehatan di SeaBank lewat aplikasi Shopee. Proses atau langkah-langkahnya mungkin hampir sama seperti bayar BPJS di Shopee, hanya saja untuk kali ini metode pembayaran yang digunakan adalah SeaBank.

Diatas tim Kodebpjs.com juga menyebutkan bahwa pembayaran BPJS melalui cara ini tidak membebankan biaya penanganan untuk para peserta. Dengan begitu, saldo SeaBank hanya akan terpotong sejumlah nominal tagihan + biaya admin Rp. 2.500.

sumber gambar

  • Tim Kodebpjs.com
  • FinansialBisnis.com
  • Channel Youtube Tips Gadget